Tuesday, September 18, 2018

√ Soal Dan Tanggapan Pretest Ppg

Assalamu alaikum sobat guru seperjuangan PPG 2019, kali ini kami akan bagikan Soal Pretest PPG yang dilengkapi dengan jawaban. Anda bisa mencoba latihan menjawab tes yang ada di bawah ini, semoga mendapat nilai yang manis mencapai passing grade yang telah ditentukan.

Assalamu alaikum sobat guru seperjuangan PPG  √ Soal dan Jawaban Pretest PPG


Lihat juga 99+ Soal Pretest PPG Pedagogik Dengan Jawaban

Pilihlah tanggapan yang paling Benar!

1. Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum sanggup berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit

2. Seorang anak dengan kemampuan memakai kata secara efektif baik mulut (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan simpel bahasa) berdasarkan Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan ...
A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh

3. Untuk mengetahui kemampuan awal penerima didik, seorang pendidik sanggup melaksanakan ...
A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang penerima didik
D. tes awal (pre-test)

4. Dalam mengidentifikasi masalah kesulitan berguru sanggup dilakukan dengan metode criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced ialah ...
A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang sanggup diterima, contohnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut. Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah sanggup diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.
C. Menganalisis kemampuan penerima didik
D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan berguru serta mencari siswa yang mengalami tanda-tanda terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita kesulitan berguru lainnya )

5. Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori berguru dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...
A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan aneka macam pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
C. Menggunakan taktik pembelajaran
D. Hanya memakai teknik pembelajaran

6. Salah satu unsur taktik pembelajaran ialah Mengidentifikasi dan memutuskan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)
Penerapan dari unsur taktik di atas dalam konteks pembelajaran ialah ...
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil sikap dan pribadi penerima didik.
B. Mempertimbangkan dan menentukan sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan memutuskan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan

7. Yang ditekankan di dalam taktik pembelajaran interaktif adalah...
A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara penerima didik
C. pembelajaran didominasi instruksi dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal

8. Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan memutuskan SKL berdasarkan  kesiapan siswa, tujuan pendidikan  nasional, dan  kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain ……
A. Tantangan  internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched

9. Kurikulum 2013, proses pembelajaran memakai pendekatan saintifik, Artinya yaitu……..
A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga sanggup membantu siswa untuk , sanggup mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih bisa dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar  berdasar  pada prinsip  akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

10. Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

11. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa penerima didik mempunyai posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya semoga menjadi insan yang beriman dan berakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, berdikari dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ……….
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

12. Upaya guru dalam menawarkan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman berguru yang telah dialami yang paling optimal ialah dengan cara ……..
A. Guru menawarkan tes atau pekerjaan rumah setiap selesai pelajaran
B. Guru memakai pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuransaat pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa ihwal capaian atau persoalan berguru yang dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

13. Upaya merancang pengayaan bagi penerima didik yang mencapai ketuntasan berguru optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ……………
A. Memberikan pelengkap materi berupa sumber asuh dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes pelengkap dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan pelengkap sumber baaan pelengkap yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan pelengkap materi berupa sumber asuh dari penerbit yang berbeda

14. Yang di maksud dengan penilaian adalah
A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil berguru penerima didik.
B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara penerima didik dan pendidik

15. Bentuk penilaian yang menghendaki penerima didik menampilkan sikap memakai pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan kiprah di sebut penilaian
A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik

16. Pendidik melaksanakan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh penerima didik. Adapun instrumen yang di gunakan dalam penilaian tersebut ialah :
A. Skala penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes

17. Lingkup penilaian hasil berguru meliputi kompetensi  beberapa kompetensi yaitu;
A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi inti, kompetensi dasar
C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, kompetensi pengetahuan.
D. kompetensi sikap sosial

18. Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali ;
A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. melaksanakan prosedur
D. pemecahan persoalan dan sikap

19. Konsep menyodorkan aneka macam situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk menyelidiki, mencari jawabannya ialah konsep dan strategi.....
A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning

20. Guru memebentuk kelompok kelompok berguru dan menawarkan kiprah kepada tiap kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok menawarkan kiprah dan fungsi tertentu sehingga jikalau salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersbut tidak sanggup di selesaikan . karakteristik dari taktik pembelajaran tersebu ialah ;
A. Tugas kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pengajaran eksklusif (direct teaching)
D. berguru kooperatf (cooperatf learning)

21. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran mempunyai tiga fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali
A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai materi dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk

22. Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati  flora jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani mengusut laporan hasil observasi siswa. Dari hasil pembagian terstruktur mengenai kecenderungan gaya berguru siswa di peroleh peringkat hasil berguru peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas memperlihatkan siswa memeiliki kecenderungan gaya berguru berhasil baik melalui.....
A. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
B. Visual (pandangan mata ) - Kinestik (gerak )
C. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
D. Auditif Visual dan kinestetik

23. Upaya membimbing siswa untuk mengembang keterampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru:
A. memberi rujukan penting toleransi
B. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. melatih siswa menciptakan keputusan yang diambil berdasarkan informasi

24. Upaya guru memakai hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar  antara lain sebagai berikut ………
A. menentukan kreteria keberhasilan belajar
B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang diharapkan
D. merencanakan pengajaran remidi

25. Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis menyerupai kisah perjalanan riwayat para pendekar dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia……...
A. 3-5tahun
B. 6-8 tahun
C. 10-12 tahun
D. 15-18 tahun

26. Beberapa siswa mempunyai kecenderungan berguru berupa mengerjakan soal atau kiprah dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya berguru para siswa tersebut adalah…….
A. implusive
B. reflektif
C. gaya berfikir terikat
D. gaya berfikir bebas

27. Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….
A. jujur dan adil
B. mengikat dan memaksa
C. sementara dan selamanya
D. bekerjsama dan sejujunya

28. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur ,hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ……
A. Adil
B. Obyektif
C. Valid
D. Sistematis

29. Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapakalikah roda kedua akan berputar jikalau roda pertama berputar 10 kali
A. 30
B. 21
C. 27
D. 18

30. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk sanggup menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau jadwal ialah ….
A. Pengukuran
B. Evaluasi
C. Penilaian
D. Penilaian

31. Proses mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut…..
A. Membaca intensif
B. Membaca langsung
C. Membaca deduktif
D. Membaca sekilas

32. Etika Pancasila ialah …..
A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan
B. Keagamaan, social dan kerakyatan
C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan
D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan

33. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi berguru siswa dan semoga proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
A. Metode pembelajaran
B. Pendekatan pembelajaran
C. Strategi pembelajaran
D. Gaya pembelajaran

34. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ialah (1) meningkatkan proses berguru mengajar, (2) memakai rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) meliputi proses refleksi dan partisipatif, kecuali....
A. Meningkatkan proses berguru mengajar
B. Menggunakan rancangan yang bersifat siklus
C. Mencakup proses refleksi
D. Menggunakan metodelogi terbaru

35. Pada suatu hari dalam perjalanan menumpangi kendaraan beroda empat angkot. Dua penumpang yang masih muda belia tertawa, tetapi tidak terdengar mereka melaksanakan interaksi. Karena penasaran, saya mencoba memperhatiakan apa yang mereka lakukan. Ternyata mereka ialah siswa-siswa tuna rungu sedang asyik berkomunikasi, akan tetapi komunikasi yang dilakukan tidak memakai bahasa. Mereka memakai jari-jari tangan untuk berkomunikasi. Dengan demikian mereka menggunkan bahasa isyarat. Dari ilustrasi di atas, bahasa termasuk komunikasi.....
A. Verbal
B. Nonverbal
C. Inverbal
D. Sistimatik

36. Seorang bayi mulai berinteraksi dengan mengeluarkan bunyi-bunyi yang tidak beraturan ketika diperlihatkan sebuah maianan dan diajak bicara. Seorang ibu seringkali memberi kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam komunikasi sosial dengannya. Bayi mengangkat-angkat badannya seakan-akan memberi tanda untuk minta digendong. Ketika itulah bayi pertama kali mengenal sosialisasi dan mencicipi bahwa dunia ini tempat orang saling membuatkan rasa. Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkungannya secara verbal disebut dengan....
A. Pemerolehan bahasa
B. Pemerolehan isyarat anak
C. Pemecahan bahasa anak
D. Karakteristik anak

37. Penggunaan abjad kapital di bawah ini yang benar adalah....
A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman
B. Presiden joko widodo berkunjung ke blora.
C. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.

