Metode penelitian merupakan penentuan pendekatan penelitian sehingga diperoleh solusi yang sempurna atas dilema yang diteliti. Menurut Creswell (dalam Silalahi, 2012: 83) mengemukakan sebagai berikut:
Memilih paradigma penelitian sebagai pendekatan atau taktik penelitian dilakukan sesudah penelitian merasa cocok dengan fokus dan dilema penelitian. Ada dua pilihan pilihan paradigma dalam penelitian, yakni kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan variabel-variabel yang diteliti, maka penulis memakai paradigma penelitian kuantitatif.
Berdasakan pemilihan paradigma penelitian, maka pendekatan penelitian dalam penelitian ini memakai pendekatan penelitian kuantitaif deskriptif. Menurut Sugiyono (2012: 11), penelitian deskriptif merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa menciptakan perbandingan ataumeng hubungkan dengan variabel lain.
Melalui penelitian deskriptif ini, maka sanggup diperoleh citra mengenai penerapan TQM dan kinerja perusahaan pada PT Heinz ABC Indonesia.Jenis penelitian yang dipakai ialah penelitian eksplanatory (explanatory research) dengan metode penelitian survei korelasional. Penelitian survei berdasarkan Kerlinger dalam Sugiyono (2012: 7) ialah sebagai berikut:
Penelitian survey ialah penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari ialah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan tragedi relatif, distributif dan hubungan antar variabel. Sedangkan penelitian korelasional merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih.
Menurut Arikunto (2012: 245) sebagai berikut:
Informasi yang diperoleh dari penelitian survei sanggup dikumpulkan dari seluruh populasi dan sanggup pula dari hanya sebagian saja dari populasi. Survei yang dilakukan kepada semua populasi dinamakan penelitian survei populasi/penelitian sensus, sedangkan jikalau pengumpulan data hanya dilakukan pada sebagian dari populasi disebut sebagai survei sampel.
Dengan demikian, penelitian ini memakai statistik deskriptif yaitu statistik yang dipakai untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud menciptakan kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Dengan demikian, penulis memakai jenis penelitian eksplanatory dengan metode survei deskriptif, yakni penelitian untuk menerangkan hipotesis, yaitu efek penerapan TQM terhadap kinerja perusahaan pada PT Heinz ABC Indonesia.
Sumber http://tesisdisertasi.blogspot.com