Contoh Laporan Prakerin / PKL / Magang yang Baik dan Benar – Bagi kalian yang bersekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), magang atau prakerin (praktek kerja industri); disebut juga PKL, yakni salah satu jadwal sekolah yang harus dilakukan, mau tidak mau, suka tidak suka.
style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-3435604455637462"
data-ad-slot="6906481178"
data-ad-format="link">
Daftar Isi
- Format Penulisan Laporan Prakerin / PKL / Magang
- 1. Judul Cover Laporan Prakerin
- 2. Lembar Pengesahan Laporan Prakerin
- 3. Lembar / Halaman Penguji
- 4. Lembar / Halaman Persembahan (opsional)
- 5. Lembar Motto (opsional)
- 6. Kata Pengantar
- 7. Daftar Isi
- 8. BAB I: Pendahuluan
- 9. BAB II: Tinjauan Umum Perusahaan
- 10. BAB III: Materi Prakerin
- 11. BAB IV: Penutup
- 12. Daftar Pustaka
- Contoh Laporan Prakerin Jurusan TKJ di DCISTEM UNPAD
Tujuan dari jadwal tersebut yakni untuk mengenalkan para siswa dengan dunia industri / kerja yang sesungguhnya. Sebab, dalam acara tersebut akan banyak sekali pengalaman yang didapatkan siswa sesuai jurusan yang diambil di sekolahnya masing-masing.
Dan biasanya, sehabis acara tersebut para siswa diharuskan untuk menciptakan laporan magang atau bisa juga disebut laporan prakerin / laporan pkl. Gunanya sebagai pertanggung tanggapan siswa dan bukti bahwa siswa tersebut benar-benar telah melaksanakan acara magang / prakerin / pkl.
Format Penulisan Laporan Prakerin / PKL / Magang
Sebelum ke pola laporan prakerin yang baik dan benar, alangkah baiknya kita mencar ilmu apa yang membaut laporan magang tersebut dikatakan baik.
1. Judul Cover Laporan Prakerin
Di cuilan judul biasanya dituliskan menyerupai ini,
Laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) style="display:block" data-ad-client="ca-pub-3435604455637462" data-ad-slot="6906481178" data-ad-format="link"> (tuliskan daerah kalian melaksanakan prakerin di sini)
Laporan ini dibentuk untuk memenuhi salah satu tugas
(logo sekolah di sini)
Disusun Oleh: (nama penyusun beserna NIS, bidang studi keahlian, dan kompetensi keahlian) style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-3435604455637462" data-ad-slot="4999672050">
(nama sekolah) |
2. Lembar Pengesahan Laporan Prakerin
Bagian ini menjadi cuilan yang menimbulkan laporan prakerin yang kita buat valid / resmi. Soalnya di halaman ini berisi tanda tangan dari pihak sekolah dan pihak daerah di mana kita melaksanakan prakerin / pkl. Biasanya menyerupai ini,
Halaman pengakuan dari sekolah,
HALAMAN PENGESAHAN DARI SEKOLAH
Laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini telah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing dan kepala sekolah (nama sekolah di sini)
Disahkan di (tempat sekolah itu berada) Pada tanggal (tanggal disahkannya laporan prakerin ini) | |
Ketua Pelaksana Prakerin | Pembimbing Prakerin |
Mengetahui,
Kepala Sekolah (nama sekolahnya) |
Halaman pengakuan dari pembimbing dan industri,
HALAMAN PENGESAHAN DARI INDUSTRI
Laporan Praktik Kerja Industri ini telah diperiksan dan disetujui oleh Pembimbing Prakerin serta Pimpinan (tempat prakerin kalian) Disahkan pada tanggal (tanggal disahkan) | |
Pembimbing Prakerin I | Pembimbing Prakerin II |
Mengetahui,
Direktur (tempat prakerin) |
3. Lembar / Halaman Penguji
Bagian ini diperuntukkan bagi penguji prakerin di sekolah daerah kalian menimba ilmu. Pengalaman saya, sehabis melaksanakan prakerin, para siswa disidang mengenai apa yang tertulis di laporan untuk dimintai kevalidannya melalui ekspresi dengan cara diwawancarai dan ditanyakan perihal acara apa saja yang dilakukan di daerah prakerin untuk selanjutnya diberi nilai.
