Tuesday, October 30, 2018

√ Cara Terbaik Menghitung Persen (%) Disertai Teladan Lengkap



Bagaimana seh cara menghitung persen (%) yang benar itu? Baik, sebelum kita bahas bagaimana cara menghitung persen tersebut terlebih dahulu kita mesti mengetahui apa seh bekerjsama persen tersebut? Persentase atau sanggup disimbolkan dengan % merupakan perhitungan matematis untuk mengetahui perbandingan atau bisa dikatakan rasio untuk menghasilkan kepingan per seratus. Ada juga yang bilang untuk mempermudah perhitungan persentase yakni " Perseratus ".

Persentase (%) dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali dipakai dan ini merupakan perhitungan yang sangat penting dan yang lebih real kita lihat yakni perhitungan bunga bank. Ya, benar sekali ada banyak orang yang bekerjasama dengan bank dan paling banyak yakni layanan berupa sumbangan entah itu bank berskala besar atau forum keuangan lainnya (non bank). Msyarakat ketika ini harus lebih pandai menentukan forum keuangan bank maupun non bank yang memperlihatkan sumbangan dan tentunya kita harus bisa menentukan mana yang terbaik untuk menganalisa tingkat kemampuan membayar cicilan sumbangan tersebut. Untuk bisa menganalisa salah satunya kita mesti bisa menghitung berapa bunga bank yang diberikan per tahun.

Simak :
Membuat Daftar Harga Diskon dengan Persentase
Untuk itu pada kesempatan kali ini aku akan menyebarkan bagaimana cara terbaik menghitung persentase (%) dan aku akan memperlihatkan beberapa rujukan atau kasus yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Lalu apa hubungannya antara materi persentasi ini dengan Excel? Ada, sebab bagaimanapun juga jikalau Anda sebagai pengguna excel dalam hal keuangan ataupun analisis aku yakin perhitungan persentase akan selalu ada.

Contoh Persentase dalam menghitung bunga kredit bank

Jika Anda hendak meminjam modal perjuangan melalui bank penyedia layanan sumbangan tentunya Anda harus mengetahui berapa persentase sumbangan yang diberikan selama setahun dan Anda harus bisa menghitung sendiri sebab hal ini sangat penting sebagai pertimbangan sehabis Anda menganalisis keuangan sebelum melangkah ke perjuangan Anda.

# Contoh Soal 1
Jika Ada meminjam modal perjuangan ke bank sebesar Rp. 10.000.000 dengan bunga 7% per tahun berapa uang yang harus Anda setorkan setiap bulan jikalau jangka waktu cicilan Anda yakni 2 Tahun?

Jawaban :
Uang Yang dipinjam yakni Rp. 10.000.000 dengan bunga 7% per tahun maka bunga yang harus dibayarkan yakni 10.000.000 x 7% = 700.000. Jika memakai excel atau kalkulator hal ini sangatlah gampang sebab sudah otomatis menghitung, namun secara kecerdikan cara menghitungnya yakni 10.000.000 x 7 dibagi 100 maka alhasil akan sama yaitu 700.000.
Karena jangka waktu sumbangan yakni 2 tahun atau 24 bulan maka bunga yang harus dibayar selama jangka waktu sumbangan tersebut yakni 700.000 x 2 = 1.400.000. Jika cicilan per bulan yakni pokok + bunga maka kita bisa menghitung 10.000.000 + 1.400.000 dibagi dengan 24 bulan dan alhasil yakni 475.000

Setelah Anda mengetahui cicilan per bulan selama 24 bulan tentunya Anda harus bisa menganalisa keuangan perjuangan Anda harus bisa menyisihkan uang sebesar Rp. 475.000 sebagai cicilan ke bank sumbangan modal perjuangan Anda.

Ada beberapa Bank dan kebanyakan Koperasi atau forum keuangan lainnya (non bank) yang menyediakan banyak sekali modal bunga antara lain bunga menurun, bunga Flat dan bunga Tetap. Dan sebaiknya Anda menyakan terlebih dahulu bunga apa yang akan Anda gunakan.

Cara Menghitung Persentase (%) untuk Volume

# Contoh Soal 2
Pada rujukan ke-2 kali ini aku akan memperlihatkan bagaimana cara menghitung berapa persen suplemen volume air dalam ember. Misalnya satu buah bejana berisi air sebanyak 250 ml air jikalau aku tambahkan 75 ml air berapa % penambahan volume air tersebut?

Jawaban :
Untuk menghitung berapa persen volume air kita gunakan 75/250 maka alhasil yakni 0.3 jikalau di persenkan yakni 30% jadi volume penambahan air yakni 30% kemudian bagaimana jikalau kita gunakan rumus excel untuk menghitungnya?


Dari rumus diatas menghasilkan angka 0.3 bagaimana jikalau kita konversi kedalam persen (%) kita gunakan format persen yang ada di tab ribbon silakan klik



Hasilnya yakni 30%.


#Contoh Soal 3
Jika Anda mempunyai data jumlah laki laki sebanyak 250 orang dan jumlah wanita sebanyak 755 orang jikalau di persentasekan berapa persen untuk jumlah pria dan berapa persen untuk jumlah perempuan?

Jawaban :
Sebelum mengetahui berapa persen dari masing-masing jenis kelamin terlebih dahulu kita jumlahkan antara jumlah pria dan jumlah perempuan
250+755 = 1005 orang jumlah 1005 orang jikalau di persentasekan artinya harus bernilai 100% dan jikalau kita hitung untuk jumlah pria 250/1005 alhasil yakni 0.248756218905473 dan untuk jumlah wanita yakni 755/1005 alhasil yakni 0.751243781094527

Jika dalam Excel caranya yaitu sama dengan rujukan ke-2 diatas silakan lihat ilustrasi gambar persentase dibawah ini dengan memakai excel


Silakan Anda klik tanda % pada tab ribbon tapi sebelumnya silakan blok terlebih dahulu range C2:C4 maka alhasil yakni menyerupai gambar dibawah ini


Lalu bagaimana rujukan jikalau kita akan menciptakan diskon pada penjualan?
Silakan baca :
Cara Membuat Rumus Diskon Penjualan
Ok, demikian bagaimana cara terbaik menghitung persentase (%) disertai dengan beberapa rujukan kasatmata dalam kehidupan sehari-hari biar sanggup membantu silakan kembangkan dan berkomentar jikalau tidak memahaminya.



Sumber http://www.excel-id.com/