Thursday, January 17, 2019

√ Laporan Training Indonesia Digital Learning (Idl)



1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
a.      Waktu dan Tempat
1)      Hari                     : Kamis dan Jumat
2)      Tanggal                : 7 s.d 8 Desember 2017
3)      Pembukaan          :  Kamis, 7 Desember 2017, pukul 09.00 WIB
4)      Lama Diklat        : 2 (dua) hari
5)      Tempat                : Hotel Sahid Jaya, Jl. Gajahmada No.82, Ketelan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57132

b.      Penyelenggara Kegiatan
Pelatihan Indonesia Digital Learning (IDL) diselenggarakan Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) bekerja sama dengan PT. Telekomunikasi Indonesia.

2.      Tujuan Diklat/ Pengembangan Diri
Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan training ini adalah:.
1.      Tujuan Umum
Tujuan umum Pelatihan Indonesia Digital Learning (IDL) yaitu meningkatkan kompetensi guru semoga handal saat menyusun butir soal baik secara manual maupun online.

2.      Tujuan Khusus
Tujuan khusus Pelatihan Indonesia Digital Learning (IDL) yaitu akseptor menguasai bahan bintek yang terdiri atas:
1)      Kebijakan Dikdasmen PGRI
2)      Pengantar Penyusunan Butir Soal
3)      Telaah Kisi-Kisi Soal
4)      Praktik Penyusunan Butir Soal Manual
5)      Praktik Penyusunan Soal Online
6)      Praktik Pengelolaan Platform Evaluasi Online

3.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Struktur aktivitas kegiatan Pelatihan Indonesia Digital Learning (IDL) ada 30 jam pelajaran dengan struktur aktivitas mencakup :
No
Uraian Materi
Waktu (Jam)
1
Kebijakan Dikdasmen PGRI
2 jam
2
Pengantar Penyusunan Butir Soal
4 jam
3
Telaah Kisi-Kisi Soal
4 jam
4
Praktik Penyusunan Butir Soal Manual
8 jam
5
Praktik Penyusunan Soal Online
10 jam
6
Praktik Pengelolaan Platform Evaluasi Online
2 jam

Jumlah Waktu
30 jam

4.      Tindak Lanjut
Guru sehabis mengikuti kegiatan ini telah melaksanakan tindak lanjut berupa:
a.       Menyusun butir soal
b.      Menelaah kisi-kisi soal
c.       Mempraktikkan penyusunan butir soal secara manual
d.      Menyusun soal secara online
e.       Mengelola platform penilaian online

5.      Dampak
Dampak yang dicapai melalui Pelatihan Indonesia Digital Learning (IDL) yaitu sebagai berikut:
a.       Menyusun butir soal sesuai dengan kaidah HOTS
b.      Mengetahui telaah kisi-kisi soal
c.       Mempraktikkan penyusunan butir soal secara manual
d.      Berhasil menyusun soal secara online
e.       Pengelolaan platform penilaian online






















LAMPIRAN

1.      Matrik ringkasan pelaksanaan pelatihan
2.      Fotocopy Surat Tugas
3.      Foto copy Sertifikat

MATRIK RINGKASAN PELAKSANAAN DIKLAT

Nama Diklat
Tempat Kegiatan
Jumlah Jam Kegiatan Diklat
Nama Fasilitator
Mata Diklat/ Kompetensi
Nama Penyelenggara Kegiatan
Dampak
Pelatihan Indonesia Digital Learning (IDL)
Hotel Sahid Raya, Kota Surakarta
30 jam pelajaran
Prof. Dr. Richardius Eko Indrajit, M.Sc., M.BA.
1)      Kebijakan Dikdasmen PGRI
2)      Pengantar Penyusunan Butir Soal
3)      Telaah Kisi-Kisi Soal
4)      Praktik Penyusunan Butir Soal Manual
5)      Praktik Penyusunan Soal Online
6)      Praktik Pengelolaan Platform Evaluasi Online
-          Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI)
-          PT. Telekomunikasi Indonesia
-          Menyusun butir soal sesuai dengan kaidah HOTS
-          Mengetahui telaah kisi-kisi soal
-          Mempraktikkan penyusunan butir soal secara manual
-          Berhasil menyusun soal secara online
-          Pengelolaan platform penilaian online



Sumber http://rahmahuda.blogspot.com