38. Bahasa Indonesia Baku ialah bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah atau pola bahasa Indonesia yang sedang berlaku.
Penggunaan abjad miring pada kalimat di atas dipakai untuk....
A. Menulis judul buku
B. Menjelaskan atau mengkhususkan huruf, bab kata, atau kelompok kata
C. Menuliskan kata nama-nama ilmiah
D. Menuliskan nama majalah

39. Masyarakat Indonesia terdiri dari aneka macam suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal ini Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan dan fungsi....
A. Sebagai lambang pujian kebangsaan
B. Sebagai alat pemersatu bangsa
C. Sebagai alat perhubungan
D. Sebagai lambang identitas nasional

40. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan fungsi Bahasa Indonesia sebagai....
A. Alat perhubungan tingkat nasional
B. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional
C. Bahasa yang dipakai dalam insiden kenegaraan
D. Bahasa pengantar di forum pendidikan

41. Model pembelajaran yang cocok dengan mata pelajaran matematika adalah....
A. Model Inquiry Learning
B. Model Discovery Learning
C. Model Problem Based Learning
D. Model Project Based Learning

42. Teman-teman, pernah punya pengalaman menyerupai Fikri, nggak? Sewaktu ia bermain di sungai bersama teman-temannya, ia mnginjak watu sungai yang licin. Akibatnya ia terpeleset dan byuurrr... jatuh deh ke sungai. Waah... asyik, ya, bermain di sungai. Eh, teman-teman tahu nggak, mengapa watu di sungai halus dan licin sedangkan batu-batu di darat banyak yang kasar? Begini penjelasannya, simak ya....
Dalam bacaan di atas memakai ragam bahasa....
A. Resmi
B. Baku
C. Tidak baku
D. Daerah

43. Peggunaan tanda baca yamg benar dibawah ini ialah ............
A. Kita kini memerlukan meja. kursi. dan lemari.
B. Kita, kini memerlukan meja, kursi, dan lemari !
C. Kita kini memerlukan meja, dingklik dan lemari.
D. Kita kini memerlukan meja dingklik dan lemari ?

44. Menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa , Karena .........
A. Menyimak sambil melaksanakan kegiatan lain tidak bisa menanggapi secara tepat
B. Menyimak sambil melaksanakan aktifitas lain bisa menanggapi secara tepat
C. Membaca sambil menyimak bisa menangkap pembicaraan secara benar
D. Menyimak sambil menyanyi , ternyata sanggup menanggapi secara tepat

45. Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang sanggup dipakai kecuali ............
A. Metode Kupas rangkai suku kata
B. Metode kata lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Cerita

46. Berikut diberikan studi masalah :
Mula – mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata – kata yang mendukungnya. Dari kata – kata itu kita ceraikan atas suku – suku katanya dan alhasil atas abjad – hurufnya.Kemudian abjad – abjad itu kita sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat. Berdasarkan studi masalah metode membaca permulaan yang tepat dipakai ialah .........
A. Metode Alfabet
B. Metode Suku Kata
C. Metode SAS
D. Metode Cerita

47. Memilihberbagai metode menulis permulaan
1). Menulis permulaan
2). Merangkaikan abjad lepas menjadi suku kata
3). Merangkaikan suku kata menjadi kata
4). Menyusun kata menjadi kalimat
Tahapan diatas ialah teknik menulis permulaan dengan metode ............
A. Metode Eja
B. Metode Kata Lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Global

48. Merancang aneka macam kegiatan menulis di kelas tinggi
Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali....
A. Menulis ihwal aneka macam topik
B. Menulis pengumuman
C. Menulis pantun
D. Menulis memo

49. Kegiatan mementaskan lakon atau dongeng biasanya guru dan siswa mempersiapka naskah dan skenario,perilaku dan perlengkapan.kegiatan tersbut mengekpesikan perasaan dan pikiran siswa dalam bentuk bahasa lisan.hal tersebut termasuk hakekat berbicara jenis.....
A. Bercerita
B. Cerita berantai
C. Bermain peran
D. Dramatisasi

50. 1) Warna batunya merah menyala menyerupai api, bila terkena sinar matahari akan menyilaukan mata.
2. Ayah mempunyai watu akik yang sangat-sangat ia sukai.
3. Batu akik ini sungguh asing alasannya ialah seakan menyala ketika lampu mati.
4. Tidak salah jikalau Ayah sangat suka dengan watu akiknya ini.
Urutan kalimat-kalimat di atas semoga menjadi paragraf yang padu ialah ...
A. 1 – 4 – 2 – 3
B.  1 – 3 – 2 – 4
C.  2 – 1 – 3 – 4
D. 2 – 3 – 4 – 1


Assalamu alaikum sobat guru seperjuangan PPG  √ Soal dan Jawaban Pretest PPG

51. Hakekat karya sastra apapun bentuknya tetap sama yakni .....
A. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya.
B. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan waktunya.
C. Pengalaman kemanusiaan dalam segala hal.
D. Pengalaman kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan.

52. Sastra Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu ...
A. Puisi, prosa, sajak
B. Puisi, pantun, drama
C. Puisi, prosa, drama
D. Puisi, drama, sajak

53. Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang tiba membayang ( ... )
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi diatas yaitu ...
A. Batang usiaku sudah tinggi
B. Aku telah menjelang ajal
C. Aku lalai di hari pagi
D. Akhh, untuk apa ku sesalkan

54. Pada suatu pagi, beberapa anak burung berkumpul di tengah hutan sambil bergurau. Mereka ialah burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, Burung Elang, dan Burung Gereja.

Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang memamekan diri kepada Burung Gereja. Burung Merak memamerkan bulunya yang indah. Burung Beo memarkan suaranya yang indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yang merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya.

Burung Gereja sedih. Tak ada dalam dirinya yang bisa dibanggakan. Bulunya tidak indah. Suaranya juga tidak merdu. Badannya pun tidak gagah. Lalu,  burung  Gereja pulang ke rumah dan bertemu dengan ibunya. Ia menceritakan kesedihannya. Ibu burung Gereja menghibur anaknya.

Suatu hari, burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin sekali menemui teman- temannya. Tetapi tidak satupun temannya yang terlihat. Ia kemudian berjalan ke tepi hutan. Di tempat Pak Tani, Burung Gereja melihat Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang dalam perangkap Pak Tani. Mereka bercerita hendak dijual ke kota. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang sedih. Mereka meratapi kesombongannya.

Amanat yang sanggup kita petik dari dongeng tersebut ialah ...
A. Kita dihentikan menyombongkan kelebihan yang kita miliki.
B. Kita dihentikan memamerkan kekurangan kita.
C. Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
D. Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.


55. Perhatikan cuplikan obrolan berikut !
Bu guru : “ Ibu mint kalian berdua jujur ! Kenapa isi kiprah kalian bisa sama persis, bahkan titik dan komanya sekalipun “
Aline : “ Saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu.” Chelsea : “ Saya juga mengerjakan karya nrimo saya sendiri.”
Bu guru : ” Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari tanggapan ulangan kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? Bisa menjelaskan ke ibu?
( usang Aline dan Chelsea termangu )
Bu guru :  “  Baiklah  kalau  kalian  tidak  mau  mengaku,  ibu  anggap  kalian  tidak mengerjakan kiprah karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi.”

Karakter Bu Guru dalam drama di atas ialah ...
A. Galak
B. Tegas
C. Pemaaf
D. Bijaksana

56. Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198 ...
A. 9 dan 1386
B. 18 dan 1386
C. 18 dan 1368
D. 9 dan 1368

57. Diketahui fungsi f : dan fungsi f ditentukan dengan rumus f (x) = x2 + 1, jikalau f (a) = 10, hitunglah nilai a yang mungkin.
A. a = 3 atau a =-3
B. a =-3 atau a = 3
C. a =-3 atau a =-3
D. a = 3 atau a = 3

58. C
Assalamu alaikum sobat guru seperjuangan PPG  √ Soal dan Jawaban Pretest PPG










59. Harga 2 koper dan 5 tas ialah Rp 600.000,00, sedangkan harga 3 koper dan 2 tas ialah Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan tas ialah ...
A. Rp 240.000,00
B. Rp 270.000,00
C. Rp 330.000,00
D. Rp 390.000,00

60. Jumlah dua buah bilangan sama dengan 20. Jika hasil kali kedua bilangan itu sama dengan 75, maka bilangan-bilangan tersebut ialah ...
A. 4 dan 16
B. 5 dan 15
C. 6 dan 14
D. 8 dan 12

61. Nugraha membeli 3kg jeruk dan 2kg jambu dan ia harus membayar Rp. 16.000 sedangkan Dewi membeli 6kg mangga dan 1kg jambu dengan harga Rp. 26.000. Berapakah harga 10kg jeruk dan 5kg?
A. Rp. 30.000
B.  Rp. 32.000
C.  Rp. 40.000
D. Rp. 50.000

62.
Assalamu alaikum sobat guru seperjuangan PPG  √ Soal dan Jawaban Pretest PPG
JIka besar sudut a ialah 70 derajat maka besar sudut e ialah … derajat

A. 90
B. 100
C. 110
D. 120


63. Perhatikan sifat-sifat berdiri datar berikut !
1. mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang
2. mempunyai diagonal yang saling tegak lurus
3. mempunyai sudut siku-siku
4. mempunyai 2 pasang sisi sejajar
5. mempunyai sepasang sudut sama besar
Dari sifat-sifat di atas yang merupakan sifat laying-layang ialah ….

