Monday, March 4, 2019

Tradisi Dan 7 Diam-Diam Menang Tabrak Ayam Di Indonesia

- Asal seruan s4bong 4yamTradisi s4bong 4yam di Indonesia sudah berabad-abad dan sampai kini masih berkembang di kalangan masyarakat meskipun telah dihentikan oleh pemerintah alasannya merupakan salah satu bentuk perjodian. Namun budaya s4bong 4yam ini merupakan salah satu tradisi di Indonesia yang telah turun temurun dari nenek moyang zaman dahulu kala. Bagimanakah asal seruan s4bong 4yam di Indonesia dan apakah s4bong 4yam ngeri?

Tradisi s4bong 4yam di Indonesia sudah berabad Tradisi Dan 7 Rahasia Menang Sabung Ayam Di Indonesia

Inilah Sejarah Tradisi Sabung Ayam di Indonesia Sudah Berabad-abad

Tradisi s4bong 4yam di Indonesia ternyata sudah berabad-abad, s4bong 4yam ini harus lebih dicermati lagi antara perjodian dan ritual agama. Sabung ayam awalnya merupakan ritual yang dijalankan agama dan akhlak keras di pulau Jawa. Nah seiring berkembangnya tradisi ini, sudah masuk ke pulau-pulau lainnya. Nah bagaimanakah perkembangan tradisi s4bong 4yam ini? Yuk disimak sejarah s4bong 4yam berikut.

1. Tradisi Sabung Ayam Pulau Jawa

Sejarah s4bong 4yam di Jawa berasal dari kisah rakyat yaitu Cindelaras. Raja Jenggala memutuskan untuk mengadu ayam sakti Cindelaras dengan ayam miliknya, cara bermain s4bong 4yam dalam pertarungan itu, ayam Cindelaras kalah maka ia harus di aturan pancung tetapi kalau menang maka setengah kekayaan Raja Jenggala menjadi milik Cindelaras. Aturan s4bong 4yam dalam pertarungan ayam tersebut ternyata ayam Cindelaras bisa mengalahkan ayam sang raja hanya dalam beberapa menit saja. Akhirnya Raja Jenggala mengakui kehebatan ayam Cindelaras dan mengakui bahwa ia yaitu putranya yang lahir dari permaisurinya yang telah di asingkan alasannya rasa iri dari selir kerajaan.

Selain itu, ternyata budaya ayam sabung juga berperan penting dalam pembentukan politik di tanah jawa ini, pasalnya dahulu kala kerajaan Singosari mengadakan s4bong 4yam dan dalam program tersebut dihentikan membawa senjata apapun juga salah satunya yaitu keris.

Anusapati berencana untuk mengikuti program s4bong 4yam itu, namun ibu Anusapati yaitu Ken Dedes menasehatinya biar tidak melepaskan keris yang menempel di tubuhnya. Pada ketika program s4bong 4yam berlangsung, trik s4bong 4yam Anusapati yaitu melepaskan keris yang dibawanya dan ternyata pada ketika s4bong 4yam berlangsung terjadi kekacauan yang sangat besar sampai menewaskan Anusapati yang di bunuh oleh Tohjaya yang merupakan adik kandung Anusapati.

2. Tradisi Sabung Ayam Pulau Bugis

Dalam masyarakat Bugis ternyata s4bong 4yam telah dikenal semenjak usang dan telah menempel sampai kini. Menurut Gilbert Hamonic bahwa masyarakat bugis populer dengan mitologi ayamnya, hal ini sanggup dibuktikan dengan pertolongan gelar kepada sultan Hasanudin yaitu Haanties van het oosten yang berarti ‘ayam jantan dari timur’.

Tokoh Sawerigading yang merupakan tokoh utama dalam epic mitik menyukai s4bong 4yam, hal ini telah diceritakan dalam kitab La Galigo. Dalam aturan kitab itu diceritakan, cara bermain s4bong 4yam yaitu seorang laki-laki sejati haruslah bisa meminum arak dan menyabung ayam. Dalam aturan tersebut dikatakan bahwa tradisi s4bong 4yam wajib untuk setiap laki-laki yang sudah beranjak dewasa. 

Cara licik s4bong 4yam di pulau bugis ternyata sangat tidak dibolehkan, kalau ada saja pemain yang bermain licik maka tentu saja ia harus membayar denda yang sangat besar dalam bentuk uang dan harus mengorbankan ayamnya sendiri untuk disemblih.

3. Tradisi Sabung Ayam Pulau Bali

Di Bali, cerita s4bong 4yam dinamakan ‘Tajen’ yang berasal dari tabuh rah yang merupakan salah satu upacara akhlak masyarakat Hindu. Upacara ini bertujuan untuk mengagungkan dan mengharmoniskan kekerabatan korelasi insan dengan Buddha yang agung. Dalam upacara ini memakai beberapa binatang peliharaan untuk dikurbankan yaitu kerbau, babi, itik, ayam, dan binatang ternak lainnya. Cara pengorbanan hewan-hewan ini yaitu dengan menyembelih pecahan leher binatang sehabis dibacakan mantra oleh pemuka agama. Upacara akhlak yang memakai s4bong 4yam yaitu lontar Yadnya Prakerti, s4bong 4yam dalam upacara akhlak ini bertujuan untuk mengadakan pertarungan suci dan ternyata tradisi ini telah dilakukan semenjak purba. Hal ini berdasarkan prasasti Batur dan prasasti batuan pada tahun 944 saka.

Baca Juga: Alasan Burung Terbang Dengan Formasi V + Foto Formasi V Burung

Tradisi s4bong 4yam di Indonesia sudah berabad Tradisi Dan 7 Rahasia Menang Sabung Ayam Di Indonesia
Foto Sabung ayam di Bali

7 Cara Curang Adu Ayam

  1. Menaruh racun pada air pemandian ayam aduan musuh
  2. Menaruh racun pada masakan atau minuman ayam aduan musuh
  3. Menaruh bubuk cabe biar mata ayam musuh buta atau buram
  4. Memasang racun pernapasan pada ayam musuh
  5. Memasang racun pada taji
  6. Mencabut bulu ayam sendiri ketika umur muda, dan pada ketika aduan bulu ayam terebut terkesan muda, dan lawannya yaitu ayam muda yang lemah yang tidak setara dengan ayam aduannya
  7. Ayam dikasih putih telur dan perban pada kakinya, ini biar dikira sedang sakit sehingga bisa mendapat lawan yang lebih lemah 
Itulah beberapa informasi seputar sejarah tradisi s4bong 4yam di Indonesia sudah berabad-abad dan sampai kini masih banyak dilakukan oleh masyarakat meskipun telah dihentikan oleh pemerintah alasannya kini ini telah banyak dijadikan sebagai media mendapat uang.

Nah begitulah carita perkembangan tradisi s4bong 4yam di Indonesia dan rahasia s4bong 4yam, bagaiamanakah berdasarkan anda? Fakatakah s4bong 4yam resmi di Indonesia?

Terima kasih telah membaca artikel berita s4bong 4yam, semoga anda memahami tradisi s4bong 4yam resmi di Indonesia dan 7 cara licik s4bong 4yam.

Baca Juga: Sejarah Elang Jawa, Ciri, Populasi, Dampak Perburuan & Tempat Penangkaran Elang Jawa

Sumber http://www.faktakah.com