Monday, December 17, 2018

√ Teladan Neraca Lajur Perusahaan Per 31 Desember Akuntansi Excel

Jika Anda seorang siswa Sekolah Menengan Atas khusus jurusan IPS pernah berlajar yang namanya Neraca Lajur Keuangan. Materi ini merupakan bahan mata pelajaran Akuntansi. Jika masih ingat tentu Anda tidak akan kesulitan dalam menciptakan neraca lajur memakai Ms. Excel. Jika Anda seorang karyawan yang memegang kendali keuangan tentu juga tidak terlepas dari dilema laporan keuangan Anda sanggup lihat rujukan bagaimana cara Membuat Catatan Atas Laporan Keuangan CaLK. Nah kali ini saya akan membahas masih dalam seputar akuntasi dan tentunya memakai Excel sebagai aplikasi dasar membuatnya.

Neraca Lajur, Sebuah neraca lajur biasanya dibentuk pada tamat tahun yaitu 31 Desember. Lalu bagaimana cara menciptakan neraca lajur bagaimana pula prosedurnya? Berikut tahapan menciptakan neraca lajur dalam Akuntansi.

  1. Memasukkan saldo-saldo yang terdapat dalam rekening buku besar ke dalam kolom Neraca Saldo (NS) pada formulir neraca lajur, di mana jumlah debit dengan jumlah kredit harus sama.
  2. Membuat jurnal pembiasaan dengan menganalisis data dan memasukkan ke dalam neraca lajur kolom Ayat Penyesuaian (AP).
  3. Menjumlahkan atau mencari selisih antara kolom Neraca Saldo dengan kolom Ayat Penyesuaian, dan mengisi kolom Neraca Saldo sehabis Disesuaikan (NSD).
  4. Memindahkan jumlah-jumlah di dalam kolom Neraca Saldo sehabis Disesuaikan ke dalam kolom Laba/Rugi dan kolom Neraca.
    • Untuk rekening riil atau neraca yakni rekening Harta, Utang, dan Modal, harus dipindahkan ke dalam neraca lajur kolom Neraca.
    • Untuk rekening nominal atau keuntungan rugi yakni rekening Pendapatan dan Beban, harus dipindahkan ke dalam neraca lajur kolom Laba/rugi.
  5. Menjumlahkan kolom keuntungan rugi dan neraca. Seandainya kolom keuntungan rugi lebih besar sebelah kredit, berarti laba, maka jumlah keuntungan dipindahkan ke kolom neraca sebelah kredit. Sebaliknya, jikalau jumlah dalam kolom keuntungan rugi lebih besar sebelah debit berarti rugi, maka jumlah rugi dipindahkan ke kolom neraca sebelah debit.

Bagaimana Bentuk dan Contoh Neraca Lajur Perusahaan?

Jika sudah mengetahui bagaimana mekanisme membuatnya kemudian bagaimana bentuk dan rujukan sebuah neraca lajur dari perusahaan? ini ada salah satu rujukan model neraca lajur per 31 Desember 2015.

Apa Tujuan dari Pembuatan Neraca Lajur?
Neraca Lajur biasa disebut juga dengan Worksheet. Anda niscaya tahu apa itu worksheet dalam istilah kita ialah kerta kerja. Ada 5 Tujuan dibuatnya neraca lajur yaitu :

  1. Neraca Saldo
  2. Ayat Jurnal Penyesuaian
  3. Neraca Saldo Yang Telah Disesuaikan
  4. Laporan Laba Rugi
  5. Neraca
Anda sanggup melihat rujukan Laporan Keuangan Format Excel yang pernah saya tulis sebelumnya. Ada beberapa nama akun yang harus Anda tulis di kolom B yaitu :
  1. AKTIVA LANCAR
    Kas
    Bank Merdeka
    Bank Sejahtera
    Piutang Dagang
    Piutang Lain-lain
    Persediaan Barang
    Sewa Dibayar Dimuka 
  2. AKTIVA TETAP
    Kendaraan
    Peralatan Kantor
    Akum. Peny. Kendaraan
    Akum. Peny. Peralatan Kantor 
  3. KEWAJIBAN
    Hutang Dagang
    Hutang Lain-lain 
  4. EKUITAS
    Modal
    Laba Ditahan
    Laba Bersih 
  5. PENDAPATAN
    Penjualan Barang
    HPP
    HPP Barang 
  6. BIAYA OPERASIONAL
    Gaji Karyawan
    Listrik dan Telpon
    Biaya Sewa Tempat Usaha
    Biaya Transportasi
    Biaya Penyusutan 
Demikian rujukan neraca lajur perusahaan per 31 desember 2015. Semoga bermanfaat
Sumber http://www.excel-id.com/