Biasanya lembar penguji ini hanya berisi identitas dari penguji, tidak beserta nilai yang diberikan penguji pada penerima prakerin. Urusan nilai, itu hak penguji dan hanya penguji yang menyimpan berkasnya.
Contohnya menyerupai ini,
HALAMAN PENGUJI
Laporan hasil Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di (tempat kalian melaksanakan prakerin) telah diperiksa dan disetujui untuk diujikan di depan tim penguji: Tim Penguji I Nama: Tim Penguji II Nama: |
4. Lembar / Halaman Persembahan (opsional)
Lembar persembahan dikhususkan sebagai lembar yang berisi ucapan terimakasih pada banyak sekali pihak yang telah terlibat dalam acara prakerin maupun dalam pembuatan laporan. Tetapi lembar persembahan ini tidak harus disertakan dalam lapoan prakerin / magang / pkl, alasannya yakni di kata pengantar pun biasanya bisa disisipkan ucapan terima kasih menyerupai ini.
Namun, tidak salah jikalau ingin menciptakan lembar khusus untuk ucapan terimakasih. Tetap sesuai prosedur.
Contohnya menyerupai ini,
HALAMAN PERSEMBAHAN
Laporan prakerin di (tempat kalian magang) ini tidak disusun seorang diri. Banyak pihak yang terlibat dalam mendukung pembuatan laporan prakerin ini baik yang berupa materil maupun moril. Maka dari itu kami ucapkan terima kasih kepada: 1. Allah swt. |
5. Lembar Motto (opsional)
Lembar motto biasanya berisi satu kutipan sederhana dari pembuat laporan prakerin yang setidaknya menggambarkan mimpi dan tekadnya dalam menjalani kehidupan.
6. Kata Pengantar
Seperti biasa, di laporan apapun akan selalu ada kata pengantar. Lembar ini dimaksudkan sebagai prolog yang mengekspresikan rasa syukur, menjelaskan secara umum wacana praktik kerja industri, tujuan umum, dll.
Saya rasa, semua sudah tahu apa itu kata pengantar.
7. Daftar Isi
Setelah kata pengantar, cuilan selanjutnya yakni daftar isi. Lembar yang berisi petunjuk mengenai suatu bahasan, dan letak di mana bahasan itu berada (halaman berapa) dalam satu laporan prakerin.
8. BAB I: Pendahuluan
Bab I pendahuluan berisi beberapa cuilan yang menjelaskan secara lebih terperinci mengenai laporan dan praktik kerja industri. Dalam BAB I ini terdapat poin-poin sebagai berikut:
8.1 Latar Belakang Laporan Prakerin
Latar belakang dalam laporan prakerin berisi mengenai dasar-dasar aturan atau alasan utama yang mengakibatkan prakerin tersebut diselenggarakan oleh sekolah, kenapa siswa mengikuti jadwal prakerin tersebut.
8.2 Tujuan
Poin tujuan dibreakdown lagi menjadi dua cuilan yaitu, tujuan ditulisnya laporan prakerin dan tujuan kenapa melaksanakan acara prakerin. Semuanya dijelaskan dengan terperinci dalam bentuk poin-poin lagi.
8.3 Ruang Lingkup
Pada cuilan ini penulis laporan prakerin menuliskan mengenai medan kerja yang dihadapi di tempatnya melaksanakan acara prakerin. Baik itu yang bekerjasama dengan kompetensi keahlian teknik yang dipelajari di sekolah, atau dalam bidang lain (misalnya keorganisasian sebuah perusahaan).
style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-3435604455637462"
data-ad-slot="4999672050">
9. BAB II: Tinjauan Umum Perusahaan
Di BAB II penulis laporan prakerin menjelaskan secara singkat citra keadaan perusahaan tempatnya melaksanakan acara prakerin. Dimulai dari sejarah perusahaan, visi & misi, motto, kepegawaian, struktur organisasi perusahaan, ruang lingkup pekerjaan, dan hal-hal lain yang menyangkut wacana perusahaan tersebut termasuk lokasi dan akses.
