Saturday, December 15, 2018

6 Ancaman Kantong Kresek Bagi Kesehatan

 untuk wadah kuliner yaitu judul postingan yang bakal mengupas dengan cara lengkap bahasan 6 Bahaya Kantong Kresek Bagi Kesehatan

Bahaya menggunakan kantong kresek untuk wadah kuliner yaitu judul postingan yang bakal mengupas dengan cara lengkap bahasan seputar kantong plastik ataupun kresek yang sering digunakan sebagai pembungkus kuliner dan wadah minuman hambar maupun panas. Ketika membeli kuliner biasanya pembungkus yang digunakan oleh penjual ataupun pelayan toko yaitu kantong kresek.

Kantong kresek yang digunakan dapat berwarna hitam, putih, biru atau merah. Kepraktisan dan biayanya yang terjangkau dianggap sebagai opsi untuk wadah makanan. Untuk barang yang bukan tipe makanan, kantong kresek tidak menjadi persoalan, yang berbahaya justru apabila digunakan sebagai wadah makanan.

Kantong kresek dibentuk dari materi ataupun limbah yang diproses dan didaur ulang. Bahannya dapat diperoleh dari mana pun. Banyak industri pengolahan plastik yang mengolah produknya dari limbah ataupun sampah daur ulang dari materi leluasa tanpa seleksi standar.

Apakah itu limbah logam, materi pestisida, zat kimia ataupun yang lain? Berikut ini ancaman menggunakan kantong kresek untuk wadah makanan.

Bahaya Kantong Kresek untuk Wadah Makanan

Di dalam kantong kresek tersedia materi ataupun zat kimia yang berbahaya apabila tercampur dan melekat pada makanan. Pada kuliner dan minuman yang tetap panas hangat gampang sekali kandungan zat dalam plastik berpindah pada kuliner dan minuman tersebut.

Kantong kresek yaitu plastik dari materi daur ulang yang tidak diketahui asal muasal bahannya. Biasanya para produsen plastik tidak peduli dengan materi yang dipakai, asal dapat dibentuk plastik maka materi itu yang dipakai. Bahan yang ada di dalamnya sangat sangat diragukan kehigienisannya.

Apabila materi dari kantong kresek tercampur dengan kuliner dan dikonsumsi maka resiko kesehatan misalnya tercemar zat-zat kimia yang berbahaya, memicu penyakit kanker, gangguan ginjal, gangguan sistem syaraf, gangguan sistem endokrin, pembengkakan liver, hepatitis, dan penyakit-penyakit lainnya bakal menghinggapi tubuh. Bahaya kesehatannya sangat mematikan dalam jangka panjang.

Bahaya kantong kresek bagi kesehatan banyak mengandung kandungan materi zat adiktif, dioksidan, dan zat beracun dalam kantong kresek dapat merusak sistem dan organ tubuh apabila terjadi penumpukan ataupun akumulasi zat tersebut. Zat-zat tersebut juga dapat memicu munculnya sel-sel kanker dan penyakit lainnya. Apabila plastik kresek tersebut dibakar dan terhirup maka bakal menimbulkan gangguan pernafasan dan gangguna penyakit. Bahkan dapat menurunkan sistem imunitas (kekebalan tubuh).

Pemerintah bersama-sama sudah melarang pemakaian kantong kresek untuk wadah ataupun pembungkus makanan. Bagi lingkungan, kantong kresek dikenal tidak ramah lantaran susah terurai oleh unsur tanah. Sering kita melihat sampah-sampah plastik (kantong kresek hitam) yang bertebaran di daerah sampah ataupun tanah yang tetap utuh meskipun sobek.

Sebagai gosip komplemen untuk postingan dengan judul "bahaya kantong kresek untuk wadah makanan" berikut bakal diulas juga jenis-jenis materi plastik yang biasa digunakan sebagai kemasan kuliner dan minuman.

Jenis Bahan Plastik yang Berbahaya


  1. Plastik tipe high density polyethylene (HDPE). Plastik ini sering digunakan sebagai materi pembuatan botol jus, susu, galon, dan sebagainya. Plastik ini sangat kondusif apabila digunakan dan infinit dan mampu mencegah munculnya reaksi kimia.
  2. Low density polyethylene (LDPE). Biasa digunakan sebagai daerah kuliner dan botol yang lembut (lembek). Tetap kondusif digunakan sebagai pembungkus kuliner lantaran materi di dalamnya sukar memunculkan reaksi kimia kalau bersentuhan dengan makanan.
  3. Polyvinyl chloride (PVC). Plastik berbahan ini susah didaur ulang. Bahannya tidak mengecewakan besar lengan berkuasa dan awet. Biasanya digunakan sebagai materi untuk pelapis luar kabel, pipa, dan botol. Tetapi materi ini apabila digunakan sebagai materi kantong kresek sangat berbahaya apabila terkena ataupun wacana kuliner yang berminyak ataupun kuliner panas. Bisa memunculkan gangguan pada hati dan ginjal.
  4. Polyethylene terephalate. Sering digunakan untuk minuman dan kemasannya biasa berwarna jernih dan transparan. Dipakai sebagai botol minuman. Plastik kemasan ini hanya baik apabila digunakan sekali saja. Tidak dianjurkan memakainya terlalu sering lantaran polimer yang melapisinya dapat mengeluarkan zat menyerupai karsinogenik yang dapat memicu kanker. Lapisan polimer nya juga gampang meleleh kalau kena panas.
  5. Polystyrene. Bahan ini sering digunakan sebagai daerah minum, daerah kaset, daerah makan, dan daerah telur. Sifat materi ini hanya sekali pakai. Apabila digunakan sebagai pembungkus kuliner panas ataupun berminyak dapat memunculkan ancaman pada sistem reproduksi dan sistem syaraf.
  6. Plypropylene. Nah, materi plastik tipe ini sangat sempurna sebagai kemasan kuliner ataupun minuman. Susah terjadi reaksi kimia di dalamnya apabila bercampur ataupun ditempatkan kuliner ataupun minuman apa pun. Bahan ini dapat digunakan sebagai botol minum bayi, daerah obat, dan lain-lain.

Nah, ulasan di atas sudah menyapa bahaya kantong plastik kresek. Sebaiknya hindari menggunakan kantong kresek sebagai wadah makanan. Apabila tidak ingin repot, gunakan wadah kondusif yang dibawa dari rumah. Wajib selektif pula dalam menggunakan pembungkus makanan.

Sekian ulasan postingan bahaya kantong plastik kresek bagi kesehatan. Maka jagalah kesehatanmu dengan hal-hal kecil menyerupai menghindari ancaman kantong kresek hitam dan lebih baik menggunakan kantong kresek yang putih/transparant.

Wajib baca: 10 Akibat Makanan Haram Bagi Manusia + 16 Dalil Makanan Haram
Sumber http://www.faktakah.com