RPP Sejarah Indonesia Kelas XII Semester 1 K13 Revisi 2018. Kali ini kami akan membagikan file RPP Sejarah Indonesia Sekolah Menengan Atas Kelas XII (Dua Belas) Semester 1 Terbaru yang memakai kurikulum 2013 (K13) edisi Revisi 2018 yang diadaptasi dengan buku teks keluaran terbaru edisi revisi 2018. Sudah menjadi sebuah tanggung jawab dan kewajiban para guru untuk menciptakan perangkat pembelajaran. Salah satunya yaitu yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang biasa disebut degan RPP. RPP yaitu salah satu perangkat yang paling rumit dibentuk oleh para guru. Setiap kali pemerintah merubah kurikulum, maka otomatis bahan pada mata pelajaran tertentu pastinya akan berubah, dan para guru juga akan menciptakan sebuah RPP gres yang menyesuaikan dengan kurikulum.
Download RPP Sejarah Indonesia XII Semester 1 Terbaru K13 Revisi 2018. Pada artikel ini sengaja kita akan ulas lebih dalam lagi mengenai RPP sejarah Indonesia khususnya kelas 3. Pada artikel ini kami juga akan memperlihatkan link yang sanggup dipakai untuk mengunduh file RPP tersebut yang berbentuk .docx yaitu format microsoft word. Jika sudah did0wnl0ad di komputer masing-masing, anda sanggup pribadi mengeditnya sesuai dengan harapan dan juga diadaptasi dengan format ajakan masing-masing sekolah, biasanya berbeda-beda meskipun format umumkan sudah ditentukan.
Berikut ini kami tampilkan cuplikan isi dari RPP Sejarah Indonesia Kelas XII Semester 1 K13 Revisi 2018. (Untuk versi lengkapnya yang disertai tabel dan gambar, silahkan pribadi d0wnl0ad file Contohnya pada link d0wnl0ad yang sudah disediakan).
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA/SMK …
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas / Semester : XII / 1
Materi Pokok : Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa
Alokasi waktu : 8 x 45 menit
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, damai), santun, responsif dan proaktif, sikap sebagai penggalan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingintahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara sanggup bangun diatas kaki sendiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
KD 3.1 Menganalisis upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi bahaya disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G 30 S/PKI.
KD 3.2 Mengevaluasi tugas dan nilai-nilai usaha tokoh nasional dan kawasan dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945-1965.
KD 4.1 Merekonstruksi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi bahaya disintegrasi bangsa antara lain: PKI Madiun, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, dan G30S/PKI.
KD 4.2 Menuliskan tugas dan nilai-nilai usaha tokoh nasional dan kawasan yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948-1965.
Indikator
Melalui aktivitas pembelajaran ini, siswa mampu:
3.1.1. Menganalisis aneka macam pergolakan kawasan yang terjadi di Indonesia antara tahun 1948 sampai 1965.
3.1.2. Mengaitkan insiden pergolakan kawasan yang terjadi di Indonesia antara tahun 1948 sampai 1965 dengan potensi bahaya disintegrasi pada masa sekarang.
3.1.3. Menjelaskan konflik-konflik atas dasar ideologi yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965.
3.1.4. Menganalisis kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam upaya menuntaskan konflik atas dasar ideologi yang terjadi antara tahun 1948-1965.
3.1.5. Menelaah akhir yang ditimbulkan oleh konflik atas dasar ideologi antara tahun 1948-1965
3.1.6. Mengidentifkasi konflik-konflik atas dasar kepentingan yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965.
3.1.7. Mengomunikasikan bahan mengenai konflik atas dasar kepentingan yang terjadi antara tahun 1948-1965.
3.1.8. Mengidentifkasi konflik-konflik yang berkait dengan sistem pemerintahan di Indonesia antara tahun 1948-1965, yaitu pemberontakan PRRI dan Permesta, serta duduk kasus negara federal dan BFO.
3.1.9. Mengomunikasikan bentuk-bentuk konflik antara tahun 1948-1965 yang terjadi atas dasar kepentingan serta dampak kontradiksi dalam hal sistem pemerintahan antara tahun 1948- 1965, bagi usaha dan persatuan bangsa Indonesia yang sedang menghadapi penjajah dan menata sistem pemerintahan.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, diharapkan penerima didik dapat;
1. Menganalisis upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi bahaya disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G 30 S/PKI.
2. Mengevaluasi tugas dan nilai-nilai usaha tokoh nasional dan kawasan dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945-1965.
3. Merekonstruksi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi bahaya disintegrasi bangsa antara lain: PKI Madiun, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, dan G30S/PKI.
4. Menuliskan tugas dan nilai-nilai usaha tokoh nasional dan kawasan yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948-1965.
D. Materi Pembelajaran
Bentuk-bentuk pergolakan di dalam negeri (1948-1965)
1. konflik dan pergolakan yang berkait dengan ideologi
2. konflik dan pergolakan yang berkait dengan kepentingan
3. konflik dan pergolakan yang berkait dengan sistem pemerintahan.
