Monday, March 4, 2019

√ Penerjunan Ppl Ppg Di Sd Muhammadiyah Kadisoka

Dari kiri ke kanan, Bapak Mustamin Amir, M.Pd. Kepala SDM Kadisoka; Ibu Wening, Penanggungjawab KBM SDM Kadisoka; Dra. Tri Wati Rahayu, Dosen Pendamping PPL PPG UAD; dan , S.Pd., akseptor PPL PPG Dalam Jabatan.

Saya pada hari Senin ini (5/11/2018) memulai tahapan gres dalam rangkaian acara PPG dalam jabatan, yaitu mengikuti acara praktek pengalaman lapangan (PPL). Saya menerima sekolah PPL di SD Muhammadiyah Kadisoka, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. SD Muhammadiyah kadisoka merupakan sekolah laboratorium Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Wajar kalau sekolah ini banyak dilibatkan untuk pengembangan keilmuan terutama pada bidang pendidikan sekolah dasar.

Saya beserta sembilan rekan PPL PPG Dalam Jabatan diterima secara eksklusif oleh Kepala SD Muhammadiyah Kadisoka, Bapak Mustamin Amir, M.Pd. Bapak Mustamin didampingi oleh Ibu Wening selaku Penanggungjawab KBM SD Muhammadiyah Kadisoka mendapatkan secara simbolis akseptor PPL dari Ibu Dra. Tri Wati Rahayu, M.Hum.

Ibu Tri merupakan dosen pendamping PPL PPG Dalam Jabatan. Beliau menyampaikan bahwa PPL akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 2 hingga 19 November 2018. Kegiatan PPL tidak hanya mengajar. Namun juga acara persekolahan. Ibu Tri berharap kepada para akseptor PPG untuk terlibat dalam acara persekolahan. Misalnya acara penyambutan akseptor didik dikala tiba ke sekolah.

Profil Singkat SDM Kadisoka
Kepala SD Muhammadiyah kadisoko menambahkan bahwa SDM kadisoko ini dikelola oleh stakeholder yang sangat berkompeten. Ketua Komite SDM Kadisoka yaitu Profesor Sutrisno, guru besar Universitas Islam Indonesia. Penasehat SDM Kadisoka yaitu DR. Kasiyarno, M.Hum., Rektor Universitas Ahmad Dahlan. Semua putra-putri Rektor UAD bersekolah di SDM Kadisoka.

Bu Wening menawarkan suplemen klarifikasi kepada kami terkait jadwal harian sekolah. Siswa masuk pukul 06.40 WIB. Dilanjutkan dengan mengaji al-quran hingga pukul 07.00 WIB. Kepulangan siswa kelas 1 dan 2 sehabis sholat dhuhur berjamaah. Sedangkan kelas 3, 4, 5 dan 6 dipulangkan sekitar jam 15.00 WIB sehabis sholat Ashar berjamaah.

Ibu Wening juga menjelaskan bahwa bapak ibu guru yang mendapatkan jatah piket harus sudah hingga di sekolah pukul 06.10 WIB. Bagi bapak-ibu guru yang tidak piket wajib tiba ke sekolah maksimal puk 06.20 WIB. Tuntutan untuk tiba sangat awal ditanggapi dengan kebijakan sekolah berupa penyediaan sarapan pagi dan makan siang bagi bapak-ibu guru SDM Kadisoka.

Pada selesai acara penerjunan PPL terjadi janji antara pemangku jabatan di SD Muhammadiyah Kadisoka, Dosen Pendamping PPL dan para akseptor PPG Dalam Jabatan. Ketiga pihak bersepakat untuk saling mengisi kekurangan masing-masing. Pengisian kekurangan ini sanggup dilakukan melalui acara derma masukan kritik dan saran terhadap apa yang dianggap kurang pas. Harapannya acara PPL ini sanggup menawarkan laba bagi semua pihak dan tidak ada pihak-pihak yang dirugikan.

Sumber http://rahmahuda.blogspot.com