Tuesday, November 13, 2018

√ Rumus If Excel Cara Saya

Rumus IF Ms. Excel cara aku ini berbeda dengan rumus excel yang pernah ada, berbeda disini artinya bukan rumusnya yang berbeda melainkan aku akan coba memakai rumus IF dengan pertolongan VBA. Rumus if yang pernah aku bahas sebelumnya merupakan rumus logika dimana rumus tersebut akan menghasilkan data dengan kondisi tertentu.

Silakan simak

Rumus IF excel beserta Contohnya

Beberapa teladan lain yang pernah aku bahas juga tidak jauh berbeda contohnya penggabungan rumus IF dan OR atau AND. Cara yang aku gunakan kali ini yaitu bagaimana menciptakan rumus dengan VBA dan kita gunakan satu buah tombol untuk menciptakan rumus IF tersebut.

Masalah :
Misalkan kita mempunyai data yaitu di cell B1 dan B2 yaitu B1=200 dan B2=5 dari data tersebut aku mempunyai kondisi sebagai berikut :

"Jika di cell B1 berisi data 0 atau dikosongkan, maka tuliskan pada cell aktif yaitu 0, bila di cell B2 bernilai < dari 1 maka tuliskan #N/A dan kondisi ketiga yaitu B1 dibagi dengan B2."

Dari kondisi ibarat tersebut diatas tentu untuk menuliskan rumus IF cukup mengetikkan rumus

=IF((OR(B1=0;B1=""));0;IF(B2<1;"#N/A";(B1/B2)))
Nah, rumus tersebut akan menghasilkan angka 40 lihat teladan rumus berikut ini


Nah, kemudian bagaimana bila kita kolaborasikan dengan VBA ibarat yang tadai aku bilang? Anda tinggal masuk ke VBA editor kemudian pada object Sheet1 tuliskan coding berikut

Sub RumusIf()
ActiveCell.Formula = "=IF((OR(B1=0,B1="""")),0,IF(B2<1,""#N/A"",(B1/B2)))"
End Sub
Jika sudah kembali masuk ke worksheet dan buat satu buah commandbutton dari sajian Developer kemudian arahkan macro name ke Sheet1.RumusIf kemudian silakan klik OK dan coba klik tombol tersebut maka secara otomatis rumus akan terbuah dengan sendirinya hanya dengan satu kali klik.

Rumus IF tersebut akan dibentuk sesuai dengan dimana cell yang aktif


Perhatikan ada beberapa angka 40 pada gambar diatas itu merupakan hasil dari berpindah-pindah cell yang aktif kemudian tombol Button1 diklik maka alhasil dimanapun cell yang aktif bila Anda tekan tombol maka rumus IF akan berfungsi.


Nah, itulah rumus IF pada excel cara saya, tampaknya sangat gampang dan praktis kemudian gimana cara kamu? silakan berkreasi dan biar bermanfaat.

Simak :
Rumus SUMIF dengan VBA
Sumber http://www.excel-id.com/