Wednesday, September 12, 2018

√ Konversi Jam Ke Menit Dengan Rumus Hour+Minutes

Bagaimana rumus untuk mengkonversi jam ke menit? Cara untuk menuntaskan hitungan jam ke menit contohnya saya punya data 3 jam 20 menit atau dalam format excel terlihat "03:20" maka jikalau kita hitung berapa menit dari 3 jam 20 menit tersebut?


Permasalah diatas biasanya terjadi pada sisa hasil pengurangan antara jam tiba dan jam berangkat dimana perhitungannya yakni jam tiba dikurangi jam berangkat maka sanggup diperoleh usang perjalanan, jikalau usang perjalanan memakai format time di Ms. excel, maka Anda harus sanggup mengakumulasi atau mengkonversi kedalam bentuk menit (hitungan menit).

Baca :
Cara Menambahkan Tulisan "Jam" dan "Menit" pada Rumus

Untuk sanggup diperoleh data ibarat tabel diatas kita harus mengetahui terlebih dahulu bahwa 1 jam yakni 60 menit maja untk menghitung rumus di cell E3 kita gunakan formula :

=HOUR(D3)*60 +MINUTE(D3)&" Menit "
Hasil : 200 Menit

Rumus diatas akan mengkalikan jam yang ada di cell D3 dengan angka 60 (karena 1 jam yakni 60 menit) lalu ditambahkan jumlah menit yang ada di cell D3. Untuk teks suplemen Anda sanggup gunakan fungsi menambahkan goresan pena pada rumus dengan memakai "&"Text".

Lalu bagaimana jikalau kita konversi dengan detik?
Anda sanggup gunakan rumus =HOUR(D3)*3600 +MINUTE(D3)*60&" Detik "

Jika kita gunakan rumus diatas unutk konversi kedalam hitungan detik maka akan diperoleh hasil ibarat gambar tabel dibawah ini



Simak:
Rumus Excel untuk Mengolah Tanggan dan Waktu

Demikian, biar bermanfaat.
Sumber http://www.excel-id.com/