Tuesday, December 18, 2018

√ Tips Menata Ruang Kerja Yang Membangkitkan Semangat Kerja

Ruang kerja ialah daerah yang dipakai untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Ruang kerja harus tertata dengan baik supaya pekerjaan sanggup terselesaikan. Ruang kerja yang tertata rapi akan meningkatkan semangat kerja. Pengguna ruang kerja tentu akan betah berlama-lama di ruang kerja untuk menuntaskan pekerjaan.

Keberadaan ruang kerja sekarang semakin dibutuhkan. Mengingat banyak pekerjaan yang tidak sanggup terselesaikan di kantor alasannya ialah keterbatasan jam kerja. Selain itu, banyak profesi yang sekarang tidak membutuhkan pergi ke kantor. Artinya pekerjaan sanggup diselesaikan dari rumah. Hal ini menguatkan persepsi bahwa ruang kerja yang memadai sangat dibutuhkan.

Ruang kerja tidak perlu berada di ruang khusus. Ruang kerja sanggup bertempat di pojok ruangan dan tidak selalu dibatasi dengan tembok di keempat sisinya. Penempatan ruang kerja sebaiknya jauh dari potensi gangguan. Potensi gangguan sanggup bersumber dari dialog anggota keluarga yang lain, kedaluwarsa masakan, atau  bunyi bising dari luar rumah.
Ruang kerja hendaknya jauh dari dapur, daerah yang sering dipakai untuk mengobrol, dan tidak berada di rumah yang berdekatan dengan jalan. Penempatan ruang kerja juga perlu memperhatikan sirkulasi udara dan pencahayaan. Usahakan ruang kerja tidak berada di daerah dimana angin terlalu banyak berhembus. Begitu pula cahaya matahari tidak pribadi menyinari kamar alasannya ialah berpotensi silau.

Dekorasi ruang kerja dibentuk minimalis. Hindari penempatan banyak berkas di atas meja. Banyaknya berkas di atas meja cenderung membebani dan menekan mental. Buat meja terlihat lapang supaya tidak membebani pikiran dan mental. Pilih perabotan rumah sesuai kebutuhan dan selera masing-masing. Perlu juga ditambahkan karpet supaya tidak terlalu dingin.

Ruang kerja perlu ditambahkan ornamen khusus. Ornamen tersebut antara lain pigura foto, piala, penghargaan, flora hidup, wallpaper tembok sesuai selera. Jangan lupa menambah papan kecil atau sterofoam untuk melekat kertas kecil berupa catatan atau sasaran yang harus dipenuhi.

Rangkuman
1. Ruang kerja yang tertata rapi akan meningkatkan semangat kerja.
2. Keberadaan ruang kerja sekarang semakin dibutuhkan.
3. Penempatan ruang kerja sebaiknya jauh dari potensi gangguan.
4. Dekorasi ruang kerja dibentuk minimalis.
5. Ruang kerja perlu ditambahkan ornamen khusus.

Sumber http://rahmahuda.blogspot.com