Wednesday, August 30, 2017

√ Rpp Ppkn Kelas Ix Smp Semester 1 K13 Revisi 2018

RPP PPKN Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Semester 1 K13 Revisi 2018. Setelah membagikan beberapa RPP, kini kami akan membagikan file RPP PPKN Kelas IX /  9 (Sembilan) Sekolah Menengah Pertama Semester 1 / Ganjil Kurikulum 2013 Revisi 2018 sesuai dengan buku terbaru K13 edisi Revisi 2018. Pada tahun ini, buku K13 revisi terbaru untuk kelas 9 gres saja dikeluarkan. Sebelumnya pada tahun 2017 masih memakai terbitan yang lama. Ada perbedaan materi yang diberikan kepada siswa untuk buku k13 sebelumnya dengan buku K13 edisi revisi 2018. Dan tentu saja para guru harus menciptakan perangkat pembelajaran yang menyesuaikan dengan materi yang terbaru yang terdapat di dalam buku K13 edisi revisi 2018 tersebut. 

Download RPP PPKn Kelas 9 Semester 1 Terbaru Revisi 2018. Maka dari itu, kami akan membantu sedikit kiprah dari pada guru dalam pembuatan perangkat pembelajaran khususnya RPP. Kami akan membagikan file teladan RPP PPKN kelas 9 semester 1 yang berbentuk file microsoft word yang sanggup diedit lagi dan ditambah sesuai dengan kebutuhan dan format dari masing-masing sekolah. 
 kini kami akan membagikan file RPP PPKN Kelas IX  √ RPP PPKN Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Semester 1 K13 Revisi 2018

Berikut ini cuplikan isi dari file RPP PPKN Kelas IX (9) Sekolah Menengah Pertama Semester 1 K13 Edisi Revisi 2018;

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : Sekolah Menengah Pertama …
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : IX/ 1
Materi Pokok : Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa
Alokasi waktu : 15 x 40 menit

A. Kompetensi Inti 
1. Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifkasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.1 Mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Menunjukkan sikap besar hati akan tanah air sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.
3.1 Membandingkan antara bencana dan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Merancang dan melaksanakan penelitian sederhana wacana bencana dan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.

Indikator
1. Menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam mewujudkan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
2. Menunjukkan sikap gotong royong, disiplin, dan bertanggung jawab dalam mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
3. Mendeskripsikan penerapan Pancasila sebagai dasar negara dari Masa ke Masa.
4. Menceritakan Penerapan Nilai-nilai Pancasila sesuai dengan Perkembangan Zaman.
5. Menampilkan Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam Berbagai Aspek Kehidupan.
6. Menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah wacana kiprah tokoh nasional dalam perwujudan Pancasila sebagai dasar negara.
7. Mendemonstrasikan kiprah tokoh nasional dalam perwujudan Pancasila sebagai dasar negara.

C. Tujuan Pembelajaran 
Setelah mengikuti pembelajaran, dibutuhkan penerima didik dapat;
1. Mendeskripsikan penerapan Pancasila sebagai dasar negara dari Masa ke Masa.
2. Menceritakan Penerapan Nilai-nilai Pancasila sesuai dengan Perkembangan Zaman.
3. Menampilkan Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam Berbagai Aspek Kehidupan.
4. Menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah wacana kiprah tokoh nasional dalam perwujudan Pancasila sebagai dasar negara.
5. Mendemonstrasikan kiprah tokoh nasional dalam perwujudan Pancasila sebagai dasar negara.

D. Materi Pembelajaran 
Materi Pembelajaran pada Bab 1 ini mencakup materi-materi berikut.
1. Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa
a. Masa Awal Kemerdekaan (1945 - 1959)
b. Masa Orde Lama (1959 - 1966)
c. Masa Orde Baru (1966 - 1998)
d. Masa Reformasi (1998 - sekarang)
2. Nilai-Nilai Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman
a. Hakikat ideologi terbuka
b. Kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka
3. Perwujudan nilai-nilai pancasila dalam aneka macam kehidupan

E. Metode Pembelajaran 
Pendekatan pembelajaran memakai pendekatan saintifk, model pembelajaran memakai discovery learning, metode diskusi dengan model pembelajaran bekerja dalam kelompok dan kajian dokumen historis.
Kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan saintifk mulai dari mengamati, menanya, mencari informasi, mengasosiasikan dan mengomunikasikan..

