Sunday, October 28, 2018

√ Cara Gampang Menciptakan Absensi/Daftar Hadir Dengan Cepat Di Excel



Hai sobat excel, pernah ga Anda menciptakan daftar hadir atau ketidakhadiran pada program rapat atau aktivitas lainnya yang membutuhkan absensi? Jika Anda seorang sekretaris dalam aktivitas aku yakin Anda pernah mengalami hal ini alasannya ketidakhadiran merupakan salah satu hal yang berdasarkan aku penting mengingat ketidakhadiran merupakan salah satu dokumen untuk SPJ.

Pada Ms. Excel menciptakan ketidakhadiran tidaklah begitu rumit dibanding saat kita membuatnya pada Ms. Word namun mungkin bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan Ms. Word untuk menciptakan ketidakhadiran justru malah bilang lebih gampang dengan aplikasi pengolah kata tersebut. Pada kesempatan kali ini aku akan menyebarkan cara bagaimana menciptakan ketidakhadiran dengan cepat menggunakan Ms. Excel. Kenapa aku bilang cepat? maksud aku disini kita akan menciptakan kolom tanda tangan yang otomatis menggunakan sedikit trik biar kita tidak usah menciptakan titik-titik dan nomor mangkir tersebut.

Cara Cepat Membuat Absensi/Daftar Hadir

Seperti yang telah diuraikan diatas dan terlepas dari bagaimana desain ketidakhadiran yang diinginkan alasannya aku yakin desain ketidakhadiran tergantung pada kebutuhan dan keinginan si pembuat absen/daftar hadir tersebut, namun disini aku akan menciptakan desain ketidakhadiran yang standar digunakan di aneka macam kegiatan. Sebenarnya ada yang menggunakan kolom jabatan contohnya ketidakhadiran rapat aktivitas di sekolah atau perusahaan dan ada juga yang menggunakan kolom alamat jikalau ketidakhadiran tersebut digunakan pada aktivitas seruan rapat baik di desa maupun di sekolah.

Langkah menciptakan ketidakhadiran dengan cepat artinya bukan copy paste dari blanko ketidakhadiran yang sudah ada namun kita akan menciptakan nomor urut mangkir dan kolom tanda tangan yang menggunakan nomor disertai dengan titik-titik untuk penulisan tandatangan daftar hadir.

Pertama Anda harus menciptakan nomor, bagaimana menciptakan nomor dengan cepat sudah pernah aku jelaskan pada goresan pena aku sebelumnya namun apabila Anda belum mengetahuinya silakan buat terlebih dahulu angka 1 lalu pada kotak titik hitam di bawah nomor 1 tersebut tarik ke bawah sambil menekan tombol CTRL dan jangan di lepas hingga nomor yang dinginkan ditampilkan.


Setelah Anda menciptakan nomor langkah berikutnya kita menuliskan nama namun apabila Anda mempunyai daftar nama dari file lain silakan Anda dapat gunakan copy dan paste biar lebih mempercepat pengetikan daftar nama untuk mangkir tersebut.

Pada kolom C2 tuliskan rumus =A2&". .........."
Pada kolom D2 tuliskan pula rumus =A3&". .........."


Perhatikan gambar yang ditunjukan oleh anak panah warna hitam tersebut, jikalau sudah selesai langkah berikutnya yaitu silakan blok dua buah rumus diatas lalu tarik ke bawah sehingga terbuat ketidakhadiran dengan nomor urut otomatis ditambahkan dengan titik-titik sebagai kawasan untuk menandatangan daftar hadir/absen tersebut.


Jika Anda selesai menarik rumus yang telah dibentuk diatas maka nomor untuk kawasan tanda tangan disertai dengan titik-titik akan terbuat secara otomatis dan alhasil akan tampak menyerupai gambar dibawah ini


Jreng, alhasil telah sesuai dengan harapan. Anda tinggal memberi border pada daftar mangkir tersebut hingga alhasil menyerupai berikut


Sampai disini pembuatan daftar hadir/absen dengan pembuatan nomor diserta titik-titik otomatis sudah berhasil namun Anda tinggal memperlihatkan kerapian atau merapikannya contohnya kita hilangkan garis tengah yang membatasi antara nomor 1 dan 2 dengan cara blok range C2:D11 lalu klik kanan pilih format cell dan klik tab border

 

Silakan atur shading untuk judul kolom mangkir tersebut lalu tengahkan hingga hasil tamat terlihat rapi dan indah dan terakhir hasil dari desain ketidakhadiran cepat aku yaitu menyerupai gambar paling atas goresan pena ini.

Semoga bermanfaat.

Tutorial Dapat dilihat di



Sumber http://www.excel-id.com/