Menurut hasil penelitian di bidang neurologi, ternyata 50% perkembangan kapasitas intelektual anak sudah final pada usia empat tahun pertama, dan mencapai 80% pada usia anak delapan tahun. Penelitian ini juga mengambarkan bahwa bawah umur dengan usia di bawah lima tahun tahun mempunyai intelegensi laten (potential intelegence) yang luar biasa. Secara fisik, pertumbuhan pesat terjadi pada anak usia dini. Berpijak dasar itulah, PAUD bisa terus dilaksanakan dengan memperhatikan beberapa hal sbb:
- Kecerdasan tiap anak berbeda, lantaran itu pengajar PAUD tidak patut mengharapkan hasil yang sama pada setiap anak;
- Ketahanan badan setiap anak tidak merata, dan oleh lantaran itu pengajar PAUD sedianya mengetahui matriks kesehatan anak didiknya;
- Fungsi motorik setiap anak memliki perbedaan dalam hal pertumbuhan, kepekaan maupun kemampuannya.
Baca juga: Pendidikan Anak Usia Dini
Sumber:
Risaldy, Sabil & Meity, H.I. 2014. Panduan Mengatasi Permasalahan Anak Usia Dini. Jakarta: PT.Luxima Metro Media. Hal 22.
Sumber https://www.asikbelajar.com