F. Media dan Bahan 
1. Buku Paket
2. LKS
3. LCD Proyektor
4. Laptop

G. Sumber Belajar 
Buku paket K13 revisi 2018

H. Langkah-langkah Pembelajaran 

1. Pertemuan Pertama (3x40 menit)
Kegiatan Pendahuluan
a. Peserta didik disiapkan secara fsik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran diawali dengan berdoa, menanyakan kehadiran penerima didik, kebersihan dan kerapian kelas, serta kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b. Memotivasi penerima didik dengan menyanyikan lagu wajib nasional, permainan, yel-yel, atau bentuk motivasi yang lain,
c. Melakukan apersepsi dengan tanya jawab mengenai Pancasila yang sudah dipelajari di kelas VII dan VIII.
d. Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
e. Guru membimbing penerima didik melalui tanya jawab wacana manfaat proses pembelajaran.
f. Menjelaskan materi latih dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan penerima didik.
g. Guru menjelaskan teknik dan bentuk evaluasi pembelajaran yang akan dilakukan.

Kegiatan Inti
a. Peserta didik dibuat menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok beranggotakan 4–5 orang.
b. Peserta didik diminta untuk mengamati Gambar 1.1 - Gambar 1.5 atau guru sanggup menayangkan video atau tayangan lain yang sesuai dengan tema upaya merubah Pancasila sebagai dasar negara.
c. Setelah mengamati gambar atau tayangan yang disampaikan oleh guru, peserta
didik dalam kelompok dibimbing oleh guru untuk menyusun pertanyaan sesuai dengan tujuan pembelajaran
d. Guru menawarkan motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
e. Guru mengamati keterampilan penerima didik baik secara perorangan maupun kelompok dalam menyusun pertanyaan.
f. Untuk mencari informasi dan mendiskusikan tanggapan atas pertanyaan yang sudah disusun penerima didik diminta untuk membaca uraian materi di buku PPKn Kelas IX Bab I subbab A, juga mencari melalui sumber berguru lain menyerupai buku rujukan lain dan internet.
g. Guru menugaskan penerima didik untuk mengerjakan kiprah kelompok 1.1
h. Peserta didik secara kelompok juga mencari informasi sesuai Tugas Kelompok
1.1 melalui buku, bertanya kepada guru, melaksanakan pengamatan, membuka Internet, dan sebagainya.
i. Peserta didik berdiskusi untuk mengolah informasi yang diperoleh penerima secara kelompok menyimpulkan wacana pengalaman sejarah mengubah dasar negara Pancasila.
j. Peserta didik secara kelompok menyimpulkan wacana pengalaman sejarah merubah dasar negara Pancasila pada periode awal kemerdekaan dan Orde Lama.
k. Peserta didik menyusun laporan hasil telaah Tugas Kelompok 1.1.
l. Laporan sanggup berupa display, materi tayang, maupun dalam bentuk kertas
lembaran. Manfaatkan sumber daya alam atau materi bekas yang ada di
lingkungan penerima didik untuk menciptakan materi tayang.
m. Guru menjelaskan tata cara penyajian kelompok.
1) Kelompok menyajikan secara bergantian materi tayang yang telah disusun
sebelumnya.
2) Moderator dipilih dari kelompok lain secara bergiliran.
3) Kelompok penyaji menyajikan materi paling usang 5 menit. Kelompok lain
memperhatikan penyajian kelompok penyaji dan mencatat hal-hal yang
penting serta mempersiapkan pertanyaan terhadap hal yang belum jelas.
4) Kelompok penyaji bertanya jawab dan melaksanakan diskusi dengan peserta
didik lain wacana materi yang disajikan paling usang 15 menit.
n. Peserta didik mendiskusikan dan menciptakan akad wacana tata tertib selama penyajian materi oleh kelompok, contohnya sebagai berikut.
1) Setiap penerima didik saling menghormati pendapat orang lain.
2) Mengangkat tangan sebelum menawarkan pertanyaan atau memberikan pendapat.
3) Menyampaikan pertanyaan atau pendapat sehabis dipersilahkan oleh moderator.
4) Menggunakan bahasa yang sopan dikala memberikan pertanyaan atau pendapat.
5) Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan orang lain.
o. Guru menjelaskan pedoman evaluasi selama penyajian materi, teladan aspek penilaian, mencakup beberapa hal berikut.
1) Kemampuan bertanya
2) Kebenaran gagasan/materi
3) Argumentasi yang benar dan logis
4) Bahasa yang dipakai (bahasa baku)
5) Sikap (sopan, toleransi, kerjasama)
p. Guru menawarkan konfrmasi terhadap tanggapan penerima didik dalam diskusi, dengan meluruskan tanggapan yang kurang sempurna dan menawarkan penghargaan bila tanggapan benar dengan kebanggaan atau tepuk tangan bersama.

Kegiatan Penutup
a. Bersama penerima didik guru menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanyajawab secara klasikal.
b. Melakukan refleksi atas manfaat pembelajaran yang telah dilakukan dan memilih tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan pengalaman sejarah mengubah dasar negara Pancasila, dengan meminta penerima didik menjawab pertanyaan berikut.
1) Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari penerapan Pancasila pada masa Orde Lama?
2) Apa sikap yang kalian peroleh dari pembelajaran yang telah dilakukan?
3) Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan?
4) Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan?
5) Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c. Guru menawarkan umpan balik atas pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d. Guru menawarkan kiprah semoga penerima didik membaca materi pertemuan berikutnya, yaitu wacana penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi.