10. BAB III: Materi Prakerin
Bab III ini merupakan inti dari sebuah laporan prakerin. Di cuilan ini dituliskan uraian acara / pekerjaan yang dilakukan selama melaksanakan prakerin. Tidak perlu semua dituliskan, pilih pekerjaan yang lebih melibatkan teknis lantaran biasanya dalam cuilan ini juga dilampirkan dokumentasi-dokumentasinya.
11. BAB IV: Penutup
Seperti biasa, di cuilan epilog suatu karya tulis, baik itu makalah ataupun laporan prakerin / pkl / magang, apapun namanya, di cuilan epilog selalu berisi dengan simpulan dan saran.
12. Daftar Pustaka
Di cuilan ini, dituliskan referensi-referensi tulisan, bila laporan prakerin yang dibentuk mengutip sesuatu di luar dari pemikiran sendiri.
***
Nah, itu beliau struktur / format penulisan laporan prakerin yang biasa digunakan oleh siswa Sekolah Menengah kejuruan di seluruh Indonesia. Memang ada beberapa poin yang menjadi opsi; dalam arti boleh ditambahkan, boleh juga tidak. Tergantung selera dan aba-aba dari pembimbing prakerin masing-masing. Makara harapannya goresan pena ini hanya menjadi rujukan untuk kemudian didiskusikan kembali.
Baik, berikut ini satriabajahitam lampirkan salah satu pola laporan prakerin dari Sekolah Menengah kejuruan N 2 Tasikmalaya.
Contoh Laporan Prakerin Jurusan TKJ di DCISTEM UNPAD
Laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) Di DCISTEM Universitas Padjajaran Laporan ini dibentuk untuk memenuhi salah satu tugas Disusun Oleh: Nama: Muhamad Mulkan Fauzi SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA | |
HALAMAN PENGESAHAN DARI SEKOLAH Laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini telah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing dan kepala sekolah Sekolah Menengah kejuruan N 2 Kota Tasikmalaya Disahkan di Tasikmalaya | |
Ketua Pelaksana Prakerin
Trisna Supriatna, S.T | Pembimbing Prakerin
Iwan Setiawan, S. Kom |
Mengetahui,
Aryo Wiguno, M. Pd
| |
HALAMAN PENGESAHAN DARI PERUSAHAAN Laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini telah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing dan kepala sekolah Sekolah Menengah kejuruan N 2 Kota Tasikmalaya
Disahkan pada tanggal 15 November 2016
| |
Ketua Pelaksana Prakerin
Trisna Supriatna, S.T | Pembimbing Prakerin
Ridwan Arifin, A. Md |
Mengetahui,
Gatot Riwi Setyanto
| |
HALAMAN PENGUJI Laporan hasil Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di (tempat kalian melaksanakan prakerin) telah diperiksa dan disetujui untuk diujikan di depan tim penguji: Tim Penguji I Nama: Hilman, S. Kom Tim Penguji II Nama: Andis Resmana, S. Kom
| |
HALAMAN PERSEMBAHAN Laporan prakerin di UPT-TI DCISTEM ini tidak disusun seorang diri. Banyak pihak yang terlibat dalam mendukung pembuatan laporan prakerin ini baik yang berupa materil maupun moril. Maka dari itu kami ucapkan terima kasih kepada: 1. Allah swt. Dan semua pihak yang terlibat dalam acara prakerin ini, yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu.