A. 1), 2), 3)
B. 1), 3), 4)
C. 1), 3), 5)
D. 1), 2), 5)


64. Hasil pencerminan terhadap garis x dari berdiri di bawah ini ialah ….
Assalamu alaikum sobat guru seperjuangan PPG  √ Soal dan Jawaban Pretest PPG



















B

65. Novi mengendarai kendaraan beroda empat dari Kota Semarang menuju Blora dengan kecepatan 40 km/jam, sedangkan Ima mengendarai kendaraan beroda empat dari Blora menuju Semarang dengan kecepatan 60 km/jam. Jika jarak Kota Semarang dengan Blora ialah 125 km dan mereka
berangkat pada pukul 07.00 maka pada pukul berapa mereka akan berpapasan?
A. 08.00
B. 08.15
C. 08.25
D. 08.30

66. Data nilai siswa kelas VI berturut turut ialah 8, 7, 6, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 7. Dari data tersebut berapakah mediannya?
A. 8
B. 7,5
C. 7
D. 6,5

67. Bus Trans Jakarta berisi penumpang berangkat dari terminal ke pasar, di halte pertama turun 4 orang, di halte kedua naik 2 orang hingga di pasar ternyata ada 15 orang. Berapa banyak penumpang yang naik pada terminal?
A.17
B.15
C.13
D.11

68. Suatu lapangan berbentuk persegi panjang dengan luas 120 m2. Panjang lapangan tersebut adalag 12 m. Berapakah kelilingnya?
A. 22 m
B. 24 m
C. 42 m
D. 44 m

69. Suku ke-4 dan suku ke-9 suatu barisan aritmatika berturut-turut ialah 110 dan 150. Suku ke 30 barisan tersebut ialah ….
A.308
B.318
C.326
D.344

70. Bonus, jawabannya A

71. Menerapkan pengetahuan, konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Geometri. Dari barisan geometri diketahui bahwa U3 = 4 dan U9 = 256, maka tentukan U12!
A.  2048
C.  2047
B.  2049
D. 2046

72. Menerapkan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi pengukuran. Sebuah kolam mandi diisi air mulai pukul 07.20 hingga dengan pukul 07.50 dengan debit air 10 liter/menit. Berapa liter volume air dalam kolam mandi tersebut?
A. 3000 liter
B. 300 liter
C. 30 liter
D. 30000 liter

73. Menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Statistika. Nilai rata-rata ulangan matematika dari 7 siswa ialah 6,50. Ketika nilai satu orang siswa ditambahkan, maka rata-ratanya menjadi 6,70. Nilai siswa yang ditambahkan ialah ….
A. 9,10
B. 8,10
C. 7,10
D. 6,10

74. Menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Logika/Penalaran Matematika. Dari pernyataan berikut ini, manakah yang merupakan ingkaran dari pernyataan Jakarta Ibukota RI.
A. Jakarta bukan ibukota RI
B. Jakarta ialah ibukota RI
C. Benar bahwa Jakarta Ibukota Jakarta
D. Benar bahwa Jakarta bukan Ibu kota dari RI

75. Menentukan alat peraga dalam pembelajaran bilangan. Bu Ani ingin mengajarkan kepada anak – anak kelas 1 ihwal nilai tempat suatu bilangan (satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan), Media yang tepat dipakai Bu Ani dalam Pembelajaran tersebut adalah…
A. Kartu bilangan
B. Blok dienes
C. Loncat katak
D. Papan berpaku

76. Mengklasifikasikan alat peraga dalam pembelajaran Geometri dan pengukuran Pak Arief ingin mengajarkan cara mengukur luas halaman sekolah dengan satuan meter. Alat peraga yang sebaiknya dipakai supaya pembelajaran menarik adalah…
A. Pita garis bilangan, mistar, tangga garis
B. Blok dienes, mistar, pita garis bilangan
C. Mistar, uang logam, blok dienes
D. Tangga garis, blok dienes, tangga garis

77. Menentukan alat ukur dalam pembelajaran geometri dan pengukuran Ketidakpastian yang ada pada pengukuran tunggal ditetapkan sama dengan setengah skala terkecil dari alat ukur yang digunakan.Jika kita memakai mistar atau penggaris, maka ketidakpastiannya ialah sama dengan….
A. 0,05 cm
C. 0,1 cm
B. 0,01 cm
D. 1 cm

78. Memecahkan Pembelajaran IPS SD (diberikan masalah dalam pembelajaran, penerima sanggup menyimpulkan pembelajaran dalam masalah tersebut.
Bu,fitri ialah guru SD Negeri 2 Sukamakmur,mengajar dikelas Beliau menawarkan pelajaran IPS,dengan materi “ Menceritakan Pengalaman Diri. Sebelum memulai pelajaran, anak – anakberbaris didepankelas,kemudian diperiksa kebersihannya, terutama kuku tangandantelinga.Sambil diperiksa anak masuk kedalam kelas satu persatu. Anak- anakdiajak berdoadan kemudian mengucapkan salam.

