Saturday, November 17, 2018

√ Menciptakan Rumus Sendiri Untuk Menjumlah Angka Dalam Teks

Pernahkan Anda mempunyai data angka yang ada di dalam teks dan bagaimana cara menjumlahkannya? Hal ini tentunya anda harus menciptakan rumus sendiri dan tidak ada dalam rumus excel standar artinya Anda harus mengakali dengan memakai coding VBA. Baiklah berikut citra bagaimana cara menjumlah data menyerupai gambar berikut ini



Jika kita jumlahkan manual maka anda mungkin akan menjumlahkan 250+30+52+5 maka jadinya yakni 337 dan hasil tersebut Anda harus menghitungnya dengan kalkulator atau manual dientrikan kedalam beberapa cell setiap angkanya.

Kali ini bagaimana cara supaya otomatis, dan rumus apa yang bisa menghitung penjumlahan menyerupai tersebut? Anda harus menciptakan rumus sendiri dengan memakai VBA, kemudian bagaimana coding untuk menghitung data diatas?


Silakan buat satu buah module dan masukan script berikut ini kedalam Module1. Untuk bagaimana cara menciptakan Module sudah pernah aku bahas.

Function JumlahkanAngka(rngS As Range, Optional strDelim As String = " ") As Double
Dim Angka As Variant, AngkaLain As Long
Angka = Split(rngS, strDelim)
    For AngkaLain = LBound(Angka) To UBound(Angka) Step 1
        JumlahkanAngka = JumlahkanAngka + Val(Angka(AngkaLain))
    Next AngkaLain
End Function
OK, kini kita mempunyai formula atau rumus gres yaitu JumlahkanAngka. rumus ini nantinya akan bisa menhitung data angka yang ada dalam teks tersebut. Mari kita buktikan. Silakan masuk kembali ke worksheet dan ketikkan rumus

=jumlahkanangka(A1)
Kira-kira menyerupai gambar berikut ini


Hasilnya yakni 337.

Ok, gampang bukan ternyata module tersebut bisa menjumlahkan angka yang berada pada uraian teks kalimat yang ada pada cell A1.

Demikian Membuat Rumus Sendiri untuk menjumlah Angka dalam Teks supaya bermanfaat dan selamat mencoba.
Sumber http://www.excel-id.com/