Tuesday, December 18, 2018

√ Rujukan Neraca Laporan Keuangan Format Excel 2010


Neraca sudah tidak abnormal lagi bagi Anda yang sering menciptakan laporan keuangan di perusahaan. Tentunya bentuk laporan keuangan ini aneka macam macam cara dan teknik serta format. Ada perusahaan yang sudah memakai aktivitas aplikasi untuk menciptakan neraca sehingga lebih gampang dan waktu yang diharapkan pun relatif sedikit. Lalu bagaimana kalau Anda bekerja di perusahaan yang belum mempunyai aplikasi untuk menciptakan laporan keuangan dalam hal ini Neraca? Tentu Anda harus menciptakan dalam bentuk Excel supaya perhitungan lebih akurat dan tingkat kesalahan akan lebih minimal serta proses editing pun tidak sulit.

Pengertian Neraca Keuangan dalam Akuntansi

Laporan Posisi Keuangan (balance sheet atau statement of financial position) atau yang biasa dikenal sebagai NERACA ialah suatu bab dari laporan keuangan suatu perusahaan atau entitas bisnis yang dihasilkan dalam suatu periode akuntansi dimana mengatakan posisi atas keuangan perusahaan atau entitas bisnis tersebut pada final periode akuntansi tersebut yang dapat menjadi dasar dalam menghasilkan keputusan bisnis.

Seperti Apa Bentuk Neraca?


Bentuk Neraca dalam laporan keuangan perusahaan umumnya lebih sering memakai bentuk yang memanjang kebawah, Tetapi banyak juga yang memakai bentuk neraca keuangan kesamping, Anda  dapat memakai model kesamping atau memanjang ke bawah tidak duduk perkara kesemuanya boleh boleh saja diterapkan dalam neraca. Dalam penerapan bentuk suatu neraca keuangan hendaknya diadaptasi bentuknya dengan jumlah pos akun yang dipakai oleh prusahaan. model neraca yang memancang ke bawah lebih efektif untuk dipakai apabila akun dalam perusahaan tersebut banyak.

Model Neraca keuangan yang memanjang ke bawah ini biasa disebut dengan istilah bentuk Stafel. Perusahaan besar yang mempunyai pos atau akun yang banyak seringkali memakai bentuk ini. dan bentuk neraca yang menyamping disebut juga dengan Bentuk Skontro. bentuk neraca model ini akan dengan gampang untuk diterapkan apabila akun dan juga nilai yang ada pada perusahaan jumlahnya sedikit.

Contoh berikut menggambarkan neraca dalam sebuah perusahaan

Contoh Neraca diatas hanyalah bentuk sederhana alasannya banyak jenis neraca yang lebih kompleks dan tepat dan terkadang tergantung juga kepada perusahaan serta pimpinan di perushaan tersebut. Ada baiknya Anda menyebarkan teladan Neraca format Excel tersebut. Neraca biasanya sangat bekerjasama dengan Laporan Laba Rugi Anda juga niscaya sudah tidak abnormal lagi dengan sebuah laporan laba/rugi. Ok itulah model dan bentuk Neraca keuangan akuntansi.

Contoh Lain Bentuk Neraca Bank

Elemen dan Isi Laporan Neraca Bank
  1. Harta
    Menurut APB Statement (1970, halaman 132) mendefinisikan asset sebagai berikut :“Kekayaan ekonomi perusahaan, termasuk didalamnya pebebanan yang ditunda, yang dinilai dan diakui sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku”.
  2. Pengakuan dan Penilaian Aktiva
    Prinsip yang berlaku kini dalam akreditasi dan evaluasi aktiva sesuai dengan yang digariskan APB ialah sebagai berikut.
    “Pencatatan aktiva menurut pada bencana kapan perusahaan mendapat kekayaan atau aktiva itu dari pihak lain sedangkan kewajiban kapan muncul kepada pihak lain. Penilaian keduanya didasarkan pada nilai tukar, nilai pengorbananpada pengalihan terjadi. Nilai ini disebut acquisition cost”.
  3. Kewajiban / Hutang (Liabilities)
    Menurut FASB kewajiban ialah kemungkinan pengorbanan kekayaan hemat dimasa yang akan tiba yang timbul akhir kewajiban perusahaan kini untuk masa yang akan tiba sebagai akhir dari suatu transaksi atau bencana ekonomi yang sudah terjadi.
  4. Pengakuan dan Penilaian Kewajiban
    Menurut APB Statement No.4 serta SFAC No. 5 kewajiban dinilai sebesar bencana dalam transaksi, biasanya jumlah yang akan dibayarkan di masa yang akan tiba biasanya didiskontokan (dinilai menurut Present Value – untuk yang jangka panjang), sejumlah nilai pertukaran atau sejumlah nilai nominal.

Inilah Contoh Bentuk Neraca Bank
Contoh Neraca Bank


Terimakasih telah membaca, agar bermanfaat.
Sumber http://www.excel-id.com/