Friday, December 23, 2016

√ Pembahasan Soal Usbn Matematika Sd-Mi Tahun 2019


Dalam kesempatan ini akan kami berikan pembahasan soal-soal USBN SD/MI tahun 2019.  Kami akan memperlihatkan lima soal dan cara membahasnya sebagai berikut. Perlu diketahui bahwa soal-soal yang keluar di dalam USBN tahun 2019 ada beberapa soal gres dan selama ini belum pernah keluar di tahun-tahun sebelumnya.

Untuk adhik-adhik siswa kelas 4, 5, dan 6, dengan diberikannya beberapa soal USBN ini dibutuhkan sanggup menambah keterampilan dan wawasan mengenai bentuk soal-soal yang diuji-kan.

Berikut 5 soal yang kami pilih untuk diselesaikan di web ini.


Dalam kesempatan ini akan kami berikan pembahasan soal √ Pembahasan Soal USBN Matematika SD-MI Tahun 2019




2. Siswa kelas VI terdiri atas 64 siswa wanita dan 48 siswa laki-laki. Siswa dari kelas tersebut akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Jumlah siswa wanita setiap kelompok sama banyak, begotu juga siswa laki-laki. Paling banyak kelompok yang sanggup dibuat yakni ....
   A.  32 kelompok
   B.  16 kelompok
   C.  8 kelompok
   D.  7 kelompok
Jawaban: B
Permasalahan wacana FPB. Menentukan paling banyak kelompok yang sanggup dibuat yakni memilih FPB dari 64 dan 48.
64 = 2 × 2 × 2 × 2 × 2 × 2
48 = 2 × 2 × 2 × 2 × 3
FPB = 2 × 2 × 2 × 2 = 16
Jadi, banyak kelompok yang dibuat ada 16 kelompok.



3. Azizah menggambar peta dari sebuah atlas yang tidak diketahui skalanya. Jarak kedua kota dalam atlas 8 cm. Pada tabel diketahui jarak sesungguhnya 180 km. Azizah memperbesar gambar peta 3 kali dari gambar atlas.  Skala gambar peta Azizah yakni ....
   A.  1 : 750.000
   B.  1 : 1.125.000
   C.  1 : 2.250.000
   D.  1 : 6.750.000
Jawaban: A
Permasalahan wacana skala.
Skala yakni jarak pada peta/atlas berbanding dengan jarak sebenarnya.
Azizah memperbesar gambar peta sebesar 3 kali.
Sehingga jarak kedua kota pada peta yang digambar Azizah yakni 3 x 8 = 24 cm.
Selanjutnya memilih skala peta Azizah.
Skala Peta = 24 cm : 180 km
= 24 cm : 18.000.000 cm
= 24 : 18.000.000
= 1 : 750.000
Jadi, skala gambar Azizah yakni 1 : 750.000.



4. Ditentukan abjad berbeda untuk menyatakan bilangan orisinil yang berbeda. Nili sebuah kata ditentukan oleh hasil perkalian bilangan-bilangan yang diwakili huruf-hurufnya. Diketahui A = 17, U = 1, K = 11, sehingg AKU = 187. jikalau nilai kata BUKU = 77, OBAT = 714, dan  KUNO = 165, nilai kata BATUK yakni ....
   A.  2.618
   B.  1.155
   C.  770
   D.  510
Jawaban: A
Diketahui A = 17, U = 1, K = 11, sehingg AKU = 187.
BUKU = 77 sehingga B x U x K x U = 77
                              B x 1 x 11 x 1 = 77
                                         B x 11 = 77
                                                B = 7
OBAT = 714 sehingga O x B x A x T = 714
                                 O x 7 x 17 x T = 714
                                  O x 119 x T  = 714
                                           O x T  = 7I4 : 119
                                           O x T  = 6
KUNO = 165 sehingga K x U x N x O = 165
                               11 x 1 x N x O = 165
                                      11 x N x O = 165
                                           N x O  = 165 : 11
                                           O x N  = 15
Perhatikan bahwa:
O x T  = 6    bisa ditulis  3 x 2 = 6
O x N  = 15  bisa ditulis  3 x 5 = 15
Dengan demikian diperoleh nilai O = 3, T = 2, dan N = 5.
Jadi, nilai BATUK = 7 x 17 x 2 x 1 x 11 = 2.618.


5. Berikut ini data ukuran sepatu yang terjual di sebuah toko selama satu minggu.
    39, 38, 36, 39, 36, 40, 39, 36, 39, 38,
    36, 39, 38, 38, 37, 37, 40, 38, 37, 37,
    36, 40, 38, 39, 37, 36, 39, 37, 36, 39,
    Modus data di atas yakni ....
   A.  39
   B.  38
   C.  37
   D.  36
Jawaban: A
Untuk memilih Modus pada soal menyerupai ini, cara mudahnya kita hitung satu persatu pada nilai yang ada di pilihan.
Ukuran  39 sebanyak 8 sepatu.
Ukuran  38 sebanyak 6 sepatu.
Ukuran  37 sebanyak 6 sepatu.
Ukuran  36 sebanyak 7 sepatu.

Oleh alasannya ukuran 39 paling banyak, maka modusnya yakni 39.

Demikianlah pembahasan soal-soal USBN matematika SD tahun 2019.
Cobalah Anda lihat tutorial cara menuntaskan soal-soal USBN lainnnya di bawah ini.
Semoga bermanfaat.








Sumber http://imathsolution.blogspot.com