Tuesday, July 10, 2018

√ Teks Iklan: Pengertian, Fungsi, Struktur, Ciri, Contoh

TEKS IKLAN merupakan bahan bahasa indonesia kelas XII yang bakal kami bahas hari ini. Adapun yang bakal dipelajari pada bahan hari ini yaitu bahan yang bekerjasama dengan teks iklan. Adapun bahan tersebut antara lain pengertian teks iklan, struktur teks iklan, kaidah kebahasaan teks iklan, & juga pola teks iklan produk.

Teks Iklan

Dalam kehidupan sehari-hari, niscaya tidak abnormal dengan hal yang berjulukan iklan, hampir setiap hari berjumpa dengan iklan. Iklan sanggup ditemukan dalam beberapa media, sanggup dalam media cetak misalnya majalah atau koran, media elektronik misalnya televisi, radio, & lain-lain, atapun media luar ruang misalnya baliho atau banner.

Nah, pengertian teks iklan? apa saja fungsi teks iklan? apa saja struktur teks iklan? apa saja ciri ciri teks iklan? dan bagaimana mengevaluasi teks iklan?

Pengertian Teks Iklan

Pengertian Teks iklan yakni salah satu media promosi yang manjur dalam memasarkan beberapa produk terhadap konsumen lantaran daya jangkauannya yang luas & masif. Tujuannya iklan yakni untuk memperkenalkan sebuah produk, baik itu barang maupun jasa, guna untuk menerima perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, sampai mengonsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan.

Persaingan di bidang iklan terbukti terus tajam semenjak adanya televisi. Tetapi, media cetak masih memiliki pangsa pasar tersendiri & masih menjadi target produsen dalam mengiklankan produknya.

Fungsi Teks Iklan

Secara sederhana, arti teks iklan ialah sebagai pesan yang memperkenalkan sebuah produk yang ditujukan oleh sebuah masyarakat lewat sebuah media. Tetapi, untuk membedakannya dengan pemkabarhuan biasa, iklan lebih diarahkan untuk membujuk orang agar membeli. Iklan memiliki beberapa manfaat yaitu sebagai berikut fungsi teks iklan:
  1. Fungsi iklan sebagai informasi (memberi tau informasi produk baru, ciri-ciri, & lain-lain).
  2. Fungsi iklan sebagai persuasi (mengarahkan konsumen untuk membeli).
  3. Fungsi iklan sebagai reminder (iklan mengingatkan konsumen mengenai produk tertentu agar rutin menggunakan produk tersebut).

Struktur Teks Iklan

Struktur teks iklan yang bakal kau pelajari pada postingan ini berisi mengenai promosi produk barang & jasa. Kamu diinginkan agar sanggup memahami pola teks iklan produk dibawah ini. Sebuah teks iklan memiliki struktur yang terdiri dari judul, nama produk, & klarifikasi mengenai produk.

  1. Judul, terletak di bab tertinggi dari teks iklan, tetapi tidak seluruh iklan mencantumkan judul, sebagian teks iklan meletakkan nama produk di bab tertinggi.
  2. Nama produk, berisi nama produk yang diiklankan.
  3. Penjelasan mengenai produk, berisi deskripsi produk yang diiklankan, misalnya spesifikasi, cara memperoleh produk yang diiklankan, alamat, & nomor telepon yang sanggup dihubungi.

Ciri Kebahasaan Teks Iklan

Selain struktur yang telah diuraikan diatas, teks iklan juga memiliki ciri-ciri kebahasaan teks iklan. Ciri-ciri kebahasaan teks iklan tersebut ialah sebagai berikut.

1. Memakai Slogan

Slogan ialah perkataan atau kalimat yang luar biasa, mencolok, & gampang diingat untuk memberi tau sesuatu. Slogan biasanya terdiri dari empat sampai lima kata yang gampang diingat & pastinya memiliki daya tarik yang berpengaruh agar pesan yang dimaksud sanggup sampai ke orang yang diajak.
Dalam iklan, slogan ialah pernyataan atau susunan kata tertentu yang membahas pendek sebuah produk atau jasa layanan jadi gampang diingat publik. Slogan sangat penting untuk dunia periklanan. Dengan slogan, iklan tersebut bakal gampang diingat publik & bakal lebih populer. Tidak hanya iklan, slogan juga digunakan pada saat kampanye, misal kampanye anti narkoba, anti korupsi, da kampanye pemilihan daerah.

Kalimat-kalimat slogan harus kreatif & juga tidak ketinggalan zaman agar masyarakat terus gampang mengingatnya. Pemakaian slogan yang sukses tampak dari seberapa jauh masyarakat mengenal slogan tersebut. Bila slogan sukses, hanya dengan mendengar slogannya, orang-orang bakal mengenal tipe produk yang menggunakan slogan tersebut.

2. Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif ialah kalimat yang bermanfaat meyakinkan & membujuk pembaca agar melakukan atau mendapatkan gagasan penulis terhadap sebuah hal. Terdapat beberapa kalimat persuasif yang terdapat pada iklan produk tersebut, salah satunya ialah : "terjangkau, cepat & handal".

3. Memakai Subjek Orang Pertama

Teks iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak, misalnya aku, saya, & kami untuk mengganti pihak atau instansi pemasang iklan. Subjek yang digunakan pada teks iklan tersebut ialah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.

Contoh teks iklan produk

Berikut bakal saya berikan beberapa pola teks iklan produk yang ciri teks iklannya niscaya berbeda-beda antar bentuk visual iklannya, baik berupa pola iklan penjualan, pola lowongan kerja, pola iklan jasa, pola iklan promosi, pola iklan niaga, pola iklan rumah, pola iklan obat, pola iklan makanan, pola iklan minuman, pola iklan elektronik dan lain-lain.
 merupakan bahan bahasa indonesia kelas XII yang bakal kami bahas hari ini √ TEKS IKLAN: Pengertian, Fungsi, Struktur, Ciri, Contoh
Contoh teks iklan beserta strukturnya (KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR)
 merupakan bahan bahasa indonesia kelas XII yang bakal kami bahas hari ini √ TEKS IKLAN: Pengertian, Fungsi, Struktur, Ciri, Contoh
Contoh teks iklan beserta strukturnya (KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR)
 merupakan bahan bahasa indonesia kelas XII yang bakal kami bahas hari ini √ TEKS IKLAN: Pengertian, Fungsi, Struktur, Ciri, Contoh
Contoh teks iklan beserta strukturnya (KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR)

 merupakan bahan bahasa indonesia kelas XII yang bakal kami bahas hari ini √ TEKS IKLAN: Pengertian, Fungsi, Struktur, Ciri, Contoh
Contoh teks iklan produk (KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR)
Nah itulah postingan bahan mengevaluasi teks iklan. Semoga PR bahan pola teks iklan produk sanggup terlesaikan dengan melihat pola teks iklan beserta strukturnya diatas. Apabila ingin bertanya mengenai pola teks iklan produk atau pola teks iklan beserta strukturnya, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan bahan kaidah teks iklan. Baca Juga:
Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan menganalisis teks iklan ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Sumber http://www.faktakah.com