Tuesday, February 26, 2019

√ Cara Gampang Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Memakai Cmd

Cara Shutdown Windows Dengan Timer – Pernahkan Anda menemukan komputer yang tiba-tiba mati (shutdown) padahal Anda sendiri tidak melaksanakan perintah apapun? Yang aku maksud disini bukan berarti komputer mendadak mati sebab putusnya pedoman listrik (mati lampu) atau ada perangkat komputer yang rusak. Namun komputer mati mendadak padahal tidak ada satupun perangkatnya yang bermasalah. Mungkin saja penyebab komputer shutdown sendiri tersebut sebab mulanya telah disetting sebuah timer. Sehingga dalam hitungan waktu yang telah ditentukan maka tiba-tiba komputer akan shutdown secara otomatis. Nah disini aku akan memperlihatkan cara mematikan komputer Windows dengan waktu (timer).


Baca Juga : Cara Praktis Mempercepat Proses Shutdown Komputer Windows Ga Pake Lama


Jika kita sudah tahu cara setting komputer Windows untuk shutdown otomatis menurut timer, maka kedepannya dapat kita gunakan kalau Anda malas untuk mematikan komputer. Tentunya Anda tidak perlu repot untuk melaksanakan perintah shutdown sebab nantinya komputer akan mati sendiri.


 Pernahkan Anda menemukan komputer yang datang √ Cara Praktis Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Menggunakan CMD


Dalam praktik shutdown komputer Windows dengan timer kali ini yaitu memakai Command Prompt atau lebih dikenal dengan sebutan CMD. Apa itu Command Prompt atau CMD?


Command Prompt (Executable cmd.exe) ialah sebuah fitur yang tersedia secara default di setiap Opreasi Sistem Windows. Command Prompt atau DOS Prompt akan ada disetiap versi Windows, mulai dari Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Fungsinya ialah sebuah baris perintah (command line) untuk mengeksekusi file komputer melalui cara pintas yaitu menuliskan perintah tertentu pada jendela CMD yang disediakan.


Banyak sekali kegunaan Command Prompt ini, menyerupai mengetahui IP Address komputer,  mengetahui sistem operasi Windows yang digunakan, dan untuk melaksanakan shutdown komputer dengan timer menyerupai yang akan dibahas kali ini.


Fungsi Command Prompt dapat juga kita manfaatkan untuk meng-handle Windows bermasalah saat terjangkit virus, dapat membuka layanan konfigurasi komputer, dan masih banyak lagi.


Dengan memakai layanan CMD maka kita dapat mengeksekusi sebuah perintah lebih cepat lagi. Dan lagi untuk mengakses Command Prompt ini tentunya lebih ringan dibanding dengan mengakses program-program lainnya.


Berikut Cara Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Menggunakan Command Prompt (CMD)


Hebatnya lagi selain dapat dipakai untuk memilih perintah shutdown dengan timer, kita juga dapat menciptakan sebuah pesan singkat yang akan tampil saat komputer akan mati. Kegiatan ini dapat kita praktikkan untuk menarik hati komputer teman.


Untuk menjalankan Command Prompt (CMD) silakan Anda ketik cmd pada run komputer Anda. Untuk membuka run dapat dari Start > Run atau lebih cepat lagi memakai kombinasi Windows + R pada keyboard.


 Pernahkan Anda menemukan komputer yang datang √ Cara Praktis Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Menggunakan CMD


Disini aku akan menciptakan agenda pengaturan timer shutdown komputer dalam waktu 10 menit. Pada layar CMD Anda cukup mengetikkan perintah menyerupai ini : shutdown -s -t 600.


 Pernahkan Anda menemukan komputer yang datang √ Cara Praktis Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Menggunakan CMD


Artinya parameter -s ialah perintah untuk shutdown dan parameter -t ialah waktu agenda shutdown dalam hitungan satuan detik. Kemudian menyerupai yang sudah aku jelaskan diatas bahwa selain kita dapat menciptakan timer shutdown dan lagi kita dapat juga menciptakan pesan singkat. Tulis pesan singkat yang ingin kita sampaikan dengan menambahkan parameter -c setelah parameter -s dengan memakai tanda kutip (“). Contoh aku ingin menciptakan pesan “Jangan kaget! Komputer ini akan mati dalam waktu 10 menit”. Maka kesudahannya akan menyerupai ini : shutdown -s -c “Jangan kaget! Komputer ini akan mati dalam waktu 10 menit” -t 600.


 Pernahkan Anda menemukan komputer yang datang √ Cara Praktis Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Menggunakan CMD


Jika Anda ingin membatalkan perintah shutdown tersebut, caranya sangat gampang Anda tinggal memakai parameter -a. Kira-kira kesudahannya akan menyerupai ini : shutdown -a.


 Pernahkan Anda menemukan komputer yang datang √ Cara Praktis Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Menggunakan CMD


Bagaimana gampang bukan? Silakan selamat mencoba Cara Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Menggunakan CMD. Semoga sukses dan agar artikel ini ada manfaatnya. Anda memiliki trik Windows lainnya? Silakan sampaikan di kotak komentar atau dikirim melalui kotak pesan!



Sumber https://info-menarik.net