Friday, May 25, 2018

√ Jawaban Rotasi Bumi




 Seperti yang kita ketahui bahwa Bumi yang kita pijak ini berputar pada porosnya √ Akibat Rotasi Bumi


Akibat Rotasi Bumi – AsikBelajar.Com.   Seperti yang kita ketahui bahwa Bumi yang kita pijak ini berputar pada porosnya.  Selain Bumi berotasi/berputar selama satu hari bumi juga sambil mengelilingi Matahari.  Akibat dari berotasi tersebut, ada 7 (tujuh) hal yang terjadi pada bumi, yaitu:



  1. Gerak semu harian dari Matahari, yang seperti Matahari, bulan, bintang-bintang, dan benda-benda langit lainnya terbit di Timur dan terbenam di Barat.

  2. Pergantian siang dan malam di mana separuh dari bola bumi mendapatkan sinar Matahari (siang), sedangkan separuh bola lainnya mengalami kegelapan (malam). Batas siang dan malam ini merupakan sebuah lingkaran di sekeliling bumi.  

  3. Penyerongan atau penyimpangan arah angin, arus laut, yang sanggup diterangkan dengan aturan Buys Ballot. Arus-arus hawa (angin) tidak bergerak lurus dari kawasan maksimum ke kawasan minimum, tetapi membias ke kanan bagi belah bulatan Utara dan membias ke kiri bagi belah bulatan Selatan. Hukum ini tidak hanya berlaku bagi arus hawa, tetapi juga bagi arus air bahari dan arus air sungai.

  4. Penggelembungan di Khatulistiwa serta Pemepatan di kedua kutub Bumi. 

  5. Timbulnya gaya sentrifugal yang menimbulkan pemepatan Bumi tersebut serta pengurangan saya tarik sampai arah vertikal (unting-unting) tidak sempurna menuju ke titik sentra Bumi, kecuali di khatulistiwa dan di Kutub. 

  6. Adanya dua kali air pasang naik dan pasang surut dalam sehari semalam. 

  7. Perbedaan waktu antara tempat-tempat yang berbeda derajat busurnya.




Sumber https://www.asikbelajar.com