Assalamu alaikum bpk/ibu guru akseptor PPG Se-Indonesia, kali ini kami bagikan Tes PPG MI Materi Pedagogik untuk Anda, adapun tanggapan tes akan kami berikan dikemudian hari, untuk itu pantau terus blog ini untuk mendapatkan update versi terbarunya.
Tes PPG MI Materi Pedagogik
1. Penjabaran dari KD yang memperlihatkan gejala kemampuan yang harus dikuasai akseptor didik secara individu atau sasaran individu akseptor didik ialah ....
A. Kompetensi Dasar
B. Kompetensi Inti
C. Tujuan Pembelajaran
D. Indikator kompetensi
2. Berbagai cara atau upaya yang dilakukan oleh guru dalam memfasilitasi terjadinya proses berguru pada akseptor didik semoga akseptor didik mencapai tujuan belajar, disebut dengan ....
A. Pendekatan Belajar
B. Metode Belajar
C. Teori Belajar
D. Komponen Belajar
3. Untuk mendorong akseptor didik menghasilkan karya kreatif dan kontekstual, baik individual maupun kelompok, disarankan memakai pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah. Kegiatan pembelajaran yang demikian ialah ...
A. Problem Based Learning
B. Problem Solving Learning
C. Discovery Inquairy Learning
D. Project based learning.
4. Memberitahukan tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari dirancang untuk memilih kegiatan awal pembelajaran dalam hal …
A. menciptakan kaitan
B. menjadikan motivasi siswa
C. melakukan tes awal
D. memberi acuan
5. Teori ini memandang berguru sebagai hasil dari pembentukan korelasi antara rangsangan dari luar (stimulus) dan akibat dari siswa (response) yang sanggup diamati. Semakin sering korelasi (bond) antara rangsangan dan akibat terjadi, maka akan semakin kuatlah korelasi keduanya (law of exercise). Teori berguru yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
6. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, menciptakan dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, pertanda benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Kognitivisme
D. Kontruktivisme
7. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan duduk kasus yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menuntaskan duduk kasus yang dihadapi dengan sempurna adalah….
A. Role Playing
B. Problem Solving
C. Inquiry
D. Picture and Picture
8. Kriteria keberhasilan berguru siswa ditentukan dengan memakai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM ialah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk memilih KKM diharapkan faktor-faktor….
A. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
B. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
C. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
D. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
9. Belajar ini bertujuan untuk memperoleh kemampuan dalam menerima, merespon, menghargai, menghayati, dan menginternalisasi obyek-obyek atau nilai-nilai moral, merupakan bentuk berguru ...
A. Belajar keterampilan kognitif
B. Belajar verbal
C. Belajar sikap
D. Belajar berpikir
10. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil berguru akseptor didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari ...
A. Indikator pencapaian kompetensi
B. Buku sumber yang digunakan
C. Kurikulum dan silabus
D. Kemampuan awal siswa
11. Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian contoh kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan berguru minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik akseptor didik. Dengan demikian, Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
A. Penilaian contoh norma
B. Penilaian berkelanjutan
C. Penilaian autentik
D. Penilaian contoh patokan
12. Menurut Benjamin S. Bloom, dalam ranah kognitif terdapat enam jenjang proses berpikir. Berikut ini disebutkan mulai dari jenjang terendah hingga dengan jenjang yang paling tinggi yaitu...
A. Pengetahuan – penerapan – pemahaman – analisis – sintesis – penilaian
B. Pemahaman – Pengetahuan – penerapan – sintesis – analisis – penilaian
C. Pengetahuan – pemahaman – penerapan – analisis – sintesis – penilaian
D. Penerapan – Pengetahuan – pemahaman – analisis – sintesis – penilaian
13. Dalam menciptakan rancangan pembelajaran oleh guru, maka diharapkan pemenuhan tuntunan prinsip-prinsip penyusunan RPP. Salah satu prinsip dalam penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) ialah ...
A. Materi atau materi bimbing berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada akseptor didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan kegiatan pada setiap satuan pendidikan
14. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia ialah sebagai berikut;
1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : sehabis pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa sanggup menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar.
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip dipakai adalah....
A. Memperhatikan perbedaan individu akseptor didik
B. Mendorong partisipasi aktif akseptor didik
C. Keterkaitan dan keterpaduan
D. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
15. Guru mempunyai pemahaman yang mendalam wacana ilmu pendidikan, landasan kependidikan, karakteristik akseptor didik, bimbingan dan konseling, dan proses pembelajaran, merupakan aspek kompetensi....
A. Profesional
B. Kepribadian
C. Sosial
D. Pedagogik
16. Seorang guru melakukan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul banyak sekali macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning
B. problem based learning
C. inquiry learning
D. Discovery learning
17. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah kebijaksanaan tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia...