2. Pertemuan Kedua (3x40 menit)
Kegiatan Pendahuluan
a. Menyiapkan penerima didik secara fsik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran yang diawali dengan berdoa, menanyakan kehadiran penerima didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b. Memotivasi penerima didik dengan menyanyikan lagu wajib nasional, permainan, yel-yel, atau bentuk motivasi yang lain.
c. Melakukan apersepsi dengan tanya jawab mengenai dinamika penerapan Pancasila sebagai dasar negara dari semenjak Proklamasi hingga dengan masa Orde Lama.
d. Guru memberikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
e. Guru membimbing penerima didik melalui tanya jawab wacana manfaat pembelajaran.
f. Guru menjelaskan materi latih dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan penerima didik.
g. Guru menjelaskan teknik dan bentuk evaluasi pembelajaran yang akan dilakukan.

Kegiatan Inti
a. Guru sanggup menayangkan gambar, video, atau menawarkan contohcontoh penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi.
b. Peserta didik diminta untuk menawarkan tanggapan, pertanyaan atau pernyataan terhadap tayangan gambar, video, atau teladan yang disampaikan oleh guru.
c. Peserta didik yang memberikan tanggapan, pertanyaan atau pernyataan mendapat apresiasi dari guru. Apresiasi sanggup berupa nilai, pujian, atau rewards dalam bentuk lain sesuai kondisi sekolah.
d. Peserta Didik diminta untuk mengerjakan Tugas Mandiri 1.1 dan Tugas Mandiri 1.2.
e. Untuk mengerjakan Tugas Mandiri 1.1 dan Tugas Mandiri 1.2 penerima  didik diminta untuk membaca buku teks pecahan 1 subbab A point 2 dan 3, mengunjungi perpustakaan, atau bila memungkinkan penerima didik bisa mencari sumber belajarnya dari internet.
f. Peserta didik menciptakan laporan hasil telaah terhadap Tugas Mandiri 1.1 dan Tugas Mandiri 1.2 dengan menuliskannya dalam buku catatan, atau bila memungkinkan penerima didik menuliskannya dalam komputer untuk selanjutnya dicetak dan dikumpulkan pada guru untuk mendapat nilai.
g. Secara bergiliran tiap-tiap penerima didik memberikan hasil telaahnya di depan kelas.
h. Guru menawarkan evaluasi terhadap hasil telaah penerima didik

Kegiatan Penutup
a. Guru membimbing penerima didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
b. Bersama-sama melaksanakan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan memilih tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan materi Penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi.
c. Guru menawarkan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu.
d. Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya dan menugaskan penerima didik untuk mempelajari Buku PPKn Kelas IX Bab 1 subbab B wacana Nilai-nilai Pancasila sesuai dengan Perkembangan Zaman.

Pertemuan Ketiga (3x40 menit) dan seterusnya silahkan lihat pada file Aslinya.... 

J. Penilaian 
1) Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap penerima didik sanggup dilakukan selama proses berguru berlangsung. Penilaian sanggup dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini contohnya dilihat kegiatan dan tingkat perhatian penerima didik pada dikala berdiskusi. Aspek yang diamati ialah ketakwaan, rasa syukur, jujur, disiplin, dan tanggung jawab.
Format observasi evaluasi sikap sanggup memakai teladan format

Pedoman Pengamatan Sikap
Kelas : ……………………….
Hari, Tanggal : ……………………….
Pertemuan Ke- : ……………………….
Materi Pokok : ……………………….
 tabel bisa dilihat di file aslinya... 
Skor evaluasi memakai skala 1 – 4, yaitu:
Skor 1, apabila sikap dan sikap penerima didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 2, apabila sikap dan sikap penerima didik adakala sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 3, apabila sikap dan sikap penerima didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 4, apabila sikap dan sikap penerima didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai.

Nilai = Skor Perolehan / 20 x 100

2) Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan.
Peserta didik diminta untuk mengerjakan Tugas Kelompok 1.1.
Penskoran Tugas Kelompok 1.1.
Tugas kelompok 1.1 diberi skor maksimal 10

Nilai  = Skor Perolehan / 10 x 100

3) Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan penerima didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam menawarkan masukan/saran pada dikala memberikan hasil telaah wacana penerapan Pancasila pada masa Orde Lama. Lembar evaluasi penyajian dan laporan hasil telaah sanggup memakai format di bawah ini, dengan ketentuan aspek evaluasi dan rubriknya sanggup diadaptasi dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru.

File sanggup diunduh melalui link d0wnl0ad di bawah ini. Gunakan password di bawah untuk mengekstrak file .rar ke microsoft word.
password: www.arsipguru.web.id

Link Download: 

Sumber http://www.arsipguru.web.id