Friday, February 22, 2019

√ Membangun Kekerabatan Di Luar Lembaga Resmi



Anies Baswedan memperlihatkan nasihat kepada para mahasiswa Universitas Indonesia. Saya melihatnya pada salah satu video yang diunggah di youtube. Anies Baswedan pada pada dasarnya menyampaikan bahwa para mahasiswa harus dapat memanfaatkan kesempatan menjadi mahasiswa dengan sebaik-baiknya.

Salah satu kesempatan yang dilarang ditinggalkan oleh mahasiswa ialah membangun kekerabatan baik dengan dosen. Membangun kekerabatan yang baik dengan dosen tidak hanya dilakukan di dalam ruang ruang kelas. Namun juga dilakukan di luar ruang kelas.

Misalnya dikala masih mahasiswa, Anies Baswedan dan teman-temannya sering melaksanakan kunjungan ke rumah para dosen. Mereka saling bertukar pikiran. Melalui acara ini Anies Baswedan dan teman-temannya mengetahui kapasitas dosennya. Para dosen pun mengetahui kapasitas Anies Baswedan dan teman-temannya.

Interaksi di luar kelas ini menjadi jembatan membangun kekerabatan yang baik. Interaksi dua arah ini juga seringkali menjadi ajang untuk saling mengundang. Dosen diundang mengisi kegiatan mahasiswa. Mahasiswa diundang dosen untuk ikut serta dalam kegiatan akademik, penelitian misalnya.

Hikmah Cerita
Dalam konteks dunia kerja, membangun kekerabatan di luar jam kerja sangatlah penting. Tak jarang "deal-deal" penting tidak terjadi di atas forum-forum rapat resmi. Bisa terjadi di atas meja makan atau bahkan di lapangan golf.

Bagi guru menyerupai saya, kesempatan berinteraksi di luar kelas dengan para siswa sangatlah penting. Begitu pula dengan para atasan. Interaksi di luar lembaga resmi dengan sahabat sejawat, kepala sekolah, pengawas, pejabat dinas pendidikan harus ditingkatkan.

Interaksi di luar lembaga resmi secara sederhana dapat berupa saling senyum sapa, salam dan menanyakan kabar saling mendoakan. Ini hal penting yang sering kali terlewatkan. Bahkan ada beberapa tipe orang yang cenderung menghindari interaksi di luar lembaga resmi. Mari berlatih membangun hubungan!

Borobudur, 11 Desember 2018
Sumber http://rahmahuda.blogspot.com