Saturday, April 27, 2019

√ Cara Merubah Karakter Besar Menjadi Kecil

Cara cepat merubah karakter besar menjadi kecil atau sebaliknya pada Ms. Excel. Trik cepat ini biasanya dipakai saat mengiolah data dalam jumlah yang banyak. Jika Anda membayangkan saat telah tamat mengetik data di Excel dalam jumlah ribuan dengan memakai karakter besar atau kapital, sementara user atau Manager Anda ingin merubahnya dengan memakai karakter kecil, betapa tidak mengecewakan Anda harus mengetikkan ulang data tersebut.

Di excel ada kemudahan cara merubah karakter besar menjadi kecil atau sebaliknya ialah dengan memakai formula = PROPER(cell). Dengan formula tersebut maka data yang ada di suatu cell akan dirubah menjadi karakter kecil dan hanya karakter awalnya saja yang besar dari setiap kata.

Mari kita lihat referensi kasus excel berikut :



Dari gambar diatas goresan pena nama yang memakai karakter kapital akan dirubah menjadi memakai karakter kecil. Bagaimana caranya? Anda cukup gunakan rumus di cell B1 dengan formula =proper(A1) lalu tekan enter

Untuk nama yang dibawahnya Anda tidak usah menuliskan kembali rumus, Tinggal tarik ajah rumus tersebut ke bawah dan lihat hasilnya.


Dari gambar diatas terperinci bahwa merubah karakter besar menjadi kecil dapat dilakukan di excel dengan cepat dan gampang tanpa harus mengetikkan kembali data yang sudah ada.

Demikian goresan pena bagaimana cara merubah karakter besar menjadi kecil, agar goresan pena ini bermanfaat. dan tunggu tutorial serta trik excel selanjutnya.
Sumber http://www.excel-id.com/