Saturday, October 27, 2018

√ Cara Menciptakan Pesan Yes Dan No Dengan Vba

Excel-id.com | Bagaimana cara / coding menciptakan pesan dengan tampilan YES dan NO sebagai pilihan konfirmasi memakai Macro/VBA? Beberapa pesan atau lebih dikenal dengan "Message Box" ada beberapa jenis diantaranya ada konfirmasi, peringatan, informasi, dan lain-lain. Pesan ini biasa kita kenal dengan konstanta.

Kotak pesan yang muncul biasanya ada beberapa alasan bagi seorang programer dalam hal ini programer excel VBA dengan tujuan contohnya untuk memperingati user bahwa ada kesalahan entri atau bahkan pesan peringatan. Pada materi kali ini aku akan membahas bagaimana cara menciptakan sebuah kotak pesan yang muncul dimana hanya ada 2 pilihan yaitu YES dan NO.

Simak:
Contoh Pesan saat Berpindah Cell
Contoh :
Buatlah 1 buah module dan ketikan coding berikut ini
Sub KotakPesan()
Dim Jawaban
Jawaban= MsgBox("Apakah Anda sedang mencar ilmu VBA", vbYesNo + vbQuestion, "Pertanyaan")
End Sub
Dari coding diatas akan menghasilkan sebuah kotak pesan menyerupai tampilan dibawah ini


Sebuah pesan pertanyaan yang disertai dengan simbol " Tanda Tanya " dan disertai dengan goresan pena "Apakah Anda sedang mencar ilmu VBA" dan ada 2 buah tombol yaitu "YES" dan "NO" dan yang paling penting yaitu tombol Close "X" di sudut kanan atas kotak pesan tersebut tidak dapat di klik / disable.

Bagaimana cara memanggil module kotak pesan tersebut?

Ada beberapa cara untuk memanggil module kotak pesan tersebut, Anda dapat memakai tombol untuk mengaktifkan pesan nya atau dapat juga saat workbook aktif, atau ada juga saat terjadi perpindahan pada pointer /perubahan pada worksheet hal ini tergantung kepada Anda.
Dalam perkara ini aku akan mencoba dengan mekanisme saat workbook gres dibuka maka Anda harus menempatkan / menambahkan coding pada Workbook.
Cara Lain :
Membuat Pesan Peringatan dengan VBA/Macro Excel

Gunakan object Workbook pada VBA editor anda kemudian pilih prosedure Open dan ketikkan coding berikut untuk memanggil kotak pesan YES dan NO tersebut

Private Sub Workbook_Open()
Call KotakPesan
End Sub
Perhatikan pola aku dalam bentuk gambar




Contoh diatas merupakan pemanggilan module KotakPesan, kemudian bagaimana jikalau Anda akan memanggil modul tersebut dengan sebuah tombol? Cukup sederhana Anda tinggal buat tombol dengan memakai CommandButton dari sajian Depelover kemudian buat di worksheet


Jika Anda sudah pernah menciptakan commandbutton maka silakan klik tombol edit, namun jikalau Anda gres menciptakan tombol maka silakan klik New kemudian ketikkan coding berikut

Sub Button1_Click()
Call KotakPesan
End Sub
Silakan coba juka CommandButton1 Anda klik maka akan muncul pesan menyerupai tampilan gambar ke-1 diatas.

Demikian, biar bermanfaat dan selamat mencoba.

Coba Belajar lagi Contoh Coding Pesan dengan VBA

Sumber http://www.excel-id.com/