| |
Motto “Hidup hanya sekali, jangan hingga ada dan tidak adanya diri saya di dunia ini tidak ada bedanya sama sekali.” | |
KATA PENGANTAR Assalaamu’alaykum warahmatullaahi wabarakaatuh. Puji dan syukur senantiasa kami panjatkan pada Allah swt. yang telah mengkaruniakan nikmat yang begitu besar, sehingga pada hari ini kami masih sanggup menghirup oksigen dengan bebas. Dialah juga yang menggerakkan hati dan pikiran kami sehingga penyusunan laporan prakerin ini berjalan dengan lancar dan tuntas hingga akhir. Shalawat dan salam selalu tercurahkan pada Nabi Muhammad saw. yang telah membawa kita dari zaman gelap ke zaman yang terang. Laporan prakerin ini sanggup selesai dikarenakan pinjaman dari banyak sekali pihak, yang telah memperlihatkan aba-aba dan bimbingan sehingga laporan prakerin ini sanggup selesai sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan. Saya mengucapkan terima kasih kepada; 1. Kedua orang tua Saya menyadari bahwa dalam penulisan laporan prakerin ini masih jauh dari kata baik apalagi sempurna. Oleh lantaran itu besar impian saya terhadap kritik dan saran yang sanggup menciptakan saya lebih baik lagi dalam penulisan laporan di waktu yang akan datang. Semoga laporan prakerin ini memperlihatkan manfaat dan dipergunakan sebagaimana seharusnya. Tasikmalaya, 15 November 2016 Muhamad Mulkan Fauzi | |
DAFTAR ISI (tuliskan daftar isi bahasan sesuai dengan nomor halaman yang tertera) | |
BAB I A. Latar Belakang Sekolah Menengah Kejuruan sebagai salah satu forum pendidikan di Indonesia berperan penting dalam mendidik generasi muda semoga sanggup berdaya saing, khususnya dalam bidang hard skill atau keterampilan dan ketangkasan dalam pekerjaan yang bersifat teknis. Di dalam kurikulumnya, siswa Sekolah Menengah kejuruan diwajibkan untuk mengikuti jadwal Praktik Kerja Lapangan (PRAKERIN) sebagai sarana latihan dan penambah pengalaman siswa sebelum memasuki dunia kerja. Program ini berlandaskan aba-aba Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) 1993 dan ketentuan UU No. 2 Tahun 1989 berkenaan wacana Sistem Pendidikan Nasional, UU No. 19 Tahun 2005 wacana standar Nasional UU No.23 Tahun 2006 wacana standar kompetensi kelulusan untuk suatu pendidikan menengah, serta peraturan-peraturan pendukung lain di antaranya: 1. UU SPN No. 2 Tahun 1989 Ban W Pasal (1) Dengan mengikuti prakerin, siswa Sekolah Menengah kejuruan telah memenuhi salah satu syarat dibolehkannya mengikuti US-UN yang diselenggarakan setelahnya, selain juga mendapat ilmu yang tidak dipelajari di sekolah dan mendapat nilai. B. Tujuan a. Kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini bertujuan untuk:
b. Pelaporan acara Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini bertujuan untuk:
C. Ruang Lingkup Ruang lingkup dalam laporan prakerin ini meliputi citra umum wacana perusahaan, struktur organisasi perusahaan, service / produk, dan juga sistem kepegawaian. | |
BAB II A. Selayang Pandang DCISTEM DCISTEM yakni sebuah Unit Pelayanan Terpadu Teknologi Informasi (UPT-TI) yang berada di Universitas Padjajaran. DCISTEM melayani semua hal yang berkaitan dengan teknologi dan infrastruktur informasi. DCISTEM hingga kini masih tetap eksis dan terus meningkatkan kemudahan dan pelayanan untuk memajukan Universitas Padjajaran utamanya dalam bidang ICT. Tim UPT Teknologi Informasi DCISTEM terbagi menjadi dua sub divisi:
Divisi ini bertugas untuk menyempurnakan, menerapkan, menyusun, dan menyosialisasikan infrastruktur jaringan yang berada di lingkungan Universitas Padjajaran; melaksanakan pengendalian dan implementasi serta melaksanakan penilaian – pengawasan pelaksanaan acara infrastruktur sesuai dengan panduan manajemen mutu yang sudah disusun. Selain itu juga melaksanakan pelayanan dan pengembangan. Dalam melaksanakan tugasnya, tim ini dipimpin oleh seorang kepala (Kepala Divisi Infrastruktur) yang bertanggung jawab pribadi kepada kepala UPT Teknologi Informasi DCISTEM.
