Saturday, December 15, 2018

√ Setiap Buku Dapat Dimintakan Isbn, Asalkan ...

Setiap kali berdiskusi wacana penulisan buku niscaya ada pertanyaan yang sering muncul. Terutama berkaitan dengan ISBN. ISBN menjadi begitu sering dibicarakan alasannya yaitu menjadi syarat adminstratif bagi pengajuan angka kredit pada beberapa profesi. Sehingga pertanyaan yang sering muncul yaitu "Apakah saat mengajukan ISBN ada syarat khusus berkaitan dengan isi buku?"

Jawaban di atas bahwasanya sangat tergantung kebijakan masing-masing penerbit. Pengajuan ISBN sepenuhnya menjadi tanggung jawab penerbit. Singkat jawaban, buku dapat memperoleh ISBN selama diusulkan oleh penerbit atau forum yang diakui untuk mengajukan ISBN.

Setiap penerbit mempunyai kriteria tertentu untuk mengusulkan ISBN pada setiap buku. Penerbit yang mempunyai visi menerbitkan buku tema pertanian tentu akan menolak bila diminta untuk memohonkan ISBN untuk buku bertemakan filsafat. Sehingga berkaitan dengan isi buku apakah ada syarat khusus untuk memperoleh ISBN, jawabannya relatif, tergantung penerbit.

Akan tetapi ada pemahaman umum bahwa penerbit mau menerbitkan buku alias mengusulkan ISBN jika:
1. Buku tidak berisi ujaran kebencian terutama menyangkut Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).
2. Tidak berpotensi menyebabkan konflik horisontal atau perpecahan bangsa.
3. Buku yang akan diterbitkan tidak melanggar etika akademik atau terindikasi plagiarisme.
4. Buku hasil terjemahan harus mengantongi surat izin dari penulis atau penerbit aslinya.
5. Buku yang hendak dimintakan ISBN, hendaknya bukan merupakan buku yang isinya bertentangan dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Demikian hal-hal yang patut diketahui bila ingin memohonkan ISBN pada buku yang ditulis. Jangan hingga kita keliru menentukan penerbit. Pilih penerbit yang mempunyai visi yang sama dengan tema yang ada dalam buku yang akan diterbitkan. Perhatikan juga hal-hal di atas. Memang diterbitkan atau tidaknya sebuah buku cenderung ditentukan pada nilai moral yang berlaku di masyarakat.

Sumber http://rahmahuda.blogspot.com