Sebelum menawarkan materi, memberi motivasi kepada anak, saya bertanya “siapa tadi yangtidak mandi” anak – anak terdiam. Mari kita nyanyikan lagu berdiri tidur kuterus mandi,tidak lupa menggosokgigi, habis mandi kutolong ibu, membersihkan tempat tidurku. Kesimpulan dari pembelajaran IPS yang dilakukan bu Fitri adalah
A. Guru kurang memotivasi anak dalam pembelajaran
B. Guru mengajak siswa bernyanyi untuk memotivasi anak
C. Anak – anak hanya membisu saja ketika diberi pertanyaan dalam pembelajaran alasannya ialah guru kurang memotivasi anak
D. Guru menawarkan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran

79. Menegaskan Fokus utama kajian pembelajaran IPS diSD (diberikan masalah rujukan Hari selasa, ketika pelajaran IPS pak Sunarto akan menawarkan materi pada anak- anak ihwal silsilah keluarga. Waktu pelajaran ialah 2 x 35 menit.  Setelah mengutarakan tujuan yang akan dibahas hari ini, pak Sunarto mengajukan pertanyaan pada para siswa untuk mengawali pelajaran.

“ Anak- anak tentunya kalian mempunyai keluaga di rumahkan,,?” “ iya pak, punya.” Jawab semua siswa serentak.

“  Coba  kalian  sebutkan  siapa  saja  yang  dirumah  kalian  yang  masuk  dalam  anggota keluarga !”
“ Ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek” Jawab para siswa bersahut- sahutan.

Kemudian pak Sunarto menempelkan skema dan foto silsilah keluarga. Anak- anak mengamati sambil menyimak penjelasam dari pak sunarto. Sesekali pak sunarto melemparkan pertanyaan kepada siswa dan pertanyaan dijawab dengan benar. Pak Sunarto mengakhiri klarifikasi dengan menawarkan pertanyaan pada siswa “  apakah kalian sudah mengerti semua ihwal silsilah keluarga yang sudah bapak  jelaskan,,?” Tanya pak Sunarto.

“ Sudah pak”, jawab anak- anak serentak.

“ kalau masih ada yang kurang terperinci atau bingung, anak- anak boleh bertanya ” “ tiadak ada pak”, jawab anak- anak lagi secara serentak.

Pak sunarto menawarkan kiprah kepada siswa semoga dikerjakan sendiri- sendiri. Pak sunarto yakin,  pasti  nialai  anak-  anak  memuaskan   karena  anak-  anak  berhasil  menjawab pertanyaan yang tadi di lemparkan. Tugas yang diberikan juga sama dengan kiprah yang di jelaskan pak sunarto, hanya saja diganti nama- nama pada skema silsilah keluarrga.

Setelah semuanya selesai, pekerjaaan di kumpulkan dan sesudah di koreksi ternyata hasilnya mengecewakan, hampir 60% siswa mendapat nilai hasil evaluasinya di bawah rata- rata.

Apa kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak sunarto, kecuali…..
A. Pemakaina metode pembelajaran terkesan masih bersifat Konvesional (ceramah dan penugasan
B. Alat peraga kurang lengkap sehingga membingngungkan siswa
C. Penyampaian materi kurang jelas
D. Guru sudah memberikan tujuan pembelajaran

80. Membedakan pengertian IPS dan Ilmu social
Apa perbedaan antara Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dilihat dari tujuannya (purposes) ?
A. Ilmu-Ilmu sosial memutuskan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu Pengetahuan Sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
B. Ilmu Pengetahuan Sosial memutuskan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu-Ilmu sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
C. Ilmu-Ilmu Sosial ialah bersifat disipliner sesuai dengan kehidupan yang menjadi obyek studi berdasrkan bidang Ilmu masing-masing, sedangkan pada pendekatan Ilmu Pengetahuan Sosial bersifat intensdisipliner
D. Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) diberikan di tingkat perguruan tinggi tinggi/universitas, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diberikan di tingkat sekolah.

