Thursday, August 2, 2018

√ Ini Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pemutakhiran Aplikasi Pmp 2017

Bapak/ibu operator yang terhormat. Informasi embel-embel bagi kita semua khususnya dalam pemutakhiran data PMP 2017 versi 2.1, Adapun terdapat beberapa isu yang perlu diperhatikan mengenai pemutakhiran data PMP Dikdasmen berdasarkan website resmi PMP yaitu sebagai berikut:
  1. Penggunaan Aplikasi PMP Terbaru Versi 2.0 dan Updater Versi 2.1
    1. Pengerjaan Aplikasi PMP sanggup memakai versi 2.0 ataupun Updater 2.1. Apabila data responden telah terpenuhi, sanggup melaksanakan konfirmasi dan pengiriman data, serta tercatat sudah kirim/diproses di website pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id, berarti sekolah telah memenuhi kewajiban pengiriman data PMP 2017.
    2. Langkah yang harus diperhatikan dalam memperbarui aplikasi PMP yaitu sebagai berikut:
      • Backup Data PMP dan simpan di folder yang kondusif (bukan folder Program Files)
      • Lakukan Instalasi sesuai dengan jenis file yang dipakai yaitu Installer (85,88 MB) atau Updater (45,7 MB)
      • Instalasi memakai Installer: Backup data -> Uninstall versi 2.0 -> Install versi 2.1 -> Restore data yang telah di-Backup
      • Instalasi memakai Updater: Backup data -> Install Updater versi 2.1
      • Cek Ulang Kofirmasi dan Kirim Data
    3. Beberapa kesalahan dan dilema yang sering dijumpai pada Aplikasi PMP tahun 2017 yaitu:
      • Data Lupa belum di-Backup
      • Kesalahan memakai file Instaler/Updater. Seharusnya memakai Installer jikalau ingin melaksanakan instal ulang aplikasi, atau sebaliknya jikalau tidak melaksanakan instal ulang maka eksklusif saja memakai updater. Perbedaan terdapat pada ukuran file tersebut.
      • Menggunakan dua aplikasi Dapodik dalam satu laptop
      • Tidak sanggup melaksanakan salin PTK atau PD, dsb.
      •  
  2. Informasi waktu pemrosesan data di website PMP dari mulai dikirim hingga dengan sudah diproses dilakukan secara tertunda/tidak real time dengan penjelasan berikut:
    1. Status Pengiriman adalah: Belum Kirim – Sudah Kirim – Sudah Diproses atau Gagal Diproses
    2. Setelah sekolah berhasil melaksanakan proses pengiriman data, maka server hanya mendapatkan file-file PMP sekolah.
    3. Update Pengiriman Sehari (1x24 jam) sesudah sekolah melaksanakan pengiriman, maka server memproses file-file PMP dengan mencatat log /waktu pengiriman beserta data tanggapan ke dalam database. Misalnya jikalau sekolah melaksanakan pengiriman di tanggal 20 September 2017, maka log pengiriman gres akan masuk ke dalam database pada tanggal 21 September 2017.
    4. Setelah log pengiriman sekolah dan file PMP diproses, maka website PMP melaksanakan sistem pembaharuan informasi secara terjadwal setiap 6 jam sekali yaitu pukul 00.00 WIB, 06.00 WIB, 12.00 WIB dan jam 18.00 WIB. Makara misalkan waktu pengiriman yang sudah diproses dan masuk ke dalam database selesai pada jam 09.00 WIB, maka datanya gres sanggup dilihat pada pukul 12.00.
    5. Jika dalam waktu lebih dari 3x24 jam data masih menawarkan status Belum Kirim atau Gagal Diproses silahkan menghubungi LPMP, Dinas terkait untuk diinformasikan kepada admin pusat.

    itu yang kami kutip dari www.pmp.kemdikbud.go.id, jikalau masih ada yang resah tekait aplikasi PMP ini silahkan tinggalkan komentar atau kirim email ke saya. Terimakasih

Sumber http://dapodikterkini.blogspot.com