Tuesday, December 18, 2018

√ Menciptakan Jadwal Upacara Setiap Senin Dengan Excel Lebih Cepat

Bagaimana cara menciptakan sebuah jadwal rutin tiap hari Senin menyerupai referensi Jadwal Upacara bendera yang dilaksanakan oleh setiap Instansi pemerintah dari Mulai Dinas Pendidikan, Sekolah, Kecamatan, Pemerintah Daerah atau forum lainnya.

Untuk di sekolah jadwal upacara rutin yang dilaksanakan setiap hari senin biasanya dibentuk saat tahun pelajaran  baru, nah semoga lebih cepat silakan gunakan Ms. Excel untuk menciptakan jadwal upacara tersebut. Kenapa memakai Excel cepat?

Dalam pembuatan jadwal petugas upacara biasanya terdapat tanggal yang ditentukan. Dan tanggal tersebut harus mempunyai rentang tanggal setiap 7 hari terhitung hari yang dituliskan pertama kali. OK untuk lebih jelasnya silakan lihat referensi ril dalam penulisan jadwal memakai Ms. Excel.

Partama tuliskan terlebih dahulu nama nama-nama petugas upacara lalu nama pembina nya menyerupai gambar berikut ini



Setelah daftar nama pembina dan petugas upacara telah dibentuk kini kita akan menciptakan tanggal yang berurutan sesuai dengan rentang setiap hari senin contohnya petugas upacara akan melakukan upacara bendera yaitu mulai tanggal 03-08-2015 lalu untuk hari senin berikutnya ialah 10-08-2015 maka silakan tuliskan pada baris berikutnya,



Langkah berikutnya sesudah dua rentang tanggal tersebut diketikan silakan blok ranga A6:A7 lalu copykan rumus dengan cara menarik ke bawah atau Fill Handle sehingga akan menghasilkan data tanggal setiap hari senin hingga bulan Desember 2015 berikut ini


Akhirnya tanggal tidak mengetik satu per satu cukup masukan dua tanggal maka secara otomatis hingga dengan tanggal 14-12-2015 jadwal petugas upacara telah berhasil dibuat. Coba bandingkan dengan saat Anda mengetikkan di Ms. Word! Mana yang lebih cepat?

Selamat mencoba.
Sumber http://www.excel-id.com/