Sunday, October 14, 2018

√ Pembahasan Kiprah Selesai Ppg Modul 2 Kompetensi Pedagogik



4 Kompetensi yang harus dikuasai guru


 kompetensi pedagogik pada kegiatan PPG merupakan pembahasan mengenai  √ Pembahasan Tugas Akhir PPG Modul 2 Kompetensi Pedagogik
Modul 2 PPG

Modul 2 kompetensi pedagogik pada kegiatan PPG merupakan pembahasan mengenai 4 kompetensi wajib yang diharuskan seorang guru untuk dipahami, diajarkan dan dipraktekkan. Kompetensi tersebut mencakup kompetensi Pedagogik, profesional, kepribadian dan kompetensi sosial.


Apakah Anda sekalian sudah memahami semua kompetensi tersebut?


Jika ya, syukurlah dan jikalau belum maka Anda harus bergegas untuk mempelajarinya. Mengapa?


Jawabanya simpel yaitu jikalau Anda belum menguasai 4 kompetensi tersebut, maka Anda belum layak menjadi seorang guru. Anda belum bisa untuk mentransfer ilmu Anda ke akseptor didik dan tentunya Anda belum layak untuk menerima legalisasi sebagai guru profesional yang bersertifikat profesi.




Baiklah,


Pada kesempatan ini, kami ingin membagikan salah satu kemungkinan tanggapan pertanyaan-pertanyaan di kiprah simpulan modul 2 pedagogik, silakan Anda pelajari dan dijadikan citra untuk Anda menempuh kiprah simpulan PPG.


 


Pertanyaan 1.

Rumuskanlah kompetetensi guru secara utuh?


Jawab :


Ada 4 kompetensi yang harus dikuasai dan dimiiki  oleh guru,yaitu



  • Kompetensi pedagogik, yakni kompetensi yang dimiliki guru berkaitan dengan segala proses mencar ilmu mengajar, penggunaan taktik mencar ilmu yang tepat, pemilihan metode mencar ilmu sesuai dengan karakteristik siswa, dsb. Guru perlu memahami bagaimana cara mengajar yang benar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Guru  harusmerancang kegiatan mencar ilmu yang menyenangkan dan memperlihatkan manfaat tidak hanya secara teori tetapi dalam kehidupan nyata. Guru perlu menyusun aktivitas pembelajaran mencakup perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran (RPP) dan melaksanakan penilaian pembelajaran secara terus menerus.

  • Kompetensi profesional, yakni kompetensi yang dimiliki guru berkaitan dengan penguasaan bidang ilmu. Guru yang profesional mempunyai keahlian tertentu yang menjadi ciri khas guru tersebut. Kemampuan ini mencakup penguasaan materi, pemahamaan yang lebih terhadap bidan yang digelutinya daripada orang awam, bisa menuntaskan dan memperlihatkan permasalahan yang ada pada siswa berkaitan dengan penguasaaan konten/materi.

  • Kompetensi kepribadian, yakni kompetensi guru berkaitan dalam diri guru mencakup sikap, sifat dan sikap yang dijadikan pola bagi siswanya antara lain bahwa guru harus jujur, disiplin, tegas, tanggung jawab, mempunyai sifat ramah dan tidak kasar, murah senyu, sapa dan etos kerja yang tinggi, tidak gampang putus asa,mampu menjadi teladan bagi siswanya baik disekolah maupun di luar sekolah. Sifat sifat yang baik dan tingkah laris yang terpuji bisa memperlihatkan dampak positif untuk kemajuan siswanya, alasannya yakni guru itu di gugu dan ditiru.

  • Kompetensi sosial yakni kompetensi guru berkaitan dengan kiprah guru sebagai mahluk sosial yang hidup dalam bermasyarakat. Guru harus mempunyai sikap sosial yang tinggi terhadap sesama khusunya dilingkungan masyarakat sekitar. Sikap sosial ini mencakup sikap gotong royong, saling hormat menghormati antar sesama, saling menghargai segala bentuk hal antar sesama, saling membantu dalam hal yang positif , tidak memaksakan kehendak kepada setiap orang dll. Sikap sosial perlu ditumbuhkan semenjak usia anak anak semoga siswa terbiasa hidup dilingkungan masyarakat dengan baik, terlebih dikala cukup umur anak akan menjadi bab dari masyarakat itu seniri.


