Sunday, April 21, 2019

√ Mengenal Macro Di Ms. Excel

Mengenal lebih detail wacana Macro di Excel, Salah satu kelebihan Microsoft Excel ialah adanya satu kemudahan yang berjulukan macro. Fasilitas ini memiliki fleksibilitas dimana user sanggup membentuk dan mengarahkannya untuk aneka macam macam kepentingan dalam koridor otomatisasi. Dari yang sederhana hingga yang bisa berreplikasi menyerupai virus macro. Macro juga bisa menciptakan aplikasi-aplikasi excel yang cukup sempurna.

Apa Sih macro itu ?


Macro merupakan kumpulan perintah - perintah dalam Excel yang dirangkai menjadi satu perintah. Macro berupa script dengan memakai bahasa pemrograman VB Sehingga pekerjaan yang berulang - ulang sanggup dilakukan secara otomatis dan mudah. Hal ini akan sangat menguntungkan ketimbang melaksanakan perintah - perintah secara satu per satu dan berulang - ulang. Contoh yang sederhana contohnya pembaca sering menuliskan suatu kata atau kalimat yang sama secara terus - menerus, maka yang semacam ini sanggup dibuatkan macronya sehingga pekerjaan mengetik menjadi lebih cepat dan gampang serta tidak membuang - buang waktu.

Cara Mengaktifkan Macro Bawaan Microsoft Excel


Sebenarnya semua perintah - perintah yang ada dalam Excel merupakan macro. Misalnya ketika pembaca menentukan hidangan File lalu Save, maka Excel akan menjalankan macro yang berjulukan FileSave. Begitu juga ketika pembaca menentukan hidangan Help lalu About Microsoft Excel, maka akan dijalankan macro HelpAbout sehingga tampil kotak About Microsoft Excel. Cobalah jalankan aplikasi Excel lalu pilihlah Office button lalu klik excel options, maka akan dihadapkan pada kotak obrolan excel options. Selanjutnya pada kotak tersebut ceklis show developer tab in the ribbon lalu klik OK sehingga akan muncul hidangan Depelover di hidangan Excel.

Bila seorang user menciptakan sebuah macro dengan nama yang sama dengan nama macro yang telah ada dalam Excel commands, maka Microsoft Excel akan mendahulukan macro yang dibentuk oleh user.

Bagaimana Cara Membuat Macro


Ada dua cara untuk menciptakan macro; memakai macro recorder atau memakai editor Visual Basic yang telah disertakan ketika pembaca menginstall Microsoft Excel.

Membuat Macro Menggunakan Macro Recorder

Pada hidangan depelover silakan klik sub hidangan Record Macro


Membuat macro memakai Visual Basic Editor

perhatikan berikut ini, untuk menampilkan gambar menyerupai di bawah ini anda cukup klik hidangan developer lalu klik sub hidangan Visual Basic maka akan muncul gambar menyerupai berikut ini

Demikian artikel wacana mengenal Macro Excel ini supaya Anda bisa berguru menciptakan macro excel untuk lebih memaksimalkan Ms. excel. Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh-contoh macro buatan jago-office.

Contoh Macro Excel - Nonaktifkan Klik Kanan
Macro menciptakan tanggal Otomatis
Sumber http://www.excel-id.com/