Friday, February 22, 2019

√ Rumus Mengambil Sebagian Data Angka Dari Data Format Teks

Rumus Mengambil Data Angka dari Data Format Teks bertujuan untuk mengambil sebuah data dari cell yang mempunyai format teks. Biasanya penggunaan rumus ini yaitu untuk mencari sebuah data numerik atau angka bukan abjad sehingga apabila terjadi penjumlahan dengan memakai formula SUM maka data tersebut akan benar.

Untuk lebih jelasnya ikuti ilustrasi berikut ini.
Dalam sebuah data penggkodean sebuah barang biasanya tidak selamanya memakai abjad untuk melainkan ada identitas angka untuk memilih berapa harga barang tersebut. Misalnya aku punya instruksi barang "MTR-250-10" instruksi tersebut yaitu barang sebuah instruksi barang dengan jenis "Monitor" dengan harga 250.000 dan angka 10 merupakan urutan jenis barang monitor.
Untuk memecahkan problem ini tentu kita harus memisahkan instruksi 250 menjadi sebuah data value yang nantinya dapat dijumlahkan.

Coba Anda ketikkan di cell C2 "MTR-250-10" lalu di cell C3 ketikkan MTR-200-10 jikalau Anda mengetikkan rumus untuk memisahkan angka 250 pada instruksi MTR-250-10 dan angka 200 pada instruksi MTR-200-10 maka Anda cukup mengetikkan rumus MID dengan formula =MID(A2,5,3) dan =MID(A3,5,3)



Jika sudah simpulan silakan jumlahkan data B2 dan B3 di cell B4 dengan rumus =SUM(B2:B3) menyerupai gambar dibawah ini


Kemudian tekan enter, seharusnya rumus SUM tersebut akan menjumlahkan angka 250+200 dan alhasil 450 namun apa yang terjadi? rumus penjumlahan tersebut akan menghasilkan nilai 0 sebab data B2 dan B3 mempunyai nulai bukan value. Ga percaya? silakan lihat hasilnya


Untuk mengambil data dari angka teks dalam sebuah instruksi barang tentu harus merubahnya ke dalam bentuk data value maka yang benar rumus nya yaitu =VALUE(MID(A2,5,3))


Jika ditekan enter alhasil akan sama yaitu bernilai angka 250 Lalu tulislah juga rumus di cell C3 dengan formula =VALUE(MID(A3,5,3)) lalu tekan enter hasilkan juga akan sama dengan yang sebelah kiri yaitu 200 lalu silakan jumlahkan dengan memakai rumus =SUM(C2:C3) lihat alhasil akan bernilai 450


Ok, rumus diatas yaitu bagaimana cara merubah data teks ke dalam format value sehingga data angka tersebut dapat dijumlahkan maupun dioleh dengan aneka macam rumus lainnya. Sekian, agar artikel Rumus bagaimana mengambil sebagian data angka dari format teks ini bermanfaat dan SELAMAT BELAJAR EXCEL

Sumber http://www.excel-id.com/