Saturday, April 20, 2019

√ Rumus Right-Len-Find-Substitute Untuk Mencari Kata Di Excel

Fungsi rumus teks untuk mengolah kata di Ms. Excel diantaranya yaitu rumus yang akan dibahas pada posting kali ini. Rumus ini biasanya dipakai untuk mencari sebuah kata dengan memakai beberapa fungsi penggabungan rumus teks yaitu memakai rumus RIGHT, LEN, FIND, SUBSTITUTE.

Rumus untuk mencari kata terkahir pada sebuah cell di Ms. Excel memakai penggabungan beberapa rumus excel. Rumus yang dipakai terdiri dari 4 buah rumus antara lain :

Right

Len

Find

Substitute


Caranya sebagai berikut :
  1. Tulis nama lengkap di cell B2 dan nama terakhir di cell C2
  2. Kemudian tulis pula beberapa pola nama lengkap menyerupai gambar berikut
  3. Pada cell C2 Anda tuliskan rumus  =RIGHT(B3,LEN(B3)-FIND("#",SUBSTITUTE(B3," ","#",LEN(B3)-LEN(SUBSTITUTE(B3," ","")))))

  4. Jika selesai tekan enter lalu copykan rumus tersebut hingga di cell C5 dan silakan lihat akibatnya akan tampak menyerupai gambar berikut 


    Coba Anda perhatikan hasilnya, nama Ahmad Rustandi Subagyo mempunyai nama trakhir Subagyo ini merupakan hasil dari rumus yang Anda tuliskan diatas. Cukup gampang bukan? biar Anda dapat mengerjakan dan menuntaskan persoalan excel yang lebih rumit lagi dengan melihat pola penggabungan rumus diatas.

    Untuk lebih memudahkan dalam berguru excel silakan d0wnl0ad pola dari rumus right, len, find, dan substitute berupa file excel.



    Demikian tutorial excel kali ini biar dapat membantu.

Sumber http://www.excel-id.com/