Thursday, May 24, 2018

√ Benda-Benda Lain Dalam Tata Surya



 seorang astronom bangsa Italia melalui observasinya dengan teleskop menemukan benda langi √ Benda-benda Lain dalam Tata Surya


Benda-benda Lain dalam Tata Surya – AsikBelajar.Com.  Pada tata surya, kecuali terdapat planet-planet,  terdapat pula benda-benda lain berikut ini.

1. Planetoida atau Asteroida

Pada tahun 1801, Piazzi, seorang astronom bangsa Italia melalui observasinya dengan teleskop menemukan benda langit yang berdiameter ± 900 km (Bulan berdiameter 3000 km) beredar mengelilingi Matahari. Dalam beberapa tahun kemudian ternyata ditemukan pula beberapa benda semacam itu. Benda-benda itu mengorbit mengelilingi Matahari pada jarak antara Mars dan Yupiter. Pada ketika ini, benda semacam itu telah diketahui sebanyak + 2000 buah, berbentuk bundar dan kecil. Yang terbesar berjulukan Ceres dengan diameter 750 km. Benda-benda langit itu disebut planetoida atau “bukan planet”, untuk membedakannya dengan planet utama yang telah diterangkan.


2. Komet atau Bintang Berekor

Meskipun komet disebut sebagai bintang berekor, tetapi komet bukan tergolong bintang alam dalam arti yang sebenarnya. Komet merupakan anggota tata surya, yang beredar mengelilingi Matahari dan mendapatkan energinya dari Matahari.


3. Meteor atau Bintang Beralih 

Meteor bukan tergolong bintang alasannya ialah meteor merupakan anggota tata surya. Meteor berupa batu-batu kecil yang berdiameter antara 0,2 hingga 0,5 mm dan massanya tidak lebih dari 1 gram. Meteor ini semacam bubuk angkasa yang bergerak dengan kecepatan rata-rata 60 km/detik atau 60 x 60 x 60 km per jam.


4. Satelit

Satelit merupakan pengiring planet. Satelit beredar mengelilingi planet, dan bersama- sama beredar mengelilingi Matahari. Peredaran satelit mengelilingi planet disebut gerak revolusi  satelit.  Di  samping  itu,  satelit  juga  melakukan  gerak  rotasi,  yaitu  beredar mengelilingi sumbunya sendiri. Pada umumnya, arah rotasi dan revolusi satelit sama dengan arah rotasi dan revolusi planetnya, yaitu dari Barat ke Timur, kecuali satelit dari planet Neptunus. Planet yang telah diketahui tidak memiliki satelit ialah Merkurius, Venus, dan mungkin juga Pluto.



Sumber https://www.asikbelajar.com