RPP Matematika Kelas XII Semester 1 K13 Revisi 2018. Pada kesempatan ini kami ingin membagikan file RPP Matematika Kelas XII (12) Sekolah Menengan Atas semester 1 yang memakai kurikulum 2013 edisi Revisi 2018. Dikarenakan buku K13 edisi revisi 2018 tahun ini gres diluncurkan jadi otomatis guru yang mengajar di kelas XII mata pelajaran Matematika harus mengutak-atik RPP yang dimiliki sebelumnya dan mencocokkannya sesuai dengan materi yang terdapat di dalam buku K13 edisi revisi tahun 2018 ini. Memang diakui bahwa perkembangan mengenai perubahan materi yang terdapat di dalam kurikulum 2013 ini menciptakan para guru sedikit kewalahan, mereka harus menciptakan Perangkat Pembelajaran Baru yang diubahsuaikan dengan materi buku terbaru yang telah dikeluarkan oleh pemerintah.
Download RPP Matematika Kelas XII Semester 1 / Ganjil Terbaru 2018. Pada artikel ini akan kami sediakan link d0wnl0ad untuk sanggup dipakai dalam proses pengunduhan file RPP matematika kelas XII untuk semester 1. File yang kami bagikan berbentuk .rar, anda bisa pribadi mengunduhnya dan mengekstraknya di komputer masing-masing. Namun, dalam proses mengekstrak data Anda membutuhkan sebuah password, tapi passwordnya sudah kami sediakan pula pada halaman ini. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Contoh RPP yang kami bagikan ini sanggup di ubah-ubah sesuai dengan format yang dminta oleh pihak sekolah. Silahkan saja d0wnl0ad dan sesuaikan.
Berikut ini merupakan cuplikan isi dari RPP yang telah kami bagikan, Untuk sanggup melihat versi lengkap dengan gambarnya, Anda bisa pribadi mengunduhnya di link d0wnl0ad.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA/SMK …
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : XII / 1
Materi Pokok : Dimensi Tiga
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
A. Kompetensi Inti
- Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya.
- Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai kepingan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta alam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (Antartitik, titik ke garis, dan titik ke bidang).
4.1 Menentukan jarak dalam ruang (antartitik, titik ke garis, dan titik ke bidang).
C. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran dari pembelajaran perihal dimensi tiga ialah siswa bisa mendeskripsikan dan memilih jarak dalam ruang yang mencakup jarak antartitik, jarak titik ke garis, dan titik ke bidang. Pengalaman berguru yang dibutuhkan dalam pembelajaran adalah:
- mengamati dan mendeskripsikan duduk kasus jarak antartitik, jarak titik ke garis, dan titik ke bidang pada ruang,
- mengamati dan menerapkan konsep jarak antartitik, titik ke garis, dan titik ke bidang untuk menuntaskan duduk kasus pada dimensi tiga, dan
- Mengonstruksi rumus jarak dua titik dan jarak titik ke garis.
D. Materi Pembelajaran
Dimensi Tiga yang terdiri dari Subbab;
- Jarak titik ke titik
- Jarak Titik ke Garis
- Jarak Titik ke Bidang
Pembelajaran memakai metode problem solving. Pada proses pembelajaran terdapat proses mengati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan.
F. Media dan Bahan
1. Buku Paket
2. LKS
3. LCD Proyektor
4. Laptop
G. Sumber Belajar
Buku paket K13 revisi 2018
H. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
- Untuk memotivasi siswa, Guru sanggup meminta siswa untuk membaca biografi Euclid yang disajikan di buku siswa.
- Awal pembelajaran, siswa diberi pengantar perihal duduk kasus dalam kehidupan sehari-hari yang sanggup diselesaikan dengan memakai konsep jarak pada dimensi tiga. Masalah yang diajukan perihal biaya yang harus dikeluarkan untuk menciptakan atap rumah, yaitu kuda kuda kayu. Detail kuda kuda kayu disajikan dalam gambar berikut.