81. Mengurutkan ruang lingkup pembelajaran IPS SD
Ruang lingkup pembelajaran IPS SD yaitu. . .
A. Masyarakat, Norma, Budaya, Waktu
B. Manusia, Waktu, Sistem Sosial dan Budaya, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan
C. Manusia, Kerja, Nilai dan Norma, Peningkatan Kesejahteraan
D. Masyarakat, Kerja, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan, Waktu

82. Mengklasifikasikan tujuan IPS dalam pembelajaran di SD
Apa tujuan IPS dalam pembelajaran di SD?
A. Menolongsiswauntukmengembangkanbakatnya
B. Membantu siswa dalam menentukan harapan yang ingin diraihnya di masa mendatang
C. Menyediakankesempatankepadasiswauntukberekspresi lingkungan masyarakat
D. Memberikan kepada Siswa pengetahuan ihwal pengalaman insan dalam kehidupan ber masyarakat pada masa lalu, kini dan masa akan datang

83. Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah bagi siswa.
Bagi siswa mempelajari sejarah mempunyai beberapa manfaat. Berikut yang bukan merupakan manfaat mempelajari sejarah bagi siswa yaitu. . .
A. Membangun  kesadaran  peserta  didik  tentang  pentingnya  waktu  dan  tempat  yang merupakan proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
B. Menumbuhkan  pemahaman  peserta  didik  terhadap   landasan  sikap   yang  akan ditempuhnya
C. Melatih daya kritis penerima didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan
D. Menumbuhkan apresisasi dan penghargaan penerima didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau

84. Mengurutkan perkembangaran sejarah di Indonesia.
Bagaimana keadaan Indonesia sesudah adanya perjanjian KMB?
A. Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi
B. Ibukota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta
C. Indonesia menjadi negara serikat (RIS)
D. Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia

85. Menjelaskan kekerabatan pembelajaran sejarah dengan antropologi. (diberikan soal kasus)
Antropologi sebagai salah satu dari ilmu sosial mempunyai kaitan dan dukungan kepada ilmu sejarah begitu juga sebaliknya. Dalam penulisan sejarah, sejarawan tidak jarang memakai teori dan konsep antropologi. Berikut konsep antropologi yang sering dipakai sejarawan, kecuali. . .
A. enkulturasi
B. primitif
C. folklore
D. prasasti

86. Menemukan makna Bhineka Tunggal Ikka dalam kehidupan sehari-hari.
Eko ialah siswa kelas V SD Bumi Pertiwi. Pada suatu hari Pak Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Eko mendapat kelompok dengan Togar, Lusi, Intan dan Rully. Bagaiman sebaiknya sikap Eko?
A. Eko bersedia satu kelompok dengan Togar alasannya ialah Togar orang Batak sedangkan di orang Jawa
B. Eko tidak bersedia satu kelompok dengan Rully alasannya ialah Rully bukan sobat dekatnya
C. Eko bersedia berkelompok dengan mereka alasannya ialah mereka semua pandai
D. Eko bersedia berkelompok dengan siapun alasannya ialah semua ialah teman

87. Menggali pengalaman butir-butir Pancasila.
Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan, merupakan pengalaman Pancasila sila ke- . . .
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Lima

88. Mengemukakan suku bangsa yang ada di Indonesia.(diberikan masalah salah satu suku bangsa di Indonesia).
Bangsa Indonesia mempunyai ratusan suku bangsa beserta adat dan budayanya. Masing- masing suku mempunyai keunikan tersendiri yang merupakan kekayaan budaya nasional. Berikutciri-ciri salah satu suku yang ada di pulauJawa :
- Tidak diperkenankan memakai kendaraan untuk sarana transportasi
- Tidak diperkenankan memakai bantalan kaki
- Larangan memakai alat elektronik
- Pintu rumah harus menghadap utara/selatan Suku tersebutadalah. . .
A. Suku Asmat
B. Suku Bugis
C. Buku Badui
D. Suku Dayak

89. Membuktikan potensi sumber daya alam di Indonesia. (diberikan soal kasus) Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah, salah satunya yaitu timah. Daerah yang menghasilkan lebih dari 20% produksi timah putih dunia ialah . . .
A. Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep
B. Kepulauan Natuna
C. Pulau Bali, Lombok, Nusa Penida
D. Pulau Kalimantan

90. Merencanakan penggunaan ICT dalam pembelajaran IPS SD
Pada pemebelajaran IPS kelas V dengan materi Perjuangan Bangas Indonesia Melawan Penjajah, Pak Ridwan ingin menyajikan pemebelajaran yang menyenangkan dan gampang diingat serta dimengerti oleh anak didiknya. Media apa yang harus dipakai pak Ridwan?
A. Video
B. Slide
C. Corel draw
D. Radio

91. Mempelajari sejarah setiap masyarakat menjadi lebih baik. Pernyataan tersebut ialah manfaat mempelajari sejarah dalam hal ...
A. Sejarah sanggup menawarkan kesenangan dan kegembiraan
B. Sejarah sanggup dipakai sebagai pedoman bagi suatu bangsa
C. Sejarah sanggup dijadikan sebagai profesi
D. Sejarah sanggup mengetahui insiden masa lampau

