Saturday, December 15, 2018

√ Meragukan Isbn Palsu

Seseorang bercerita bahwa ia pernah membayar uang sekian juta untuk memperoleh ISBN. Kejadian yang menimpa seorang guru ini terjadi beberapa tahun yang kemudian dikala ia ingin menerbitkan karya bukunya. Dia menitipkan naskah buku ini kepada seorang teman. Ia berharap temannya ini sanggup memfasilitasi biar ISBN tersemat di bukunya.

Ibu guru ini hasilnya memperoleh buku cetak hasil tulisannya. Guru yang bekerja di sebuah Sekolah Menengah Pertama ini semakin senang alasannya yakni di sampul belakang telah terpampang barcode ISBN. Begitu pula di halaman balik judul, isyarat ISBN juga tertulis di bawah nama pengarang. Kebahagiaannya semakin menjadi dikala bayangan buku ber-ISBN ini ia olok-olokan untuk evaluasi angka kredit.

Namun, sayang seribu sayang, buku ber-ISBN ini ditolak oleh tim penilai angka kredit. Tim penilai angka kredit beropini bahwa ISBN ini palsu. Ibu Guru pun terkaget-kaget mendengar pernyataan ini. Bagaimana tidak, jutaan rupiah telah ia gelontorkan demi 13 digit nomor ini.

Tim PAK ternyata mengusut nomor ISBN yang terpampang dengan cara memasukkannya ke portal isbn.perpusnas.go.id. Nomor ISBN ini tidak ditemukan. Padahal kalau ISBN ini resmi dan valid, otomatis sanggup diperiksa melalui portal yang dikelola eksklusif oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ini.

Singkat kata, Ibu Guru ini tertipu modus pengurusan ISBN. Sang ibu guru juga tidak mengusut nomor ISBN yang terpampang di bukunya ini di portal miliki perpusnas. Nasi telah jadi bubur, buku yang ditulis dengan penuh uraian keringat dan pikiran ini berakhir kena tipu.

Setiap penulis hendaknya waspada terhadap modus yang mengatas namakan pengurusan ISBN. ISBN diberikan Perpusnas secara cuma-cuma. Pilih penerbit atau penyedia jasa yang mempunyai track record dan reputasi yang baik. Jangan lupa mengusut nomor ISBN di portal isbn.perpusnas.go.id. Semoga kejadian ibu guru ini menjadi kejadian terakhir yang memakai ISBN sebagai modus penipuan! Aamiin!

Sumber http://rahmahuda.blogspot.com