E. Metode Pembelajaran
1. Model: Student Facilitator and Explaining (Siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan siswa lainnya).
2. Pendekatan: scientifc, dengan langkah-langkah: mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan.
F. Media dan Bahan
1. Buku Paket
2. LKS
3. LCD Proyektor
4. Laptop
G. Sumber Belajar
Buku paket K13 revisi 2018
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pembelajaran pertama
1. Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
a. Guru mempersiapkan kelas semoga lebih aman untuk proses berguru mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi/absensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
b. Guru memberikan topik perihal “Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa”. Namun sebelum mengkaji lebih lanjut perihal topik itu, secara khusus guru mengadakan sesi perkenalan. Diusahakan masing-masing siswa bisa tampil untuk memperkenalkan diri (minimal sebut nama dan alamat), terakhir guru memperkenalkan diri.
c. Guru memperlihatkan motivasi dan mengajak bersyukur atas keberagaman yang terdapat di Indonesia.
d. Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai.
2. Kegiatan Inti (60 Menit)
a. Guru meminta siswa membaca bentuk-bentuk pergolakan dan konflik yang pernah terjadi dalam sejarah Indonesia selama masa tahun 1948-1965 dalam buku teks, halaman 7-8.
b. Guru menayangkan beberapa gambar potongan surat kabar yang memberitakan terjadinya konflik di Indonesia pada masa kini. Dalam Buku Siswa gambar ini terdapat pada halaman 6 (Gambar 1.1)
c. Siswa diminta untuk mengamati dan menganalisis gambar tersebut dan mengaitkannya dengan hasil bacaan mereka.
d. Guru meminta siswa untuk menuliskan hasil pengamatannya.
e. Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya.
f. Guru membuktikan semua bahan yang disajikan ketika itu dan mengaitkannya dengan bentuk-bentuk pergolakan dan konflik yang pernah terjadi dalam sejarah Indonesia selama masa tahun 1948-1965.
3. Kegiatan Penutup (15 Menit)
a. Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan bahan perihal “Bentuk-Bentuk Ancaman Disintegrasi Bangsa”.
b. Siswa melaksanakan refleksi perihal pelaksanaan pembelajaran dan pelajaran apa yang diperoleh sehabis berguru perihal topik “BentukBentuk Ancaman isintegrasi Bangsa”.
c. Guru sekali lagi menegaskan semoga para siswa tetap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menyebabkan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang beragam, dan mengajak siswa untuk memahami dan menyebabkan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang satu dan tidak terpecah belah oleh pertikaian.
d. Guru melaksanakan tanya jawab untuk mengukur ketercapaian Indikator Pembelajaran, contohnya dengan mengajukan pertanyaan lisan:
1). Apa saja bentuk pergolakan atau konflik yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965?
2). Antara tahun 1948-1965, pemberontakan apa sajakah yang berkait dengan duduk kasus kepentingan (vested interest)?
3). Sebutkan peristiwa-peristiwa konflik yang terjadi pada masa kini, dan jelaskan persamaan antara konflik-konflik tersebut dengan beberapa konflik atau pergolakan yang pernah terjadi antara tahun 1948-1965!
Pembelajaran Kedua dan seterusnya.....
J. Penilaian
Penilaian dilakukan memakai penilaian autentik yang mencakup penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Format penilaian sebagai berikut:
1. Penilaian Pengetahuan
format tabel penilaian pengetahuanbisa dilihat di file aslinya
2. Penilaian Keterampilan
Penilaian untuk aktivitas mengamati gambar gosip koran mengenai konflik yang terjadi di Indonesia dan mengaitkannya dengan bentukbentuk bahaya isintegrasi bangsa dalam sejarah Indonesia antara tahun 1948-1965.
format tabel penilaian keterampilan bisa dilihat di file aslinya
Keterangan:
a. Kegiatan mengamati dalam hal ini dipahami sebagai cara siswa mengumpulkan informasi faktual dengan memanfaatkan indra penglihat, pembau, pendengar, lidah dan peraba. Maka secara keseluruhan yang dinilai yaitu HASIL pengamatan (berupa informasi) bukan CARA mengamati.
b. Relevansi, kelengkapan, dan kebahasaan diperlakukan sebagai indikator penilaian aktivitas mengamati.
• Relevansi merujuk pada ketepatan atau keterhubungan fakta yang diamati dengan informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Kompetensi Dasar/Indikator Pembelajaran (TP).
• Kelengkapan dalam arti semakin banyak komponen fakta yang terliput atau semakin sedikit sisa (residu) fakta yang tertinggal.
• Kebahasaan memperlihatkan bagaimana siswa mendeskripsikan faktafakta yang dikumpulkan dalam bahasa tulis yang efektif (tata kata atau tata kalimat yang benar dan gampang dipahami).
c. Skor rentang antara 1 – 4
• 1 = Kurang
• 2 = Cukup
• 3 = Baik
• 4 = Amat Baik
* Demikianlah tadi beberapa cuplikan isi dari File RPP Sejarah Indonesia Sekolah Menengan Atas Kelas XII Semester 1 K13 Revisi 2018 yang telah kami bagikan. Semoga file ini bermanfaat. Untuk mengekstraknya, silahkan memakai password di bawah ini:
password: www.arsipguru.web.id
Link Download:
Sumber http://www.arsipguru.web.id