92. Apakah persamaan kekerabatan antara sejarah dengan antropologi..
A. Menempatkan insan sebagai subyek dan obyek dalam kajiannya
B. Keduanya memperlihatkan proses yang meliputi keterlibatan para pelaku
C. Terlibat dalam faktor-faktor eksternal yang bersifat sosiologis
D. Berorientasi terhadap pandangan hidup para pelakunya

93. Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa, ras, agama, dan kepercayaan. Yang semuanya diikat dalam satu pedoman Bhinneka Tunggal Ikan dengan lambang negara Garuda Pancasila. Kedua hal tersebut diatur dalam Undang- Undang Negara nomor..
A. UU no 15 tahun 2006
B. UU no 17 tahun 2006
C. UU no 24 tahun 2009
D. UU no 38 tahun 2009

94. Kekayaan sumber daya alam Indonesia telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan bangsa Indonesia. Sebagian lainnya masih berupa potensi yang belum dimanfaatkan alasannya ialah aneka macam keterbatasan.
Sesuai perkembangan jaman langkah yang tepat bagi kita untuk mengolah potensi sumber daya yang ada yaitu...
A. Mengolah sumber daya yang ada dengan mendatangkan tenaga kerja asing
B. Mengekspor sumber daya yang masih berupa materi mentah
C. Mengirim tenaga kerja Indonesia ke luar negeri untuk mendapat pembelajaran dan pelatihan
D. Mengelola sumber daya yang ada dengan teknologi canggih

95. Lingkungan di sekitar kita terbagi atas 2 macam yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Dimana keduanya mempunyai manfaat dan tujuan yang sama yaitu...
A. Untuk memenuhi kebutuhan manusia
B. Melestarikan lingkungan masyarakat
C. Sebagai sumber pengetahuan dan teknologi
D. Sebagai sumber kekayaan alam

96. Dibawah ini yang bukan termasuk tanda-tanda alam biotik yaitu...
A. Metamorfosis
B. Fotosintesis
C. Penyerbukan
D. Erosi

97. Metamorfosis ialah suatu proses perkembangan biologi pada binatang yang melibatkan perubahan penampilan fisik sesudah kelahiran atau penetasan. Dibawah ini ialah rujukan serangga yang tidak mengalami metamorfosis yaitu...
A. Belalang
B. Nyamuk
C. Lalat
D. Semut

98. Katak mengalami metamorfosis sempurna. Dalam perkembangannya pada fase berudu, bernapas menggunakan...
A. Trakhea
B. Paru-paru
C. Insang
D. Kulit

99. Untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya ialah dengan melaksanakan reboisasi atau penghijauan dengan tujuan...
A. Memperindah susunan kota
B. Menjaga tanah dan mencegah erosi
C. Memperoleh kayu yang berlimpah
D. Meningkatkan pendapatan

100. Limbah atau sampah terpisah menjadi sampah lembap dan sampah kering. Hal yang paling tepat untuk mengatasi limbah sampah kering adalah...
A. Dibakar habis
B. Di daur ulang
C. Dikubur didalam tanah
D. Dibiarkan ditempat terbuka


Kunci Jawaban Pretest PPG
1.      B
2.      A
35.  B
36.  A
69.  B
70.  A
3.  D
37. C
71. A
4.  C
38. B
72. A
5.  B
39. C
73. B
6.      A
7.      B
40.  D
41.  A
74.  A
75.  B
8.    A
42. C
76. A
9.    C
43. C
77. A
10.    C
11.    D
44.  B
45.  D
78.  C
79.  D
12. B
46. B
80. D
13. C
47. C
81. B
14.  A
15.  C
48.  C
49.  D
82.  D
83.  B
16.  A
17.  C
50.  C
51.  A
84.  C
85.  D
18.  D
19.  C
52.  C
53.  A
86.  D
87.  D
20. A
54. A
88. C
21.  D
22.  D
55.  B
56.  B
89.  A
90.  A
23.  B
24.  D
57.  B
58.  C
91.  B
92.  A
25.  C
26.  A
59.  B
60.  B
93.  C
94.  C
27.  B
28.  D
61.  D
62.  C
95.  A
96.  D
29. A
63. D
97. A
30. B
64. B
98. C
31.  A
32.  A
65.  B
66.  C
99.  B
100.  B
33. C
67. A

34. D
68. D


Demikianlah informasi ihwal Soal dan Jawaban Pretest PPG dan silahkan berkunjung di blog ini untuk mendapat informasi yang bermanfaat lainnya. Jangan lupa klik share yang ada di bawah postingan ini. Terima kasih salam sukses PPG 2019.
Sumber http://jalurppg.blogspot.com