Friday, May 25, 2018

√ Istilah Nama-Nama Waktu Yang Ada Di Bumi



  Kita telah mengenal waktu satu hari satu malam yang lamanya  √ Istilah Nama-Nama Waktu yang Ada Di Bumi


Istilah Nama-Nama Waktu yang Ada Di Bumi – AsikBelajar.Com.  Kita telah mengenal waktu satu hari satu malam yang lamanya 24 jam (ada yang menyampaikan bergotong-royong 1 hari = 23,9 jam). Waktu 24 jam ini yaitu sehari semalam solar (Matahari) menurut gerak semu Matahari dalam menciptakan satu revolusi lengkap. Sehari semalam sederal atau sideris yaitu waktu bintang menurut merembangnya titik Aries antara buta abjad mengenal mangsa-mangsa itu dengan melihat kedudukan rasi Waluku atau lintang Waluku (Orion). Berikut ini akan kita berikan pelbagai hari pekan di Jawa. Perhitungan waktu dengan lain satuan ukuran yang digunakan di Jawa ialah sebagai berikut:



  1. Satu pekan dari lima hari pasaran. Pasaran-pasaran ini yaitu Legi, Paing, Pon, Wage, dan Kliwon.

  2. Satu pekan dari enam Peringkelan digunakan dalam perhitungan mencari hari baik atau jelek. Keenam peringkelan itu ialah Tungle, Haryang, Warukung, Paningrim, Was, dan Mawulu.

  3. Satu pekan dari 7 hari mingguan, yakni Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at, Sabtu dan Minggu. Nama hari Mingguan  ini  berasal  dari  bahasa Arab yang disebut Ahad dan  berarti  hari  pertama,  kedua,  ketiga  dan seterusnya. Pekan dari 7 hari yaitu pekan yang umum, digunakan di seluruh dunia.

  4. Satu pekan dari 210 hari yaitu jumlah adonan hari-hari mingguan (7). peringkelan (6), dan pasaran (5), terdiri dari 30 wuku. Wuku-wuku itu antara lain: Sinta, Landep, Wukir, Kurantil. Tuli. Gumbreg, Wariga, dan sebagainya. Misalnya, pada setiap wuku Landep dikenal susunan hari-hari: Mawulu, Pon Wrespati dan sebagainya.

  5. Satu pekan dari 8 tahun yang disebut windu terdiri dari Alip. Ehe, Jimawal, Je, dai, Be, Wawu, dan Jimakir.

  6. Satu pekan dari 100 tahun disebut abad.




Sumber https://www.asikbelajar.com