Tuesday, August 7, 2018

√ Literasi Adalah? Pengertian Dan Pola Gerakan Literasi Sekolah

Literasi – Pernah mendengar apa itu literasi? Untuk kau yang masih menjadi siswa atau mahasiswa niscaya sudah sering mendengar bahkan paham arti literasi. Secara umum literasi ialah kemampuan seseorang dalam banyak sekali hal. Lalu bagaimana definisi literasi berdasarkan para jago secara rinci dan kompleks ? Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dibahas pengertian literasi dan pola gerakannya khususnya di bidang pendidikan.


Pengertian Literasi


 Untuk kau yang masih menjadi siswa atau mahasiswa niscaya sudah sering mendengar bahkan pa √ Literasi Adalah? Pengertian dan Contoh Gerakan Literasi Sekolah


 


Secara rinci literasi adalah suatu kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang baik keterampilan membaca, menulis, berhitung, dan memecahkan suatu problem yang diharapkan untuk kehidupan sehari-hari. Sebenarnya arti literasi itu sangat dinamis dan kompleks, sehingga banyak orang yang masih tidak paham dengan apa itu literasi, balasannya mereka mempunyai sudut pandang berbeda dalam mengartikannya.


Pengertian literasi yang telah disebutkan diatas didasarkan pada beberapa rujukan diantaranya yaitu :



  1. Dalam bahasa latin literasi disebut literatus yang berarti orang yang belajar.

  2. National Institut for Literacy juga menjelaskan bahwa literasi ialah kemampuan seseorang dalam membaca, berbicara, menulis, berhitung, dan memecahkan problem yang harus dimiliki untuk menghadapi dunia kerja, keluarga, maupun untuk bersosialisasi.

  3. UNESCO menjelaskan bahwa literasi merupakan seperangkat keterampilan yang kasatmata khususnya keterampilan kognitif seseorang.


Contoh Gerakan Literasi Sekolah


Istilah ini tidak bisa jauh dari sekolah, alasannya ialah kemampuan tersebut secara terang kita sanggup dari pendidikan khususnya di sekolah. Cukup banyak gerakan literasi sekolah yang mulai diterapkan di lingkungan sekolah, gerakan tersebut mempunyai tujuan untuk menumbuhkan budaya literasi bagi siswanya.


Budaya literasi harus dimiliki setiap siswa semoga menjadi insan yang berpengetahuan di jaman milenial ini. Salah satu pola literasi yang wajib dimiliki oleh setiap siswa yaitu literasi keuangan.


Literasi keuangan ialah kemampuan dalam membaca hal-hal yang berkaitan dengan financial atau keuangan. Contoh literasi lain yang juga wajib dipelajari ialah literasi teknologi, literasi kesehatan, dan literasi informasi.


Literasi ialah kemampuan yang banyak di sanggup dari membaca. Salah satu cara yang bisa kau lakukan saat selesai membaca ialah dengan menciptakan pohon literasi.


Pohon tersebut merupakan sebuah citra yang berbentuk pohon dan disetiap bab daunnya diisi dengan judul buku yang sudah selesai dibaca. Dalam menciptakan pohon ini bisa dipakai literasi digital atau juga literasi media.


Literasi digital yaitu dengan menciptakan pohon dari software komputer pengedit foto. Sedangkan literasi media bisa memakai media apapun misalnya kertas yang lalu ditempel tempel.


Ada beberapa prinsip yang perlu ditekankan dalam literasi sekolah berdasarkan Beers diantaranya ialah kegiatan literasi yang baik bersifat berimbang, berlangsung pada semua kurikulum, keberagaman perlu dirayakan di kelas maupun di lingkungan sekolah. Selain itu literasi sekolah yang baik itu yang juga mempunyai prinsip diskusi dan seni administrasi bahasa verbal serta mempunyai sifat berimbang.


Contoh Literasi Sekolah


Contoh kegiatan literasi yang bisa dilakukan di sekolah sangat banyak dan semuanya berkaitan dengan budaya membaca. Berikut ini ialah beberapa kegiatan literasi yang bisa dilakukan di sekolah:



  1. Jadwal wajib kunjungan perpustakaan

  2. Membuat pohon literasi di setiap kelas

  3. Contoh kegiatan literasi sekolah dengan menciptakan mading di setiap kelas dan juga di papan mading sekolah

  4. Membuat kawasan khusus baca selain di perpustakaan


Baca juga : CV Adalah


Itulah pengertian literasi dan pola gerakan literasi sekolah yang sanggup membantu membangun huruf siswa kalau dilaksanakan dengan baik. Literasi ialah kemampuan yang wajib dimiliki oleh semua lapisan masyarakat dan sanggup dibangun semenjak dini dengan banyak sekali cara.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com