 


Pertanyaan 2:

Dalam menghadapi kurun 21 ini keterampilan mencar ilmu apa yang harus dimiliki guru dan siswa?


Jawaban :


Dalam kurun 21 keterampilan mencar ilmu yang harus dimiliki seorang siswa yakni siswa harus terampil dalam menguasai teknologi informasi (TIK)dan internet. Kemampuan ini wajib alasannya yakni kurun 21 penuh dengan teknologi digital,semua informasi disampaikan dalam bentuk digital, bahkan semua kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara online mulai dari tatap muka virtual hingga kegiatan penilaian.Segala sumber mencar ilmu sudah tersedia di internet, guru bukan lagi menjadi sumber mencar ilmu utama. Tanpa kemampuan ini siswa akan tertinggal dan tidak sanggup menyesuaikan diri dalam kehidupannya mendatang. Selain itu ada keterampilan lain yang penting untuk siswa yaitu siswa harus mempunyai sifat keingintahuan yang tinggi, kreatif dalam mengolah informasi yang tersedia, tidak malas untuk mencar ilmu terus menerus secara mandiri, haus akan ilmu, harus mempunyai sifat tidak gampang menyerah, tau batasan dan mawas diri. Semua karaktristik positif yang ada pada diri siswa akan bisa menimbulkan siswa memanfaatkan teknologi di barengi dengan sikap diri yang mawas.


Kemampuan/keterampilan yang harus dimiliki oleh guru mencakup keterampilan penguasaan TIK dan internet, kreatif dan inovatif serta terampil dalam mengkondisikann siswa untuk mencar ilmu sebagai fasilitator, dinamisator dan motivator. Semua keterampilan tersebut wajib dimiliki semoga guru tidak ketinggalan jaman dan bisa menyesuaikan dalam proses mencar ilmu mengajar kurun 21.


 


Pertanyaan 3:

Buatlah rancangan taktik pengembangan guru berkelanjutan


Jawab :


















































































































































































Strategi Pengembangan (PKB)
Penyusunan RPPPKB oleh guru sendiriPKB oleh teman sejawat disekolahPKB oleh MGMP sekolah/kabupatenPKB oleh instansi lain
Perencanaan pembelajaran
Kemampuan menyusun materi didik secara runtut, logis dan kontektual
Kemampuan merencanakan pembelajaran efektif
Kemampuan pemilihan media/sumber mencar ilmu sesuai materi dan taktik pembelajaran
Kegiatan pelaksanaan Pembelajaran
Kemampuan apersepsi efektif
Keterampilan penguasaan materi
Kemampuan komunikasi yang efektif
Pemanfaatan sumber mencar ilmu yang efektif
Kemampuan mengelola pembelajaran efektif
Kemampuan menerapkan taktik dan metode pembelajan efektif
Kegiatan Penilaian pembelajaran
Kemampuan pemilihan alat penilaian yang sesuai dan efektif
Pemilihan metode penilaian otentik
Pemanfaatan banyak sekali hasil penilaian untuk memperlihatkan umpan balik dan kemajuan akseptor didik
PKB oleh guru sendiriPKB oleh teman sejawat disekolahPKB oleh MGMP sekolah/kabupatenPKB oleh instansi lain
Kompetensi menghasilkan publikasi ilmiah
Kemampuan menghasilkan karya inovatif
Kemampuan TIK untuk menunjang pembelajaran digital
Kompetensi penguasaan pelaksanaan kiprah pelengkap di sekolah

 


Di isi dengan ceklis*


Demikian pembahasan salah satu alternatif jawaban. Silakan Anda sebarkan dan jangan lupa daftarkan diri Anda untuk subscribe guna memperoleh pemberitahuan update materi terbaru. Semoga bermanfaat.





Sumber aciknadzirah.blogspot.com