Thursday, November 8, 2018

√ Cara Tercepat Mencari File Berukuran Besar Dengan Windows Explorer Tanpa Software

Cara Mencari File Berukuran Besar Tanpa Software – Windows Explorer yakni fitur yang menjadi bab yang selalu tak terpisahkan dari semua versi Operasi Sistem Windows. Dengan adanya Windows Explorer pengguna akan merasa terbantu ketika ingin menuju ke suatu drive, folder, dan file. Bukan hanya itu saja, dari jendela Windows Explorer pengguna sanggup dengan gampang melaksanakan pemindahan, duplikat, menghapus, serta mengganti nama folder dan file yang tersimpan di komputer. Sejak versi Windows 7, pengguna akan dimudahkan ketika ingin menuju ke jendela Windows Explorer. Pengguna cukup klik folder Windows Explorer yang tampil di Taskbar. Meskipun begitu fitur keyboard shortcut untuk menuju ke Windows Explorer dari dulu hingga kini tidak mengalami perubahan, yaitu cukup menekan logo Windows+E pada keyboard.



Baca Juga : Cara Mengubah Jendela Windows Explorer Menjadi Multi Tab Dengan Clover



Singkat dongeng Windows Explorer dibentuk demi meningkatkan produktivitas kita ketika sedang memakai komputer. Jika dibahas dalam satu artikel mungkin tidak akan cukup. Disini saya akan membahas salah satu kelebihan yang sanggup kita lakukan di jendela Windows Explorer. Kita sanggup mencari file lebih spesifik lagi berdasarkan ukurannya cukup mengandalkan Windows Explorer.


Cara Mencari File Berukuran Besar Tanpa Software √ Cara Tercepat Mencari File Berukuran Besar Dengan Windows Explorer Tanpa Software


Aktivitas mencari folder atau file berdasarkan nama di Windows Explorer mungkin itu sudah biasa. Saya yakin untuk mencari folder dan file ibarat itu hampir setiap pengguna komputer sudah sanggup melakukannya. Namun untuk hal mencari file berdasarkan ukuran mungkin masih sedikit yang tahu.



Baca Juga : Cara Praktis Menyimpan Hasil Pencarian File Dan Folder Di Windows Explorer



Mencari file berdasarkan ukuran file itu sendiri terkadang kita perlukan bila hardisk yang kita gunakan sudah hampir terkuras habis kapasitasnya. Terlalu memaksakan kapasitas hardisk hingga penuh tidak baik juga untuk kesehatan hardisk. Bahkan hal ini akan menurunkan kinerja kecepatan komputer Anda.


Berikut Cara Mencari File Berukuran Besar Melalui Windows Explorer Tanpa Software


Jika kita melihat kapasitas hardisk hampir penuh maka sebaiknya kita harus menghapus folder atau file yang berdasarkan Anda tidak penting. Kecuali bila penting semua maka tidak ada cara lain lagi Anda harus mengganti hardisk dengan kapasitas yang lebih besar. Namun sebelum tetapkan untuk mengganti hardisk sebaiknya Anda cek dulu mungkin diantaranya terdapat file besar yang tidak penting atau yang menciptakan kapasitas hardisk Anda ketika ini kepenuhan.


Kita sanggup saja menyortir file satu persatu demi mencari file yang berukuran besar. Namun berdasarkan saya itu bukan cara yang efektif. Cara tersebut tentunya hanya akan membuang waktu secara percuma saja. Windows sendiri sudah menyediakan fitur untuk mencari file berukuran besar melalui jendela Windows Explorer.



Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Windows Explorer Terbuka Otomatis Ketika Komputer Startup



Silakan Anda buka jendela Explorer yang berdasarkan Anda paling disukai. Bisa dari My Computer, dari Start klik kanan > Open Windows Explorer, dari folder Windows Explorer yang di Taskbar, atau dengan menekan Windows+E pada keyboard.


Untuk mencari file berdasarkan ukuran caranya hampir sama ketika Anda ingin mencari file berdasarkan nama yaitu dari Search Bar. Bedanya bila Anda ingin mencari file di komputer berdasarkan ukuran maka pada Seacrh Bar silakan Anda ketik Size: dan tunggu. Seketika itu juga akan tampil beberapa pilihan ukuran file yang dimulai dari Empty (0 KB) hingga yang paling besar Gigantic (>128 MB).


Cara Mencari File Berukuran Besar Tanpa Software √ Cara Tercepat Mencari File Berukuran Besar Dengan Windows Explorer Tanpa Software


Bahkan Anda sanggup memilih ukuran yang lebih spesifik lagi, misal Anda ingin mencari file yang berukuran diatas 200 MB maka ketikkan Size:>200 MB dan Enter.


Cara Mencari File Berukuran Besar Tanpa Software √ Cara Tercepat Mencari File Berukuran Besar Dengan Windows Explorer Tanpa Software


Begitupun untuk mencari file dengan ukuran lain maka Anda tinggal mengubah angka dan satuannya. Size:>2 GB artinya Anda mencari file yang ukurannya diatas 2 GB. Cukup gampang bukan? Silakan selamat mencoba.


Ok mungkin artikel Cara Mencari File Berukuran Besar Tanpa Software dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada keuntungannya dan hingga bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu!



Sumber https://info-menarik.net