A. 0 - 2 tahun
B. 11/12/ - 14/15 tahun
C. 2 - 7 tahun
D. 7 - 11/12 tahun
18. Salah satu ciri pendidikan berdasarkan UU RI No. 20 tahun 2003 adalah…
A. Melakukan perjuangan yang disengaja dan terpola dalam mempunyai isi, strategi, teknik penilaian, dan sarana-prasarana
B. Melakukan perjuangan yang tidak disengaja dan tidak terpola dalam mempunyai isi, strategi, teknik, dan sarana-prasarana
C. Mendorong terjadinya perjuangan yang sistematis yang direncanakan demi tercapainya tujuan pendidikan nasional
D. Melakukan perjuangan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dengan mengembangkan isi, kurikulum, dan seni administrasi mengajar
19. Salah satu perkembangan yang terjadi pada bawah umur ialah perkembangan religi, yaitu dimana bawah umur mulai dikenalkan adanya Tuhan. Dimana orang-orang disekitarnya memulai mengenalkan melalui..
A. Gambar
B. Kata-kata
C. Dongeng
D. Ustadz
20. Perkembangan religi anak dan cukup umur dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor eksternal yang menghipnotis perkembangan jiwa keagaamaan yaitu....
A. Nilai dan norma
B. Diri sendiri
C. Media elektronik
D. Jasmani dan rohani
21. Seseorang yang hidup dalam kelompok harus mempunyai kemampuan untuk bermasyarakat (sozialized), berdasarkan Hurlock ada tiga proses untuk bisa bermasyarakat, salah satunya yaitu....
A. Peduli dengan keluarga
B. Memainkan tugas sosial yang sanggup diterima
C. Sering membantu tetangga
D. Rajin berinteraksi dengan warga di sekitar
22. Perkembangan sosioemosional anak pada tahap industry vs inferiority mempunyai beberapa karakteristik, diantaranya keinginan menguasai sesuatu, dan keinginan berjaya. Tahap ini berada pada rentang usia....
A. 3-5 tahun
B. 5-10 tahun
C. 5-8 tahun
D. 6-12 tahun
23. Anak usia sekolah dasar berada pada tahap industry vs inferiority. Pada tahap ini, anak mulai banyak bekerjasama dengan teman-teman sebaya dan mengeksplorasi segala kemampuan yang dimiliki. Karakteristik menonjol yang terbentuk pada tahap ini adalah....
A. Percaya diri dan tanggug jawab
B. Percaya diri dan kompetitif
C. Kompetitif dan tanggung jawab
D. Tanggug jawab dan rasa sosial
24. Fokus dan tugas psikologi pendidikan dalam perkembangan pendidikan ialah pada lingkup...
A. Sekolah dan staf
B. Kantor dan ruang kelas
C. Guru dan siswa
D. Ruang kelas
25. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran ialah sebagai fasilitator, motivator, dan memperlihatkan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori berguru ini berusaha memahami sikap berguru dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori berguru ini ialah ….
A. Konstruktivisme
B. kognitivisme
C. behaviorisme
D. Humanisme
26. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang gres sanggup terkait dengan pengetahuan usang yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang ialah teori belajar…
A. Kognitivisme
B. Konstruktivisme
C. behaviorisme
D. Humanisme
27. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
28. Silabus dan RPP sama-sama sebagai planning proses pembelajaran, perbedaannya ialah sebagai berikut:
A. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
B. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan RPP mengarahkan kegiatan berguru untuk mencapai kompetensi dasar
C. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan pendidikan
D. RPP dibentuk oleh setiap guru, sedangkan silabus dibentuk oleh tim guru
29. Strategi pembelajaran yang didasarkan atas kegiatan siswa sebagai pengolah pesan dan guru sebagai fasilitator termasuk seni administrasi pembelajaran ….
A. deduktif
B. induktif
C. inquiri
D. ekspositori
30. Pengalaman merupakan proses berguru yang paling baik saat siswa pernah memperoleh label untuk sesuatu yang dipelajari. Pengalaman tersebut merupakan prinsip berguru …
A. tematik
B. Kolaboratif learning
C. Quantum teaching learning
D. Kooperatif learning
31. Seoarang guru melakukan pembelajaran dengan memakai duduk kasus sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan gres berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing akseptor didik berkolaboratif yang mengintegrasikan banyak sekali subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang dilakanakan oleh guru tersebut merupakan model pembelajaran ....
A. discovery Learning
B. Problem Based Learning
C. projek based learning
D. Inquiry learning
32. Tahap perkembangan kognitif akseptor didik usia sekolah dasar berdasarkan Jean Piaget berada pada tahap...
A. Sensori – motoris
B. Operasional konkrit
C. Formal operasional
D. Ikonik – enaktif
33. Tahapan yang dilalui dalam perkembangan bahasa anak dan cukup umur adalah..
A. Linguistik & Sintaksis
B. Pralinguistik & Semantik
C. Linguistik & Semantik
D. Pralinguistik & Linguistik
34. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan berinteraksi
B. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
C. Kemampuan untuk memecahkan masalah
D. kemampuan berkomunikasi
35. Seorang anak dipandang mempunyai kecerdasan intrapribadi yang tinggi apabila ....
A. bisa mempersepsi dunia ruang visual secara akurat
B. bisa merespons suasana hati
C. bisa memotivasi orang lain
D. bisa mengimajinasikan harapan dan gagasan diri sendiri
Demikianlah informasi tentang Tes PPG MI Materi Pedagogik, silahkan dinantikan jawabannya akan kami bagikan disini, mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa share blog ini semoga kami bersemangat dalam membuatkan informasi yang menarik dan bermanfaat. Salam sukses untuk kita semua. Sumber http://jalurppg.blogspot.com