Friday, November 2, 2018

√ Pola Format Rencana Anggaran Biaya (Rab) Untuk Desa

Rencana Anggaran Biaya atau disingkat RAB ini sangat penting dimiliki oleh desa sebagai penatausahaan keuangan alasannya yaitu bagaimanapun desa harus akuntabel dalam pengelolaan keuangan desa. Dana yang besar yang mengalir ke kas desa melalui APBN/APBD mengharuskan seorang bendahara bisa secara administratif dalam pengelolaan keuangan tersebut.

Salah satu format yang harus diketahui yaitu RAB atau format Rencana Anggaran Biaya alasannya yaitu itu RAB sangat penting dalam hal pelaksanaan acara yang akan dilaksanakan di desa. Tanpa RAB penggunaan keuangan dalam acara di desa akan semberawut dan tidak akuntabel. Setelah saya bahas bagaimana cara menciptakan format buku bank desa menyerupai yang telah saya tulis

Contoh Buku Bank Desa
Tidak kalah penting juga seorang bendahara atau pelaksana acara harus bisa menciptakan RAB dalam pelaksanaan pembangunan di desanya. Secara umum ada 4 fungsi RAB diantaranya adalah

  1. Menetapkan jumlah total biaya pekerjaan yang menguraikan masing masing item pekerjaan yang akan dibangun. RAB harus menguraikan jumlah semua biaya upah kerja, material dan peralatan termasuk biaya lainnya yang diharapkan misalanya perizinan, kantor atau gudang sementara, kemudahan pendukung contohnya air dan listrik sementara.
  2. Menetapkan Daftar dan Jumlah Material yang dibutuhkan. Dalam RAB harus dipastikan jumlah masing masing material disetiap komponen pekerjaan. Jumlah material didasarkan dari volume pekerjaan , sehingga kesalahan perhitungan volume setiap komponen pekerjaan akan menghipnotis jumlah material yang dibutuhkan. Daftar dan Jenis material yang tertuang dalam RAB menjadi dasar pembelian material ke Supplier.
  3. Menjadi dasar untuk penunjukan/ pemilihan kontraktor pelaksana. Berdasarkan RAB yang ada , maka akan diketahui jenis dan besarnya pekerjaan yang akan dilaksanakan. Dari RAB tersebut akan kelihatan pekerja dan kecakapan apa saja yang dibutuhkan. Berdasarkan RAB tersebut akan diketahui apakah cukup diharapkan satu kontraktor pelaksana saja atau apakah diharapkan untuk memperlihatkan suatu pekerjaan kepada subkontraktor untuk menangani pekerjaan yang dianggap perlu dengan seorang hebat khusus.
  4. Peralatan peralatan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pekerjaan akan diuraikan dalam estiamsi biaya yang ada. Seorang estimator harus memikirkan bagaimana pekerjaan sanggup berjalan secara mulus dengan memilih peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. Dari RAB juga sanggup diputuskan peralatan yang dibutuhkan apakah perlu dibeli pribadi atau hanya perlu dengan sistim sewa.. Kebutuhan peralatan dispesifikasikan menurut jenis, jumlah dan usang pemakaian sehingga sanggup diketahui berapa biaya yang diperlukan
Catatan :
File d0wnl0ad wacana pola format RAB untuk desa akan saya kasih link d0wnl0adnya pada simpulan artikel ini. 

Lalu bagaimanakah cara / langkah menhitung RAB?

  1. Adanya persiapan dan pengecekan gambar kerja
  2. Penghitungan volume yang dibutuhkan
  3. Membuat harga satuan
  4. Perhitungan jumlah biaya pekerjaan
  5. Rekapitulasi
Ke-5 cara atau langkah menyusun RAB acara di desa tersebut harus dilaksanakan untuk memilih berapa Rencana Anggaran Biaya yang dibutuhkan?

Download Contoh RAB untuk acara di Desa

Sumber http://www.excel-id.com/