Pengertian Microsoft Excel Lengkap dengan Fungsinya | Apa yang dimaksud dengan Microsoft Excel? dan untuk apa fungsinya? Pada blog excel-id ini banyak sekali tutorial mengenai Excel dan lebih dari 300 rumus yang disediakan dalam blog ini, namun bagi Anda yang gres mengenal Excel apa seh Microsoft Excel itu?
Banyak sekali yang mendefinisikan pengertian Microsoft Excel dan saya kira itu masuk akal sepanjang tidak keluar dari fungsi serta kegunaannya.
Lalu apa Microsoft Excel itu?
Microsoft Excel ialah suatu kegiatan aplikasi yang merupakan bab dari Microsoft Office dan dipakai untuk mengolah data angka, grafik, maupun tabel. Microsoft Excel ini dikeluarkan oleh Microsoft Corporation yang merupakan perusahaan software terbesar ketika ini. Aplikasi Microsoft Excel ini banyak sekali dipakai di banyak sekali perusahaan maupun instansi pemerintah. Selain interface yang gampang dipakai oleh user fitur rumus nya pun lengkap serta gampang untuk dipelajari. Perkembangan Microsoft Excel ini sangat signifikan dari mulai versi 5.0 hingga dengan ketika ini versi Microsoft Excel 2016.Jika kita melihat sejarah perkembangan aplikasi Microsoft Excel ini pada tahun 1982, Microsoft menciptakan sebuah kegiatan spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat terkenal dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah bangun saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini menciptakan Microsoft memulai pengembangan sebuah kegiatan spreadsheet yang gres yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, menyerupai yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Baca:
Pengen Ahli Microsoft Excel?
Jika kita melihat perkembangan dari Microsoft Excel ini mungkin Anda pernah mengalami Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar kegiatan spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar kegiatan spreadsheet dan menimbulkan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer eksklusif yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat besar lengan berkuasa bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan memakai keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel gres setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir ialah Microsoft Office Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya ialah Excel for Mac.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga mempunyai nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam praktiknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa duduk masalah lagi. Microsoft juga sering memakai aksara XL sebagai kependekan untuk kegiatan tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang dipakai oleh kegiatan tersebut masih terdiri atas dua aksara tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibentuk oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) ialah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya ialah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama mempunyai ukuran file yang lebih kecil jikalau dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Perkembangan fitur pelengkap "Macro Visual Basic for Aplication (VBA)"
Fitur yang sanggup dipakai di Ms. Excel ini ialah adanya pelengkap yang sanggup dimanfaatkan secara sanggup bangun diatas kaki sendiri memakai coding / script VBA. Bagi pada programmer bahasa VBA ini sudah tidak aneh lagi dan sangat bisa membantu meningkatkan kelebihan penggunaan Microsoft Excel. Sejak tahun 1993, Excel telah mempunyai bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang sanggup menambahkan kemampuan Excel untuk melaksanakan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang sanggup didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk dipakai di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melaksanakan pembuatan kegiatan buatannya. Selain itu, Excel juga sanggup merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga bisa melaksanakan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk sanggup berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak sanggup membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan proteksi terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.Seperti yang pernah saya posting sebelumnya Microsoft Excel sanggup dikembangkan dan bisa dipakai untuk menciptakan aplikasi-aplikasi berbasis VBA Excel.
Anda bisa Lihat
Aplikasi Pilkades dengan VBA
Rumus-Rumus Microsoft Excel yang sering dan banyak dipakai oleh banyak sekali kalangan adalah
- Rumus AVERAGE, dipakai untuk menghitung nilai rata-rata dalam suatu range.Anda bisa lihat bagaimana saya mengetahui atau menghitung berapa nilai rata-rata raport
- Rumus COUNT, merupakan rumus untuk menghitung banyak angka(hanya angka) dalam sebuah range. Contoh =count(A2,A5)
- Rumus COUNTA, dugunakan untuk menghitung banyak data (dpt berupa angka atau huruf) dalam sebuah range dan caranyapun masih sama dengan count. countif, dugunakan untuk menghitung banyak data dengan criteria tertentu, contohnya dalam sebuah range ada beberapa sell yang sama, maka kita sanggup memilih ada berapa banyak sell yang sama tersebut. Contoh =countif(B15:B20,criteria sma yg dicari)
