Karyawisata dalam arti metode mengajar mempunyai arti tersendiri, berbeda dengan karyawisata dalam arti umum. Karyawisata di sini berarti kunjungan ke luar kelas dalam rangka belajar.Contoh: Mengajak siswa ke gedung pengadilan untuk mengetahui sistem peradilan dan proses pengadilan, selama satu jam pelajaran. Jadi, karyawisa tadi atas tidak mengambil daerah yang jauh dari sekolah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Karyawisata dalam waktu yang usang dan daerah yang jauh disebut study tour.
Pengertian Metode Karyawisata berdasarkan beberapa tokoh, yaitu:
• Checep (2008) Metode karyawisata atau widyawisata ialah cara penyajian dengan membawa siswamempelajari bahan pelajaran di luar kelas. Karyawisata memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, sanggup merangsang kreativitas siswa, warta sanggup lebih luasdan aktual, siswa sanggup mencari dan mengolah sendiri informasi. Tetapi karyawisatamemerlukan waktu yang panjang dan biaya, memerlukan perencanaan dan persiapan yang tidak sebentar.
• Djamarah (2002). teknik karya wisata, yang merupakan cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu daerah atau obyek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari ataumenyelidiki sesuatu ibarat meninjau pegadaian. Banyak istilah yang dipergunakan pada metode karya wisata ini, ibarat widya wisata, study tour, dan sebagainya. Karya wisata ada yang dalam waktu singkat, dan ada pula yang dalam waktu beberapa hari atau waktu panjang
• Mulyasa (2005) Metode field trip atau karya wisata merupakan suatu perjalanan atau pesiar yangdilakukan oleh akseptor didik untuk memperoleh pengalaman belajar, terutama pengalaman eksklusif dan merupakan bab integral dari kurikulum sekolah. Meskipunkarya wisata mempunyai banyak hal yang bersifat non akademis, tujuan umum pendidikandapat segera dicapai, terutama berkaitan dengan pengembangan wawasan pengalamantentang dunia luar.
• Roestiyah (2001) karya wisata bukan sekedar rekreasi, tetapi untuk berguru atau memperdalam pelajarannyadengan melihat kenyataannya. Karena itu dikatakan teknik karya wisata, ialah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu daerah atau obyek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari atau memeriksa sesuatu ibarat meninjau pabrik sepatu, suatu bengkel mobil, toko serba ada, dan sebagainya.
Langkah- langkah Pokok dalam Pelaksanaan Metode Karyawisata
1. Perencanaan Karyawisata
a) Merumuskan tujuan karyawisata.
b) Menetapkan objek kayawisata sesuai dengan tujuan yang hendak di-capai.
c) Menetapkan lamanya karyawisata.
d) Menyusun planning berguru bagi siswa selama karyawisata.
e) Merencanakan perlengkapan berguru yang harus disediakan.
2. Pelaksanaan Karyawisata
Fase ini ialah pelaksanaan acara berguru di daerah karyawisata de-ngan bimbingan guru. Kegiatan berguru ini harus diarahkan kepada tujuan yang telah ditetapkan pada fase perencanaan di atas.
3. Tindak Lanjut
Pada selesai karyawisata siswa diminta laporannya baik ekspresi maupun tertulis, mengenai inti duduk perkara yang telah dipelajari pada waktu karyawisata.
Sumber:
Anonymus, 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional & Sumber lain.
Sumber https://www.asikbelajar.com