Sunday, April 29, 2018

√ Tujuan Utama Taktik Pembelajaran Inkuiri



Strategi pembelajaran ini sering juga dinamakan taktik heuristic, yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu heuriskein yang berarti aku menemu­kan.




Tujuan utama pembelajaran yang berorientasi pada inkuiri yaitu berbagi perilaku dan keterampilan siswa, sehingga mereka sanggup menjadi pemecah persoalan yang sanggup bangun diatas kaki sendiri (independent problem solvers).  Dengan begitu siswa harus bisa berbagi pemikiran skeptis ihwal sesuatu hal dan peristiwa-peristiwa yang ada di dunia ini (Jarolimek, 1977).  Menurut pendapat Joice dan Weil (1980) menyampaikan bahwa tujuan umum dari pendekatan inkuiri ini yaitu membantu siswa berbagi disiplin dan keterampilan intelektual yang diharapkan untuk memunculkan persoalan dan mencari jawabannya sendiri melalui rasa keingin-tahuannya itu.




Berdasarkan kedua pendapat tersebut, maka disimpulkan bahwa tujuan umum pendekatan inkuiri yaitu membantu siswa disiplin dan keterampilan intelektual yang diharapkan untuk memunculkan persoalan dan kemudian sanggup mencari jawabannya sendiri sehingga mereka sanggup menjadi pemecah persoalan mandiri.




Pendapat lain menyampaikan bahwa tujuan utama dari taktik inkuiri yaitu pengembangan kemampuan berpikir. Dengan demikian, taktik pembelajaran ini selain berorientasi ke­pada hasil berguru juga berorientasi pada proses belajar.




Sumber:


  • Ngalimun, dkk. 2015.  Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. hlm.63

  • https://amierkamboja88.wordpress.com




Sumber https://www.asikbelajar.com