- Rumus SUMIF, dipakai untuk menghitung jumlah data dengan criteria tertentu dan kemudian data yang sama tersebut ditotalkan, caranya cukup dengan memasukkan rangenya, criteria yg sma, kemudian masukkan range yg akan dijumlahkan. contoh; =SUMIF(F17:F22,2,F17:F22)
- Rumus SUM, yaitu rumus yang dipakai untuk menjumlahkan total dari beberapa range,contohnya saja =SUM(A1:A5)
- Rumus MIN, yaitu rumus yang dipakai untuk mengetahui variable angka yang paling kecil, caranya dengan menggabungkan beberapa range dari yang ingin diketahui jumlah yang paling kecilnya, pola =min(A2:A17)
- Rumus MAX, merupakan kebalikan dari min, caranya pun juga sama contoh; =max(A5:A15)
- Rumus RIGHT, yaitu penggunaan untuk mengambil beberapa karakter dari sebelah kanan, caranya dengan memasukkan text atau juga sell yang dipilih. contohnya; =right(B15,3)
- Rumus MID, yaitu penggunaan untuk mengambil beberapa karakter dari tengah, cukup memasukkan teks/sellnya kemudian masukkan start num/dimulai dari karakter berapa dan terakhir masukkan isi berapa karakter ingin diisi, contoh; =mid(A5,2,5)
- Rumus LEFT, ini adala kebalikan dari right, yaitu mengambil karakter dari sebelah kiri, pola =left(A1,3)
- Rumus HLOOKUP, merupakan rumus untuk mengambil rumus dari table secara horizontal. Caranya kita harus memilih range table yang akan jadikan pedoman, dan kemudian tekan f4 di range tersebut guna untuk mengunci range tersebut semoga nantinya ketika dicopy rumusnya tidak error. Yang harus dilakukan yaitu, mengisi lookup value,table array,rowindeksnum,dan range lookupnya
- Rumus VLOOKUP, merupakan kebalikan dari hlookup, dengan mengambil rumus secara vertical. Dan caranya pun juga masih sama dengan Hlookup
- Rumus IF, merupakan penggunaan rumus yang berdasarkan saya agak sulit alasannya rumusnya ialah yang paling panjang dan juga memakai logika, caranya kita harus memilih terlebih dahulu apa saja yang ingin dibuatkan logikanya. Kemudian isi logical test, value is true, da kemudian value is false
Fungsi Utama Microsoft Excel
Apa seh fungsi utama dari Microsoft Excel itu? Jika Anda melihat pengertian dari Microsoft Excel diatas maka sudah terperinci bahwa fungsi microsoft excel dipakai untuk mengolah data angka, grafik dan tabel jadi apabila Anda akan mengolah data angka melalui perhitungan matematika, logika, maupun statistik maka kegiatan aplikasi ini sangat cocok digunakan.Tidak sedikit juga aplikasi berbasis apapun baik itu web based maupun desktop yang dikembangkan oleh para programmer Indonesia maupun manca negara yang memperlihatkan akomodasi import dan export berfupa file excel dan bahkan ada software yang bisa mengkonversi format lain ke format excel atau sebaliknya. Sehingga tidak heran kegiatan aplikasi ini sudah tidak aneh lagi di kalangan masyarakat. Bukan hanya itu ada juga beberapa perusahaan yang merekrut karyawannya dengan catatan atau syarat harus mahir Microsoft excel untuk bisa bekerja di perusahaan yang bersangkutan.
Anda bisa memakai akomodasi untuk mempercepat pengoperasian Ms. Excel dengan memakai akomodasi shortcut. Beberapa sortcut yang bisa dimanfaatkan beserta fungsinya Adan bisa lihat pada daftar dibawah ini :
Ctrl + A Memiilih / menyeleksi seluruh isi dari worksheet (select all)
Ctrl + B Membuat Bold area / sel yang diseleksi
Ctrl + I Membuat italic area / sel yang diseleksi
Ctrl + K Menyisipkan link.
Ctrl + U Membuat garis bawah area / sel yang diseleksi
Ctrl + P Menampilkan kotak obrolan print untuk memulai mencetak.
Ctrl + Z Membatalkan langkah/tindakan terakhir.
F2 Edit sel yang dipilih
F5 Menuju ke sel tertentu. Sebagai contoh, E7.
Shift + F5 Memunculkan kotak pencarian
F7 Memeriksa ejaan teks yang dipilih dan/ atau dokumen
F11 Membuat Chart
Shift + F3 Membuka jendela rumus Excel
Ctrl + Shift + ; Memasukan waktu ketika ini.
Ctrl + ; Memasukan tanggal.
Alt + Shift + F1 Membuat Worksheet baru.
Ctrl + 5 menciptakan strikethrough sel /area yang dipilih
Ctrl + F9 Minimize jendela window
Ctrl + F10 Maximize jendela window
Ctrl + F6 Beralih di antara file excel yang sedang dibuka
Ctrl + Page up Memilih Sheet ke arah kiri
Ctrl + Page down Memilih Sheet ke arah kanan
Ctrl + Tab Beralih di antara Dua atau lebih file exel yang terbuka
Alt + = Membuat rumus untuk jumlah semua sel di atas
Ctrl + ' Memasukan nilai di atas ke dalam sel sel yang dipilih.
Ctrl + Shift + ! Format nomor dalam format koma.
Ctrl + Shift + $ Format angka dalam format mata uang.
Ctrl + Shift + # Format nomor dalam format tanggal
Ctrl + Shift + % Format nomor dalam format persentase
Ctrl + Shift + ^ Format nomor dalam format ilmiah.
Ctrl + Shift + @ Format nomor dalam format waktu.
Ctrl + Arrow key Pindah ke bab berikut teks.
Ctrl + Space Pilih seluruh kolom.
Shift + Space Pilih seluruh baris.
Baca:
20 Shortcut Key untuk mempercepat pengolahan Microsoft Excel
Fungsi Microsoft Excel juga banyak dipakai untuk menuntaskan duduk masalah akuntasi keuangan dengan akomodasi rumus yang bisa dipakai Anda bisa menuntaskan manajemen keuangan dan bisa menciptakan laporan keuangan yang akurat. Lihat Contoh Laporan Keuangan dengan Excel
Oke, itulah pengertian Microsoft Excel yang disertai fungsinya secara lengkap yang bisa saya jelaskan dan untuk bisa memahami untuk berguru Microsoft Excel silakan baca-baca link bahan yang ada di blog Excel-id ini. Semoga bermanfaat. Sumber http://www.excel-id.com/