Saturday, November 24, 2018

√ Shortcut Penjumlahan Otomatis Pada Excel Dengan Alt+=

Bagaimana seh cara menjumlahkan otomatis tanpa memakai mouse? pertanyaan ini sangat simpel sekali tentu Anda harus menuliskan rumus dengan formula =SUM(Range). Sebuah rumus yang fundamental dan sangat simple, namun jikalau pertanyaannya apakah ada cara terceoat tanpa mengetikkan rumus tersebut dan tanpa memakai Mouse?

Nah, ini ialah hal yang akan dibawah pada goresan pena kali ini. Untuk mengatasi hal tersebut tentu ada akomodasi jalan cepat dan hal ini sangat diharapkan sekali oleh orang Indonesia yang ingin instan hehe... Ok, shortcut pada Ms. Excel sangat membantu memudahkan dan mempercepat bekerja dengan excel ini, dan kali ini aku akan berikan shortcut atau jalan pintas untuk menjumlahkan otomatis.
kemudian ibarat apa shortcut tersebut?

silakan tekan tombol ALT+=

Maksudnya ialah tombol ALT pada keybord dan tombol = ditekan secara bersamaan maka rumus SUM akan otomatis menuliskan dan range akan ditentukan oleh fungsi tersebut. coba perhatikan gambar berikut hal ini akan tertulis otomatis tanpa mengetikkan sesudah Anda menekan tombol ALT+= secara bersamaan


Jika Anda tekan enter risikonya ialah 72. Coba analisa jikalau Anda mnuliskan rumus =SUM(A1:A5) maka Anda sudah menekan 11 tombol keyboard belum lagi enter untuk melihat risikonya berarti 7 kali menekan tombol keyboard. Bandingkan dengan memakai shortcut maka akan menghemat waktu bekerja Anda.

Lalu bagaimana jikalau penjumlahannya ke samping? Cara ini juga masih berfungsi jikalau dipakai untuk menjumlahkan data ke samping. Silakan dicoba kalau tidak berfungsi silakan kasih komentar dibawah ya.

Semoga bermanfaat.

Lihat Cara Menjumlahkan Otomatis dengan AutoSum

Sumber http://www.excel-id.com/