Selain duduk kasus kuda kuda di atas, sanggup diberikan pola lain menyerupai kamar tidur yang berbentuk balok, kotak makanan yang berbentuk kubus, kaleng susu yang berbentuk tabung dan lain lain.
b. Kegiatan Inti
Subbab 1.1. Jarak Antartitik
Mengamati
Pada kepingan Ayo Mengamati, siswa diminta untuk mengamati beberapa duduk kasus kehidupan sehari-hari yang berafiliasi dengan jarak pada dimensi tiga. Pertama, siswa diberi kubus ABCD.EFGH dan bidang yang memuat titik P, Q, dan R. Dari kubus tersebut dijelaskan jarak antartitik. Pada Masalah 1, siswa diberi duduk kasus perihal memilih lintasan terpendek dari suatu kota ke kota lain. Pada Masalah 2, siswa diberi duduk kasus perihal konsep jarak dari dua bangun.
- Guru meminta siswa untuk mengamati Gambar 1.4 pada Buku Siswa.
Masalah 1.1.
Masalah 1 memuat duduk kasus memilih lintasan terpendek dari dua kota. Minta siswa untuk mengamati Bangun 2.2 di buku siswa. Bangun 2.2 merupakan representasi dari kota yang dihubungkan dengan jalan. Pada Bangun 2.2 titik merepresentasikan kota dan segmen garis merepresentasikan jalan yang menghubungkan kota.
Tugasi siswa untuk memilih rute yang sanggup ditempuh Nasyitha dari A ke C dan menghitung panjang lintasannya. Kemudian instruksikan ke siswa untuk menulisnya pada Tabel 1.1.
Setelah siswa melengkapi Tabel 1.1, beri kesempatan siswa untuk memilih jarak antara kota A dan C.
Masalah 1.2
Masalah 2 berisi uraian perihal pengertian jarak antara berdiri G1 dan G2. Setelah siswa mengamati Masalah 1.1 dan Masalah 1.2, beri kesempatan kepada siswa untuk menuliskan istilah penting dari pengamatan pada daerah yang telah disediakan.
Menanya
Minta siswa untuk menulis pertanyaan dari masalah-masalah yang disajikan dalam kegiatan Ayo, Mengamati. Beri kesempatan kepada siswa untuk menulis dugaan yang mungkin muncul dari hasil pengamatan. Pertanyaan yang dibutuhkan muncul dari siswa adalah: (1) apa pengertian jarak antara dua titik?, (2) bagaimana memilih jarak antara dua titik?
Mengumpulkan Informasi
gambar, ada di file aslinya...
Menalar
Pada kegiatan Ayo Menalar, ajak siswa untuk mengonstruksi rumus jarak antartitik. Dalam mengonstruksi rumus, siswa diberi pengantar perihal cara kerja Radar.
Mengkomunikasikan
- Beri kesempatan kepada siswa untuk menciptakan kesimpulan perihal jarak antartitik.
- Minta siswa untuk menukarkan kesimpulan yang telah dibuatnya dengan siswa lain.
- Kemudian beri kesempatan kepada beberapa siswa untuk memberikan kesimpulannya.
- Setelah siswa selesai menciptakan kesimpulan dan mengomunikasikannya, minta siswa untuk mengerjakan soal latihan Subbab 1.1 Jarak Antartitik.
Subbab 1.2. Jarak Titik ke Garis
Mengamati
Pada kegiatan mengamati, minta siswa untuk mencermati Tabel 1.3. Pada Tabel 1.3 disajikan isu perihal jarak titik ke garis pada ruang dimensi tiga.
Setelah siswa mengamati, beri kesempatan kepada siswa untuk menuliskan istilah penting hasil pengamatan pada daerah yang telah disediakan.
Menanya
Minta siswa untuk menulis pertanyaan dari masalah-masalah yang disajikan dalam kegiatan Ayo, Mengamati. Beri kesempatan kepada siswa untuk menulis dugaan yang mungkin muncul dari hasil pengamatan. Pertanyaan yang dibutuhkan muncul dari siswa adalah: (1) Apa pengertian jarak titik ke garis? (2) Bagaimana memilih jarak titik ke garis?
Mengumpulkan Informasi dan Menalar
Pada kegiatan menggali isu dan menalar, siswa diberi tiga duduk kasus yaitu:
duduk kasus 4, duduk kasus 5, dan duduk kasus 6. Masalah 4 merupakan acara siswa dalam memilih jarak titik ke garis. Aktivitas tersebut diilustrasikan dari paku yang ditancapkan pada papan. Pada duduk kasus 5 siswa di beri kubus, lalu siswa diminta untuk memilih jarak titik ke diagonal. Pada duduk kasus 6, siswa diajak untuk mengonstruksi rumus memilih jarak pada suatu segitiga siku-siku.
