Thursday, November 1, 2018

√ Format Buku Kas Pembantu Aktivitas Desa Format Excel

Format Buku Kas Pembantu Kegiatan di desa harus sesuai dengan format akuntansi dan dalam hal acara di desa buku kas pembantu acara ini harus meliputi No, tanggal, uraian kegiatan, penerimaan yang terdiri dari bendahara sanggup juga dari swadaya kemudian harus diberikan nomor bukti, Selain itu cakupan buku kas acara untuk pengeluaran meliputi belanja barang dan jasa serta belanja modal. Jumlah pengembalian ke bendahara juga harus disertakan dalam kolom format buku kas tersebut kemudian juga kolom terakhir menciptakan saldo kas.

Jika buku kas pembantu acara ini tidak cukup dengan satu halaman kertas maka sanggup dibentuk beberapa halaman kertas namun dibagian baris pertama kertas sambungan harus disertakan jumlah dari halaman sebelumnya semoga adanya keterkaitan antara halaman satu dengan halaman lainnya yang dipindahkan. Format buku kas pembantu ini akan menghasilkan rekap total penerimaan dan pengeluaran sehingga adanya kejelasan dalam hal balance keuangan. Format buku kas ini juga harus ditandatangani oleh Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).

Lalu ibarat apa format buku kas pembantu acara tersebut?

Untuk lebih jelasnya mengenai ibarat apa model format buku kas pembantu acara yang sesuai dengan peraturan yaitu sebegai berikut :

 

Bagaimana cara mengisi format buku kas tersebut?

Berikut cara pengisiannya:
  1. Bidang diisi menurut pembagian terstruktur mengenai kelompok.
  2. Kegiatan diisi sesuai dengan yang ditetapkan dalam APBDesa.
  3. Kolom 1 diisi dengan nomor urut.
  4. Kolom 2 diisi dengan tanggal transaksi.
  5. Kolom 3 diisi dengan uraian transaksi.
  6. Kolom 4 diisi dengan jumlah rupiah yang diterima bendahara.
  7. Kolom 5 diisi dengan jumlah rupiah yang diterima dari masyarakat.
  8. Kolom 6 diisi dengan nomor bukti transaksi.
  9. Kolom 7 diisi dengan jenis pengeluaran belanja barang dan jasa.
  10. Kolom 8 diisi dengan jenis pengeluaran belanja modal.
  11. Kolom 9 diisi dengan jumlah rupiah yang dikembalikan kepada bendahara.
  12. Kolom 10 diisi dengan jumlah saldo kas dalam rupiah.

Anda sanggup gunakan rumus untuk menjumlahkan setiap kolom contohnya penerimaan dari bendahara sanggup dijumlahkan dengan rumus =SUM(E10:E14) dan silakan Anda taris rumus tersebut hingga dengan saldo kas (Rp) sehingga akan menghasilkan jumlah dari setiap kolom baik penerimaan, pengeluaran maupun jumlah pengembalian ke bendahara atau saldo kas.

Untuk menjumlahkan secara total penerimaan buku kas pembantu acara di desa silakan gunakan juga rumus penjumlahan dengan rumus =SUM(E16:F16) sedangkan untuk total pengeluaran silakan tuliskan rumus =SUM(H16:I16) dan jangan lupa pada bab bawah paling kanan tuliskan nama desa serta Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dari desa Anda.

Buku Kas Pembantu Kegiatan ini akan sangat membantu sekali dalam hal keuangan desa sebagai laporan pelaksanaan acara dan sanggup mempengaruhi keuangan atau saldo kas di desa. Hal ini juga akan dituliskan sebagai dasar dalam pengelolaan buku bank desa.
Silakan simak:
Contoh Buku Bank Desa
Biasanya setiap acara ada yang disebut dengan pajak atau pph atau entah namanya itu apa yang terperinci setiap transaksi acara atau keuangan sekecil apapun harus disertakan bukti dan uraian singkat dan tentunya harus akuntabel  Anda sanggup gunakan rujukan format Buku Kas Pembantu Pajak  yang pernah saya bahas sebelumnya.

Bagaimana hubungannya buku kas pembantu acara di desa dengan APBDes?

Jelas ada hubungannya dikala menciptakan LPJ (Laporan Pertanggungjawaban) APBDes tentunya butuh bukti acara secara real dan salah satu yang sanggup membantu dalam penyusunan laporan realisasi APBDes tersebut yaitu buku kas pembantu kegiatan.
Ingat, anggaran yang dikucurkan ke desa melalui APBD/APBD merupakan dana titipan rakyat yang harus dipakai sesuai dengan kepentingan rakyat dengan tujuan rakyat /masyarakat desa tersebut sejahtera dalam hal ekonomi maupun pembangunan fisiknya.

Terimakasih, semoga format buku kas pembantu acara ini bermanfaat dan sanggup membantu dalam manajemen acara atau keuangan di desa.

Download Format Buku Kas Pembantu Kegiatan format excel

Sumber http://www.excel-id.com/