Sunday, December 16, 2018

√ Rumus Excel? Ini Beliau Tips Nya



Sebuah pertanyaan yang sering muncul pada pengguna excel pemula ini sering terjadi dikala menuntaskan kiprah dengan banyak rumus yang harus digunakan dan hanya sedikit tingkat kemampuan memakai rumus excel tersebut. Hal ini terjadi pada diri saya sendiri dikala mengerjakan pengolahan data penduduk dan dikala itu saya gres mengenal Microsoft Excel. Anda bisa bayangkan betapa banyaknya data penduduk satu desa dan waktu itu jumlah penduduknya lebih dari 5000 penduduk. Dari mulai mengetikkan nama hingga kepada identitas lainnya ibarat jenis kelamin, daerah dan tanggal lahir, status perkawinan, nomor NIK dan nomor KK harus dientri satu per satu kemudian mengolahnya menjadi sebuah sistem isu yang dibutuhkan oleh kepala desa pada waktu itu.

Sempat terpikir oleh diri saya sendiri dan anda tentu juga akan merasa repot dikala melihat kumpulan formula yang ada di kegiatan aplikasi Microsoft Excel tersebut puluhan bahkan ratusan rumus dan tentunya semua rumus tersebut sanggup difungsikan. Anda niscaya berfikir betapa hebatnya orang yang bikin software pengoolahan data angka tersebut alasannya hampir di setiap jenis perkerjaan masih banyak yang memakai excel sebagai software pembantunya. Jika saya sebutkan sesuai dengan fungsinya Microsoft Excel sanggup mempunyai fungi diantaranya untuk menuntaskan fungsi logika, statistik, Financial alias keuangan, pengolahan data tanggal dan waktu, matematika dan trigonometri dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Dan setiap fungsi tersebut banyak sekali rumus, kemudian pertanyaannya apakah kita perlu menghapal semua rumus yang ada dalam Ms. Excel tersebut?

Sesuaikan dengan jenis pekerjaan Anda Sendiri

Saya kira kalimat diatas sudah terperinci tanggapan atas pertanyaan perlukan kita menghapal semua rumus yang ada pada kegiatan aplikasi Microsoft Excel. Ms. Excel bekerjsama bisa dipelajari secara belajar sendiri artinya siapapun Anda dari latar belakang apapun Anda akan bisa mempelajari excel asalkan kuncinya Anda harus sering berlatih dan langkah awal sesuaikan dengan jenis pekerjaan Anda. Lalu bagaimana jikalau Anda seorang pelajar atau mahasiswa? Nah kalo Anda seorang pelajar yang sedang mencari ilmu saya kira langkah awal yaitu pengenalan dasar terlebih dahulu alasannya di Ms. Excel bukan hanya rumus yang harus dipelajari ada trik dan tips bagaimana mempercepat pengolahan data, bagaimana pula menggabungkan beberapa rumus sehingga menghasilkan isu yang diharapkan. Setelah dipahami silakan bertahap Anda mempelajari hal-hal yang gres dan saya yakin lambat laun Anda akan menjadi spesialis Excel.

Bagaimana TIPS Menghapal Rumus Excel yang Panjang?

Jika Anda pernah melihat rujukan rumus yang panjang bahkan sangat panjang tentu akan sangat rumit untuk membaca atau menghafalnya alasannya rumus excel bukanlah kalimat yang jikalau dibaca akan cepat hafal dan dikuasai. Ilmu excel harus dipraktekkan apabila Anda sering memakai maka bukan hal yang mustahil sepanjang apapun rumus excel akan gampang untuk mengetiikannya tanpa melihat sumber dari internet lagi. Pada dasarnya rumus excel yang panjang hanyalah sebuah logika saja rumus tersebut bekerjsama pendek, namun alasannya adanya penggabungan beberapa rumus jadinya terbentuklah rumus yang panjang dan kompleks.

Lalu bagaimana cara memahami logika untuk berguru rumus excel tersebut? Nah, langkah awal Anda harus tahu terlebih dahulu beberapa operator matematika dan saya yakin ini sudah Anda pelajari dikala Anda masih sekolah atau di dingklik kuliah bahwa beberapa operator matematika tersebut yaitu tambah, kali, kurang, bagi, hal ini juga berlaku di Ms. Excel namun untuk menciptakan rumus Excel Anda harus diawali dengan tanda sama dengan. Masih ingat kan goresan pena saya wacana bagaimana awal mula untuk berguru Ms. Excel dasar.

Berbicara logika Anda tentu akan kenal dengan istilah IF dalam bahasa inggris IF artinya JIKA dan ini juga berlaku di Ms. Excel. Contoh logika kehidupan jikalau hari ini hujan maka saya membawa paying. Contoh penerapan di Ms. Excel jikalau nilai sama dengan 6 maka ia dikatakan HEBAT jikalau kurang dari 6 maka anda TIDAK HEBAT. Lalu bagaimana rumus untuk menuntaskan logika tersebut?

Silakan lihat rujukan goresan pena saya mengenai rumus fungsi IF
Kesimpulannya yaitu Anda tidak perlu menghapal semua rumus alasannya ini akan mengakibatkan Anda pusing sendiri saking banyaknya dan lebih parah lagi Anda akan merasa malas untuk melanjutkan berguru Ms. Excel. Yang terpenting untuk bisa menguasai Excel yaitu mencoba untuk mempraktekkan dan sering-seringlah praktek dalam aneka macam rujukan rumus excel. Jika Anda lupa silakan lihat dan cari di Internet dengan pemberian mbah google wacana apa yang akan Anda pelajari kemudian catat kemudian praktekkan kembali hal ini akan mempermudah Anda mengingat.

Semoga TIPS berguru rumus excel ini bermanfaat dan selamat berguru Excel.
Silakan disimak Mudul excel untuk belajar

Sumber http://www.excel-id.com/