Saturday, October 27, 2018

√ Dongeng Horor Gunung Api Purba Yogyakarta Yang Kerap Menghantui

Gunung Api Purba Yogyakarta ialah salah satu destinasi Indah di Gunungkidul. Destinasi ini sering menerima sebutan Gunung Nglanggeran. Gunung yang terbentuk sekitar 0,6-70 juta tahun yang kemudian ini mempunyai sejarah panjang sampai kini. Konon banyak kisah horor di Gunung Api Purba yang kerap kali menghantui.


Baca juga: Cerita Horor Pendaki Gunung Gede Ini Bikin Merinding


Penampakan Penjual Jamu gendong jadi ciri khas kisah horor Gunung Api Purba


Gunung Api Purba Yogyakarta ialah salah satu destinasi Indah di Gunungkidul √ Cerita Horor Gunung Api Purba Yogyakarta yang Kerap Menghantui

Penjual jamu yang mendadak berubah angker kerap jadi materi kisah horor Gunung Api Purba oleh para pendaki. Foto dari paketwisatajogja.net


Salah satu pendaki mengaku pernah mendapati penampakan seorang perempuan yang menjual jamu. Awalnya pendaki tidak menerka perempuan penjual jamu tersebut ialah penampakan, alasannya ialah itu pendaki pun tetapkan untuk beristirahat dan melambaikan tangan untuk membeli jamu.


Namun saat para pendaki lengah dan mengok ke penjual jamu, sosok itu lenyap. Karena merasa ketakutan, para pendaki pun kembali ke pos awal.


Cerita tukang jamu juga bukan hanya dijumpai oleh satu orang saja, pendaki lain juga mendapati tukang jamu gendong berkeliaran di Gunung Api Purba.


“Jamune Mas…” begitu ujar penjual jamu saat menghantui pendaki sebelum balasannya menghilang.


Kadang penjual jamu juga menampakkan diri dari dekat. Saat mendekat, penjual jamu yang awalnya berparas manis lama-lama menjadi renta dan menyeramkan.


Legenda Gunung Nglanggeran yang menyeramkan


Gunung Api Purba Yogyakarta ialah salah satu destinasi Indah di Gunungkidul √ Cerita Horor Gunung Api Purba Yogyakarta yang Kerap Menghantui

Meski kisah horor gunung api purba kerap menyelimuti, pemandangan dari puncak Nglanggeran begitu indah. Foto/pegipegi


Sebelumnya, konon bukit Nglangggeran ini merupakan tempat menghukum warga desa. Nglanggeran sendiri berasal dari kata nglangger yang artinya melanggar.


Nama ini diambil alasannya ialah warga setempat percaya ratusan tahun kemudian penduduk desa sekitar pernah merusak wayang seorang dalang. Karena dalang murka, warga pun dikutuk menjadi sosok wayang dan dibuang ke Bukit Nglanggeran.


Bebatuan besar yang menjadi daya tarik wisata daerah ini juga tak jauh dari cerita-cerita mistis di mana sering menjadi tempat pertapaan warga. Akan ada keberuntungan kalau bertapa di sana. Tak jarang pendaki akan gampang menemukan sesajen dan semacamnya di beberapa spot di Bukit Nglanggeran ini.


Baca juga: Destinasi Horor Yogyakarta, Jangan Datangi Malam Jumat Ini


Yang paling angker ialah di sebuah sumber air. Di sana bahkan tim phinemo pernah mencicipi hawa mistis saat menjelang maghrib. Sayup-sayup terdengar bunyi memanggil dari sumber mata air yang terdapat sebuah pohon besar yang nampak disakralkan alasannya ialah terdapat kain putih melingkari pohon tersebut.


Meskipun banyak beredar kisah horor, namun adapula pendaki yang merasa biasa saja saat mendaki gunung ini, mereka hanya mencicipi keindahannya saja. Kalau Kamu bagaimana? Apa yang Kamu rasakan ketka mendaki ke gunung yang tingginya sekitar 700 mdpl ini?



Sumber https://phinemo.com