Wednesday, October 31, 2018

√ Cara/Coding Menentukan Sheet Dengan Optionbutton

Bagaimana caranya menentukan worksheet menggunakan OptionButton yang kita desain pada UserForm? Hal ini merupakan sebuah pertanyaan yang saya terima melalui komentar. Untuk menentukan worksheet tanpa melalui OptionButton yang ada pada UserForm sangat gampang tinggal Anda menentukan worksheet eksklusif contohnya pilih Sheet1 maka silakan klik Sheet1 dan apabila menentukan Sheet2 maka silakan klik Sheet2. Untuk menentukan Worksheet melalui UserForm artinya semua kontrol yang dilakukan dalam baik itu berupa rumus, penjumlahan otomatis maupun menentukan sheet seorang desain programer tentunya harus sanggup menyediakan kontrol tersebut melalui UserForm.

Apa yang dimaksud dengan OptionButton?
OptionButton merupakan salah satu akomodasi dalam pemrograman GUI (graphic user interface) menggunakan visual basic, kadang option button sering juga disebut dengan radio button, penggunaan OB ini sangat bersahabat dengan alogaritma if then else, alasannya ialah bila menggunakan OB, dan dalam GUI kita terdapat lebih dari satu OB, hanya satu aja yang boleh bernilai true bila dipakai secara bersamaan. Nilai input untuk jadwal ialah true atau false.
Silakan Anda Belajar Cara Membuat OptionButton Melalui UserForm

Apa Tujuan Memilih Worksheet Menggunakan OptionButton?

Maksud dari pemilihan worksheet menggunakan optionbutton melalui kontrol UserForm bertujuan semoga pengguna atau sanggup dikatakan user tidak sanggup mengolah lembar kerja Ms. excel secara eksklusif melainkan melalui kontrol yang telah disiapkan oleh proggramer melalui UserForm. Ada beberapa alasan yang dilakukan oleh pengembang aplikasi berbasis VBA terutama Ms. Excel contohnya supaya User akan lebih gampang melaksanakan entri data dan tingkat kesalahan akan lebih kecil.

Untuk menggunakan OptionButton pada VBA biasanya selalu berafiliasi dengan sebuah kondisi atau Algoritma IF Then. Lalu bagaimana algoritma IF Then tersebut?

IF syarat 1 then
    kondisi 1
else
   kondisi 2
End if

Ok, jikalau kita sudah sanggup memhamai algoritma untuk menciptakan OptionButton tersebut mari kita mulai bagaimana cara menciptakan OptionButton untuk menentukan Worksheet melalui UserForm. Berbeda halnya dengan cara menciptakan OptionButton dengan ActiveX Control hal ini sudah saya bahas sebelumnya pada tulisan

Cara Membuat OptionButton ActiveX Control untuk Memilih Jenis Kelamin

Mari kita mulai cara menciptakan OptionButton untuk menentukan Worksheet.
  1. Langkah pertama silakan Anda buat 1 buah UserForm dengan cara menyisipkan UserForm dan biarkan ukuran serta name secara standar saja (Default). 
  2. Langkah Berikutnya silakan Anda tambahkan atau sisipkan 2 Buah OptionButton
  3. Selanjutnya silakan View Code dan buatlah satu prosedure PilihSheet kemudian ketikkan Code VBA berikut :
    Sub PilihSheet()
    If OptionButton1.Value = True Then
       Sheet1.Select
       Else
       If OptionButton2.Value = True Then
          Sheet2.Select
       End If
    End If
    End Sub
  4. Langkah berikutnya kembali ke userform dan silakan Anda Double Klik OptionButton1 kemudian tuliskan coding berikut ini
    Private Sub OptionButton1_Click()
    Call PilihSheet
    End Sub
  5. Untuk selanjutnya silakan double klik kembali untuk OptionButton2 dan tuliskan coding berikut
    Private Sub OptionButton2_Click()
    Call PilihSheet
    End Sub
  6. Anda juga sanggup mengganti Caption dari OptionButton tersebut contohnya untuk OptionButton1 diganti dengan "Pilih Sheet1" kemudian untuk OptionButton2 kita ganti Caption nya menjadi "Pilih Sheet2"


Mari kita jalankan dengan menekan tombol F5 silakan Anda klik salah satu OptionButton tersebut dan lihat perubahannya jikalau Anda menentukan "Pilih Sheet1" maka Sheet1 akan aktif dan terpilih sedangkan jikalau Anda menentukan "Pilih Sheet2" maka yang terpilih dan aktif ialah Sheet2



Perhatikan gambar diatas, dan berhasil. Jika mengalami hambatan atau kesulitan dalam coding menentukan worksheet dengan OptionButton melalui UserForm silakan kasih komentar

Terimakasih, semoga bermanfaat.
Sumber http://www.excel-id.com/