Saturday, September 15, 2018

√ Menciptakan Laporan Sewa / Rental Kendaraan Beroda Empat Dengan Excel

Mudahnya menciptakan laporan keuangan untuk sewa kendaraan beroda empat (rental mobil) mengunakan Ms. Excel. Selain fungsi Ms. Excel dipakai untuk mengelola keuangan keunggulan Ms. Excel juga bisa menciptakan sebuah grafik laporan keuangan. Bagi Anda yang bergelut di bisnis rental kendaraan beroda empat tentunya Anda harus bisa memanajemen keuangan biar bisa dan bisa dilihat apakah bisnis Anda untung atau malah rugi. Dengan adanya administrasi keuangan yang sempurna tentunya Anda bisa menganalisa dengan gampang bisnis yang Anda jalankan.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana menciptakan laporan keuangan sewa (rental) mobil. Bagi sebagian orang yang mempunyai bisnis ini terkadang yang penting ada pemasukan maka mereka menganggap bahwa bisnis yang dijalankan mempunyai laba dan layak. Sebenarnya untuk menciptakan laporan keuangan sewa kendaraan beroda empat tidaklah sulit Anda bisa memakai Ms. Excel sebagai aktivitas / software untuk menciptakan laporan. Laporan sewa kendaraan beroda empat ini bisa berupa bulanan/triwulan/semester atau bahkan tahunan. Jika Anda menjalankan bisnis ini secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri tanpa melibatkan pihak lain sebagai karyawan dari perjuangan Anda tentunya Anda juga harus lebih maksimal dalam mengelola keuangan tersebut.

Baiklah bagaimana seh caranya menciptakan laporan keuangan sewa / rental kendaraan beroda empat dengan Excel itu?

Pertama Anda bisa lihat sebuah tabel yang sudah jadi ialah laporan sederhana rental kendaraan beroda empat dengan waktu sewa dan batas maksimal penyewaan. Apabila penyewa melebihi batas maksimal penyewaan maka akan dikenakan denda. Namun perlu diingat ini hanya sekedar rujukan saja yang paling penting ialah Anda sanggup mengetahui rumus-rumus excel yang dipakai dalam menciptakan laporan rental kendaraan beroda empat ini.


Dari rujukan laporan tabel diatas terang terdapat tanggal sewa yang merupakan waktu mulai penyewaan rental kendaraan beroda empat lalu ada juga data tanggal kembali yaitu tanggal yang  harus dikembalikan oleh si penyewa maka akan diperoleh lamanya sewa lalu untuk tarif ini diadaptasi dengan kondisi pasaran pada kawasan Anda dan tarif ini akan memilih berapa jumlah biaya yang harus dibayarkan oleh si penyewa rental kendaraan beroda empat tersebut. Apabila usang sewa melebihi dari 15 hari maka akan dikenakan denda dan denda tersebut ditentukan sebesar Rp. 100.000 per hari. maka dengan suplemen fitur denda akan diperoleh total biaya final yang harus dibayarkan.

Dari ketentuan diatas sanggup kita gunakan rumus untuk tanggal sewa yaitu tanggal kembali dikurangi tanggal sewa karenanya ialah jumlah hari
Silakan  buat rumus pada jumlah hari yaitu =H5-G5 alasannya tanggal berakhir sewa berada pada cell H5 dan tanggal mulai sewa berada pada cell G5. Anda bisa menambahkan teks atau kata "hari" dengan memakai format cell dan pilih Custom dan tuliskan pada typenya menjadi "General "hari "" perhatikan gambar berikutini


Anda juga bisa menambahkan kata "hari" dengan cara yang pernah saya ulas pada artikel di blog ini namun apabila Anda lupa silakan lihat di

Cara Menambah Tulisan Setelah Rumus

Langkah berikutnya kita akan mengihitung jumlah biaya dimana rumus ini akan mengkalikan antara jumlah hari dengan tarif sewa maka dalam rujukan diatas sanggup dituliskan rumus =I5*J5 silakan copykan ke bawah samai diperoleh hasil perkalian yang sama setiap barisnya.

Untuk denda ketentuannya ialah apabila sewa melebihi 15 hari maka akan dikenakan denda sebesar Rp. 100.000 per harinya Anda bisa menciptakan rumus =IF(I5>15,(I5-15)*100000,0) tekan OK dan silakan copykan rumusnya ke bawah hingga diperoleh berapa denda yang harus dibayarkan oleh masing-masing penyewa. Untuk karenanya tentunya akan berbeda-beda tergantung berapa hari masa denda yang dilakukan oleh si penyewa tersebut.

Langkah terakhir ialah kita akan menghitung jumlah total yang harus dibayar sehabis ditambahkan dengan denda maka rumusnya ialah =K5+L5 dan karenanya silakan lihat sendiri lalu copykan juga rumus tersebut dengan cara drag ke bawah hingga ke penyewa terakhir.


Selesai. Anda sudah bisa menciptakan sebuah laporan sederhana untuk rental/sewa kendaraan beroda empat memakai rumus Excel. Dengan laporan penghasilan sewa rental kendaraan beroda empat yang Anda buat maka akan memudahkan bagi si pemilik rental untuk menganalisa perjuangan yang dijalaninya.

Semoga bermanfaat.
Sumber http://www.excel-id.com/