Mengkomunikasikan
- Beri kesempatan kepada siswa untuk menciptakan kesimpulan perihal jarak titik ke garis.
- Minta siswa untuk menukarkan kesimpulan yang telah dibuatnya dengan siswa lain.
- Kemudian beri kesempatan kepada beberapa siswa untuk memberikan kesimpulannya.
Setelah siswa selesai menciptakan kesimpulan dan mengomunikasikannya, minta siswa
untuk mengerjakan soal latihan subbab 1.2 Jarak Titik ke Garis
Subbab 1.3. Jarak Titik ke Bidang
Mengamati
Pada kegiatan mengamati, minta siswa untuk mencermati Tabel 1.4 dan duduk kasus 2.7. Tabel 1.4 berisi isu perihal jarak titik ke bidang pada ruang dimensi tiga. Ajak siswa untuk mencermati isu dalam Tabel 1.4. Setelah siswa mencermati Tabel 1.4, minta siswa untuk mencermati duduk kasus 1.7.
Masalah 1.7 berisi isu perihal bagaimana memilih panjang tiang penyangga. Masalah ini merupakan penerapan konsep jarak titik ke bidang. Berikut disajikan Tabel 1.4 dan Masalah 7.
Setelah siswa mengamati, beri kesempatan kepada siswa untuk menuliskan istilah
penting hasil pengamatan pada daerah yang telah disediakan
Mengamati
Minta siswa untuk menulis pertanyaan dari masalah-masalah yang disajikan dalam kegiatan Ayo Mengamati. Beri kesempatan kepada siswa untuk menulis dugaan yang muncul dari hasil pengamatan. Pertanyaan yang dibutuhkan muncul dari siswa adalah: (1) Apa pengertian jarak titik ke bidang?, (2) Bagaimana memilih jarak titik ke bidang?
Mengumpulkan Informasi dan Menalar
Pada kegiatan menggali isu dan menalar, siswa diberi dua duduk kasus yaitu:
duduk kasus 1.8, dan duduk kasus 1.9. Masalah 1.8 merupakan acara siswa dalam memilih jarak titik ke bidang pada kubus. Pada duduk kasus 1.9 disajikan cara memilih jarak titik ke bidang pada limas
Mengumpulkan Informasi
- Beri kesempatan kepada siswa untuk menciptakan kesimpulan perihal jarak titik ke garis.
- Minta siswa untuk menukarkan kesimpulan yang telah dibuatnya dengan siswa lain.
- Kemudian beri kesempatan kepada beberapa siswa untuk memberikan kesimpulannya.
Setelah siswa selesai menciptakan kesimpulan dan mengomunikasikannya, minta siswa untuk mengerjakan soal latihan subbab2.3 Jarak Titik ke Bidang. Pembahasan soal latihan subbab 1.3 disajikan dalam kepingan penilaian dalam buku guru ini.
c. Kegatan Penutup
- Minta beberapa siswa untuk menyimpulkan hasil kegiatan belajar. Bersama-sama dengan siswa, berikanlah review dan penguatan terhadap kegiatan belajar.
J. Penilaian
1) Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap siswa sanggup dilakukan selama proses berguru berlangsung. Penilaian sanggup dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini contohnya dilihat acara dan tingkat perhatian siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Format penilaian sikap sanggup memakai pola Penilaian Jurnal Perkembangan Sikap sebagai berikut;
2) Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara menunjukkan kiprah mengerjakan soal latihan.
3) Penilaian Keterampilan
Penilaian Keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan siswa dalam diskusi dan mengerjakan permasalahan soal.
Untuk melihat file lengkap yang disertai dengan gambar pada RPP Matematika Kelas XII Semester 1 / Ganjil K13 Revisi 2018, Anda bisa pribadi mengunduhnya pada link d0wnl0ad di bawah ini. Untuk membuka file .rar nya anda bisa memakai password di bawah ini:
password: www.arsipguru.web.id
Link Download:
Sumber http://www.arsipguru.web.id