Tuesday, August 7, 2018

√ Cara Merubah Persentase 0,05 Menjadi 5% Pada Ms. Excel

Berbicara persentase (%) memang sering kita temui dalam bekerja memakai Ms. Excel atau bahkan minimal kita pernah menemukan dilema dalam pengolahan persentase baik itu dalam pengelolaan keuangan atau data yang lainnya menyerupai database siswa maupun karyawan atau pegawai. Hal ini tentunya harus sudah menjadi kewajiban kita sebagai pengelola data memakai Ms. Excel harus mengetahui bagaimana caranya mengatasi dilema dalam persentase.

Di Ms. Excel saat kita mengetikan persentase contohnya 20% pribadi diketikan di Ms. Excel pada cell tertentu maka akhirnya akan pribadi dapat kita lihat 20% bukan hitungan decimal menjadi 0.20 belum lagi dilema saat berapa angka yang diharapkan dibelakang koma tersebut apakah 1 angka, 2 angka atau bahkan mengalami pembulatan.

Baca:
Cara Menghitung Persentase Dilengkapi dengan Contoh

Cara Mengatasi Persentasi di Ms. Excel

Pada bahan kali ini saya tentunya akan membahas sesuai dengan judul artikelnya yaitu cara merubah persentase 0.05 menjadi 5% dan hal ini bagi Anda yang sudah pernah mengalami serta mengetahui solusinya tentu tidaklah sulit namun dapat dibayangkan bagi Anda yang gres menemukan dilema menyerupai ini betapa bingungnya bagaimana solusi mengatasi dilema tersebut.


Gb.1 : Cara Merubah Persentase dari Decimal Menjadi Persen


Ketika Anda mengetikan angka contohnya pada cell A1 yaitu =5/100 maka hasil yang akan di tampilan oleh Ms. Excel yaitu 0.05 sedangkan yang Anda butuhkan yaitu 5% namun tentunya cara manual yang akan Anda lakukan alasannya yaitu ini merupakan rumus yang harus diketikan yaitu =5/100 bukan 5% yang Anda ketikkan maka seharusnya Anda bukan mengetikan 5% melainkan tetap dituliskan rumus =5/100 dan untuk dapat merubah tampilan menjadi 5% caranya sangat sederhana yaitu Anda harus memformat cell tersebut menjadi format persentase.

Format persentase inilah yang nantinya harus Anda lakukan bukan mengganti dengan cara mengetikkan alasannya yaitu kalau Anda ketikan angka pribadi 5% berarti Anda salah cara. Untuk dapat merubahnya silakan ikuti langkahnya berikut ini.

Cara Pertama Merubah Decimal Menjadi Persentase
Setelah Anda mengetikan angka pada cell B2 yaitu =5/100 maka akhirnya yaitu 0.05 dan itu yaitu cell yang mempunyai format general. Untuk merubahnya silakan klik kanan pada cell B5 tersebut lalu pilih Format Cell


Langkah berikutnya sehabis Anda melaksanakan hal tersebut maka akan muncul jendela Format Cell dan silakan Anda pilih Tab Number lalu kategorinya pilih Persentase lalu akhiri dengan mengklik OK


Dan akhirnya Anda akan melihat menyerupai gambar no.1 diatas jadi angka 0.05 akan dirubah secara otomatis menjadi 5% Anda tidak usah bingun mau 5% maupun 0.05 kalau dipakai rumus apapun maka akhirnya akan sama.


Cara Kedua Merubah Decimal Menjadi PersentaseJika Anda melaksanakan dengan cara kedua tentunya akan lebih cepat dan gampang silakan cari sajian Home lalu tab style Number dan klik persen. Jika ingin lebih cepat lagi maka silakan Anda menekan kombinasi keyboard antar CTRL+SHIFT+% maka akhirnya akan berubah dari angka decimal 0.05 menjadi 5%.

Selesai, kini Anda sudah dapat merubah angka decimal 0.05 menjadi persentase 5% tidak sulit bukan? Selamat mencoba supaya dapat membantu jangan lupa untuk komen di kolom komentar kalau dirasa bermanfaat dapat Anda shared.

Simak:
Pengenalan Berbagai Jenis Format Cell pada Ms. Excel


Sumber http://www.excel-id.com/