Divisi ini bertugas untuk menyempurnakan, membangun, dan menyosialisasikan perangkat lunak yang digunakan di lingkungan Universitas Padjajaran; juga bertugas untuk melaksanakan pengawasan dan implementasi sesuai dengan panduan manajemen mutu yang sudah disusun. Dalam melaksanakan tugasnya, tim ini dipimpin oleh seorang kepala (Kepala Divisi Rekayasa Perangkat Lunak) yang bertanggung jawab pribadi kepada Kepala UPT Teknologi Informasi DCISTEM. B. Visi Misi Perusahaan
C. Ruang Lingkup Pekerjaan, Tugas, dan Tanggung Jawab Ruang lingkup pekerjaa, tugas, dan tanggung jawab yang dibebankan pada DCISTEM antara lain: Mengordinasikan secara sedikit demi sedikit dan mengintegrasikan pengembangan teknologi dan komunikasi di lingkungan Unpad; Menerapkan dan menyebarkan sistem informasi dan teknologi untuk kepentingan manajemen dan pendidikan di lingkugan Unpad; Mengoptimalkan DCISTEM dalam pelayanan berbasis IT bagi seluruh warga masyarakat (Fakultas/Jurusan, dan unit-unit kerja) di lingkungan Unpad; Mengembangkan system data warehouse untuk membantung mengintegrasikan database yang ada di lingkungan Unpad. D. Struktur Organisasi Perusahaan Berikut ini yakni struktur organisasi perusahaan di UPT-TI DCISTEM Unpad (sertakan gambar struktur organisasi perusahaan di sini) | |
BAB III (untuk cuilan ini silakan diubahsuaikan dan dipilih menurut kemampuan masing-masing, bisa wacana instalasi sistem operasi, instalasi jaringan, setting switch; LAN, WAN, VLAN, dll.)
| |
BAB IV A. Simpulan Kegiatan prakerin ini sangat penting untuk dilakukan setiap siswa SMK. Karena akan menambah banyak sekali ilmu yang tidak dipelajari di sekolah, atau minimalnya mengamalkan apa yang sudah dipelajari di sekolah. Selain itu, jadwal prakerin ini (di beberapa sekolah disebut magang atau pkl) sanggup menambah wawasan siswa wacana dunia kerja; menjadi pengalaman berharga sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja yang sebenarnya. B. Saran Untuk menimbulkan jadwal prakerin ini menjadi lebih baik kedepannya, juga semoga para siswa mendapat sesuatu yang lebih maka saran saya sebagai penulis laporan prakerin yakni menambah relasi perusahaan-perusahaan yang bisa dimasuki jadwal prakerin semoga setiap tahunnya para siswa tidak memasuki perusahaan yang sama dengan angkatan sebelumnya.
| |
DAFTAR PUSTAKA (tuliskan daftar pustaka / sumber goresan pena / kutipan yang dimasukkan di laporan prakerin ini bila ada)
|
Demikianlah di atas pola laporan prakerin / magang / pkl yang sering dibentuk oleh para siswa Sekolah Menengah kejuruan saat telah selesai melaksanakan jadwal prakerin.
Contoh di atas hanya sebagai rujukan saja bukan untuk dicopy paste. Meskipun jurusan yang dijadikan pola yakni Sekolah Menengah kejuruan jurusan TKJ, format di atas juga bisa digunakan untuk siswa Sekolah Menengah kejuruan jurusan manajemen perkantoran, akuntansi, otomotif, multimedia, pemasaran, rpl, bahkan mahasiswa teknik informatika, sipil, elektro, dll. yang melaksanakan jadwal magang.
Disesuaikan saja dengan peruntukkannya, semoga kalian, yang menciptakan laporan prakerin sebagai pertanggung tanggapan sanggup melakukannya dengan baik dan benar.
Hal ini (program prakerin) tentu ada plus-minusnya. Tetapi itu semua kembali lagi ke pribadi masing-masing siswa.
Plusnya adalah, siswa Sekolah Menengah kejuruan menjadi lebih matang dibandingkan dengan siswa Sekolah Menengan Atas yang hanya mencar ilmu duduk di dalam kelas. Minusnya yakni dalam diri siswa terbentuk mental pekerja.
Kenapa? Karena tidak jarang penerima magang / prakerin / pkl ditempatkan di hieraki paling bawah; sebagai pelayan, penjaga toko, atau bahkan tukang sapu-sapu.
SMK Bisa!
style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-3435604455637462"
data-ad-slot="4999672050">
Semoga bermanfaat.
style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-3435604455637462"
data-ad-slot="4999672050">
Sumber https://satriabajahitam.com